Nisa', Indana Khaira (2013) Prestasi belajar siswa yang tinggal di pesantren dan di luar pesantren pada pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang: Studi komparatif. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110233.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kecamatan Singosari merupakan salah satu daerah di Kabupaten Malang yang banyak memiliki lembaga pendidikan. Di daerah tersebut juga dikelilingi Pesantren yang jumlahnya kurang lebih tujuh belas. Banyak siswa terutama siswa Madrasah Tsanawiyah yang sekaligus belajar di pesantren. Mereka bukan hanya memiliki peran sebagai siswa namun juga sebagai santri. Berbeda dengan siswa- siswa yang tinggal di luar pesantren, mereka hanya memiliki kewajiban sebagai siswa saja. Berdasarkan asumsi di atas peneliti melakukan penelitian di MTs Al- Maarif 01 Singosari. Madrasah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Al-Maarif ini memiliki akreditasi A. Adapun perbandingan banyaknya siswa yang tinggal di pesantren dan di luar pesantren adalah 40:60.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana prestasi belajar siswa yang tinggal di pesantren pada pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Maarif 01 Singosari? ; 2) Bagaimana prestasi belajar siswa yang tinggal di luar pesantren pada pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al- Maarif 01 Singosari; 3) Bagaimana perbedaan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di pesantren dan di luar pesantren?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran prestasi belajar siswa yang tinggal pesantren; 2) Untuk mengetahui gambaran prestasi belajar siswa yang tinggal luar pesantren; 3) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa antara yang tinggal di pesantren dan di luar pesantren.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif–inferensial–komparasi. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket, dan wawancara. Besar sampel yang diambil adalah 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Yamane dengan tingkat kesalahan 10%. Teknik analisis data menggunakan uji T (Independent Sample Test) untuk menguji nilai kognitif dan Mann Whitney untuk nilai Afektif. Namun sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian ini disimpulkan: 1) Prestasi belajar aspek kognitif siswa kelas VIII MTs Al-Maarif 01 Singosari yang tinggal di pesantren terkategori baik karena di atas nilai KKM 75 dengan rata-rata 82,975, nilai afektifnya juga baik karena 87,5% siswa mendapatkan nilai A; 2) Prestasi belajar aspek kognitif siswa yang tinggal di luar pesantren terkategori baik karena di atas nilai KKM 75 dan rata-ratanya 81,75, nilai afektifnya juga baik karena sebanyak 73,33% memperoleh nilai A; 3) Pada aspek kognitif tidak terdapat perbedaan antara siswa yang tinggal di Pesantren dan di Luar Pesantren karena dari hasil Uji T diperoleh nilai p = 0,235 > 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak, namun terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai afektifnya karena dari hasil uji U (Mann Whitney) diperoleh nilai p = 0,028 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima.
ABSTRACT
Singosari Sub-district is one of area in Malang Regency has many educational institutions. In that area is also surrounded by a number about seventeen of Pesantren. Many students especially Islamic Junior High School students who also have been studied in Pesantren. They are not only as a student but also as santri. Different with the students who live in outside Pesantren, they only have a responsibility just as a student. Based on above the assumption the researcher had been researched in MTs Al-Maarif 01 Singosari. Madrasah which under the shade of Al-Maarif Education Foundation has Accreditation A. The comparison of the number of students living in Pesantren and outside Pesantren are 40:60.
The problems of this research are: 1) How does the students learning achievement living in Pesantren on the subject Akidah Akhlak in VIII Class at MTs Al-Maarif MTs 01 Singosari?; 2) How does the students learning achievement living outside in Pesantren on the subject Akidah Akhlak lesson in VIII Class at MTs Al-Maarif 01 Singosari; 3) How is the differences both the learning achievement students living in pesantren and outside pesantren?. The purpose of this study is: 1) To find a descript student learning achievement staying in Pesantren; 2) To find a descript student learning achievement living in outside Pesantren; 3) To find there is a difference both the student learning achievement staying in Pesantren and outside Pesantren.
This research is quantitative-comparative-inferential. Data collection were used documentation, questionnaires, and interviews. Many sample was taken are 100 peoples. Sampling technique using Yamane formula with an error rate 10%. Data analysis technique using T test (Independent Sample Test) to examine the cognitive value and Mann Whitney for Affective value. But before it has been tested normality and homogeneity. The result this research conclused are: 1) Cognitive aspects of learning achievement of students in VIII Class at MTs Al-Maarif 01 Singosari living in Pesantren the categorize is good because the KKM (Minimum Completeness Criteria) value over 75 with average 82,975, Affective value is also good because 87,5% of students got A value; 2) Cognitive aspects of learning achievement of students living outside Pesantren the categorize is good because the KKM (Minimum Completeness Criteria) value over 75 with average 81,75, affective value is also good because about 73,33% received A value; 3) On cognitive aspect nothing differences both students living in Pesantren and outside Pesantren because the results T-test obtained p value = 0,235 > 0,05 then H0 is accepted and H1 is rejected, but there are significant differences in the affective value because the results of U-test (Mann Whitney) obtained p value = 0,028 < 0,05, then H0 is rejected and H1 is accepted.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Prestasi Belajar; Tempat Tinggal; Learning Achievement; Residence | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:25 | ||||||
Last Modified: | 11 May 2023 14:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39500 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |