Bahri, Syaiful (2013) Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam usaha mengembangkan minat belajar siswa di SMAN 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan Guru PAI dalam mengembangkan minat belajar siswa di SMAN I Malang, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menunjang dan menghambat Guru PAI dalam mengembangkan minat belajar siswa di SMAN I Malang.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskiptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. Untuk menganalisis dilakukan dengan analisis selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan menggunakan data deskriptif melalui penalaran logika sistematis terhadap data (keabsahan data) dan analisis data setelah data terkumpul dengan menggunakan tehnik triangulasi (membandingkan/memeriksa, mengecek keabsahan data) dengan hasil wawancara dan hasil isi dokumen.
Hasil penelitian dilapangan (1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Usaha mengembangkan Minat belajar siswa di SMAN 1 Malang adalah Mengembangkan perencanaan pembelajaran dari DIKNAS dengan memperhatikan kondisi dan minat anak, menggunakan variasi mengajar baik dari metode, strategi, media pembelajaran, pendekatan serta pemberian motivasi dalam belajar mengajar, guru berperan aktif dalam segala aktifitas yang berhubungan dengan usaha mengembangkan minat belajar peserta didik, guru selalu memantau minat peserta didik dalam proses belajar mengajar, pelaksanaan remidi bagi siswa yang nilainya belum masuk pada nilai KKM, menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menarik, memfasilitasi minat, bakat dan kebutuhan dengan sarana dan prasarana yang menunjang belajar bagi anak didiknya, mengevaluasi perkembangan hasil belajar anak baik secara individual maupun secara global. (2) Adapun faktor pendukung dalam mengembangkan minat belajar siswa adalah adanya sarana dan prasarana yang disediakan disekolah, adanya remidi yang membantu guru memahami dan mengetahui siswa yang masih mengalami kesulitan, adanya bimbingan kerohanian, adanya buku paket dan LKS. Dan faktor yang menghambat dalam mengembangkan minat belajar adalah teman yang mengajak bergurau ketika pelajaran, anak dan orang tua yang tidak memperdulikan tugas yang diberikan guru, kurang adanya kesiapan dan kesadaran anak dalam mengikuti pelajaran, alokasi waktu yang sedikit.
ABSTRACT
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan Guru PAI dalam mengembangkan minat belajar siswa di SMAN I Malang, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menunjang dan menghambat Guru PAI dalam mengembangkan minat belajar siswa di SMAN I Malang.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskiptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. Untuk menganalisis dilakukan dengan analisis selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan menggunakan data deskriptif melalui penalaran logika sistematis terhadap data (keabsahan data) dan analisis data setelah data terkumpul dengan menggunakan tehnik triangulasi (membandingkan/memeriksa, mengecek keabsahan data) dengan hasil wawancara dan hasil isi dokumen.
Hasil penelitian dilapangan (1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Usaha mengembangkan Minat belajar siswa di SMAN 1 Malang adalah Mengembangkan perencanaan pembelajaran dari DIKNAS dengan memperhatikan kondisi dan minat anak, menggunakan variasi mengajar baik dari metode, strategi, media pembelajaran, pendekatan serta pemberian motivasi dalam belajar mengajar, guru berperan aktif dalam segala aktifitas yang berhubungan dengan usaha mengembangkan minat belajar peserta didik, guru selalu memantau minat peserta didik dalam proses belajar mengajar, pelaksanaan remidi bagi siswa yang nilainya belum masuk pada nilai KKM, menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menarik, memfasilitasi minat, bakat dan kebutuhan dengan sarana dan prasarana yang menunjang belajar bagi anak didiknya, mengevaluasi perkembangan hasil belajar anak baik secara individual maupun secara global. (2) Adapun faktor pendukung dalam mengembangkan minat belajar siswa adalah adanya sarana dan prasarana yang disediakan disekolah, adanya remidi yang membantu guru memahami dan mengetahui siswa yang masih mengalami kesulitan, adanya bimbingan kerohanian, adanya buku paket dan LKS. Dan faktor yang menghambat dalam mengembangkan minat belajar adalah teman yang mengajak bergurau ketika pelajaran, anak dan orang tua yang tidak memperdulikan tugas yang diberikan guru, kurang adanya kesiapan dan kesadaran anak dalam mengikuti pelajaran, alokasi waktu yang sedikit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam; Mengembangkan Minat Belajar; Islamic Religious Education Teachers; Developing Learning Interest | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:29 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39535 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |