Islam, Muhammad Saiful (2013) Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Grati. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kegiatan belajar mengajar pada dasarnya merupakan interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dengan siswa dalam situasi pendidikan, yaitu ada unsur take and give (memberi dan menerima), baik bagi guru maupun bagi siswa itu sendiri. Proses interaksi belajar mengajar pada prinsipnya sangat bergantung pada guru dan siswa. Oleh karena itu, guru dalam mengajar dituntut kesabaran, keuletan dan sikap terbuka di samping kemampuan dalam situasi belajar mengajar yang lebih aktif. Adapun siswa dituntut untuk semangat dan ada dorongan untuk belajar. Namun siswa kadang dihadapkan dengan masalah kejenuhan dan kurangnya konsentrasi terhadap materi yang diajarkan. Sehingga motivasi belajar siswa kurang maksimal. Disini peran guru sebagai fasilitator sangat diperlukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menyerap dan memahami materi yang akan diajarkan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 1 Grati? 2) Bagaiamana Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Motivasi Belajar siswa di SMPN 1 Grati? 3) Faktor apa yang menimbulkan motivasi belajar di SMPN 1 Grati? 4) Faktor apa yang menghambat motivasi belajar siswa di SMPN 1 Grati?
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi belajar siswa terhadap Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Grati dapat dikatakan cukup baik. Hal ini terlihat dari kedisiplinan siswa tepat waktu ketika pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa yang membolos ketika pelajaran Pendidikan agama Islam hampir tidak ada. Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dibagi menjadi dua yakni motivasi sedang dimana guru mengadakan ulangan, memberikan tugas dan memberikan angka. Bagi siswa yang motivasinya rendah diberikan ganjaran, menumbuhkan minat dan menjelaskan tujuan akhir pelajaran. Sedangkan usaha yang dilakukan oleh guru PAI dengan memberikan angka seperti nilai, adanya ganjaran, memberikan tugas, serta memberikan timbal balik bagi siswa yang motivasi belajarnya sedang.
ABSTRACT
Activity of learn teach on basic it is interaction or interrelationship between teacher with student in the situation of education, namely have give and take, good for the theacher as well as to it self student. The interaction proses of learn teach in the principle heavily dependent in teacher and student. Because of teacher in teach prosecuted bypatience, tenacity and attitude opened beside ability in the situation of learn teach that more active. It so happens student prosecuted for spirit and have encouragement to learn. However sometimes student confronted with problem of surfeit and its shortage cocentration to material taught. So the motivation of learn less maximal for the student. Here role of teachers as facilictators indispensable to improve motivation learn for the student in absorb and understand the material taught.
Based on by background above, so in this research of the problem formula is 1) How the Motivation Learn Education the Religion of Islam in improving motivation learn student at SMPN 1 Grati? 2) How the Role of Teacher Education the Religion of Islam in Improving motivation learn student at SMPN 1 Grati? 3) Factor what generating motivation learn the student at SMPN 1 Grati? 4) Factor what the demotivating to learn of student at SMPN 1 Grati?
The result of research indicate that Motivation Learns Student the Education Religion of Islam in SMPN 1 Grati can be said pretty good. This thing seen from discipline of the student just in time when the Education Religion of Islam and student that cut when the Education Religion of Islam next to nothing. The Education religion role of teachers Islam in improving motivation learn student at to become two namely motivation is where teacher conduct repeat, tasking and provide feed bake. For student that the motivation is low given by reward, grown interest and explain final destination learning. While effort conducted by PAI teacher by providing rate like value, existence reward, tasking, as well as provide mutual for student that motivation learn him is.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abubakar, Istianah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Guru PAI; Motivasi Belajar; Role of teacher PAI; Motivation of learning . | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:28 | ||||||
Last Modified: | 20 Jul 2023 11:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39524 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |