Rosyida, Ziyana (2013) Pengaruh media pembelajaran (Macromedia Flash Professional 8) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Islam 1 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110226.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan teknologi saat ini dapat dirasakan dalam dunia pendidikan. Keberhasilan pembelajaran di kelas salah satunya dipengaruhi oleh pendidik. Pendidik bertanggung jawab terhadap pengaturan proses belajar mengajar yang bertujuan untuk mengarahkan penguasaan peserta didik terhadap kompetensi yang diharapkan. Beberapa usaha pendidik ini salah satunya menggunakan media pembelajaran yang tepat. Dalam hal ini, peneliti menggunakan media pembelajaran menggunakan software macromedia flash professional 8.
Media pembelajaran macromedia flash professional 8 adalah software aplikasi berbentuk animasi atau gambar yang digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran dengan tujuan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sehingga proses belajar terjadi.Salah satunya manfaat media pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang diperoleh siswa atau seseorang setelah mengalami aktivitas belajar, khususnya dalam hal ini perubahan dari seseorang (siswa) setelah melakukan aktivitas pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pokok bahasan hukum bacaan qalqalah dan ra di SMP Islam 1 Batu.
Tujuan dari penelitan ini adalah (1) Untuk mengetahui respon siswa dengan menggunakan media pembelajaran (macromedia flash professional 8) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pokok bahasan hukum bacaan qalqalah dan ra siswa kelas VIII di SMP Islam 1 Batu. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran (macromedia flash professional 8) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pokok bahasan hukum bacaan qalqalah dan ra siswa kelas VIII di SMP Islam 1 Batu.
Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, yaitu penelitian yang dituntut menggunakan angka dengan analisis kovarian (Ancova) yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran (macromedia flash professional 8) terhadap hasil belajar. Serta menggunakan observasi untuk mengetahui respon siswa ketika menggunakan media pembelajaran (macromedia flash professional 8).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa begitu antusias, aktif, memperhatikan, dan senang dengan adanya media pembelajaran (macromedia flash professional 8). Mereka tertarik dengan tampilan yang ada. Di dalam media pembelajaran (macromedia flash professional 8) terdapat beberapa item yang disusun oleh peneliti untuk meningkatkan kualitas belajar siswa, di antaranya: musik: tombol, dan teks, warna: tampilan warna yang jelas, cerah dapat memudahkan pembaca memahami materi (2) Adanya pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran menggunakan macromedia flash professional 8 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMPI 1 Batu. Pada pengujian ini Ha diterima dengan ditunjukkan dengan besarnya Fhitung sebesar 10.508. Nilai ini lebih besar dari F tabel (10.508 > 3.4928).
ABSTRACT
Current technological developments can be felt in the world of education. One of the successes of classroom learning is influenced by educators. Educators are responsible for setting the learning process that aims to steer students toward mastery of the expected competencies. One of the educators venture is using appropriate learning media. In this case, the researcher applies instructional media using software macromedia flash professional 8.
Learning media of macromedia flash professional 8 is kind of animation or image application software used to convey the content of teaching material with the aims to stimulate the students’ mind, feelings, concerns, interests and attention until the learning process occurs. One of the advantages of learning media is to improve the learning result of students. Learning result is behavior changes of students after they experienced learning activity, especially in islamic education subject with the subject matter of Qalqalah and Ra in Islamic Junior High School I of Batu.
The purposes of this research is (1) To study the students’ response when using teaching media (macromedia flash professional 8) islamic education subject with the subject matter of Qalqalah and Ra in Islamic Junior High School I of Batu. (2) To understand whether there is influence of media on learning result of students when using instructional media (macromedia flash professional 8) islamic education subject with the subject matter of Qalqalah and Ra in Islamic Junior High School I of Batu.
This study is using quantitative approach with experimental observation. This research required to use numbers with analysis of covariance (ANCOVA) which aims to determine whether there is influence of instructional media (macromedia flash professional 8) on learning result. It also uses observation to determine students’ responses when using teaching media (macromedia flash professional 8).
The results of this research showed that (1) students are so enthusiastic, active, attention, and pleased with the learning media (macromedia flash professional 8). They are interested in template of learning media. In teaching media’s template (macromedia flash professional 8) there are some items that is prepared by the researcher to improve the quality of student learning, including music, links, text, color pattern with bright and clear color display, which can facilitate the readers’ easy understanding of the material (2) The significant influence between teaching media by using macromedia flash professional 8 in Islamic education subject with the subject matter of Qalqalah and Ra in Islamic Junior High School I of Batu. In this test, Ha is received as shown by F count result 10.508. This value is greater than the F table (10.508 > 3.4928).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran (Macromedia Flash Professional 8); Hasil belajar; Learning Media (Macromedia Flash Professional 8); Learning Result | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:28 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39525 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |