Mukaromah, Ning (2013) Penerapan metode Sorogan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa tentang hukum waris di kelas XI Madrasah Aliyah Salafiyah Bangil Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110237.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Metode mengajar merupakan salah satu cara yang digunakan oleh guru dalam melakukan hubungan interaksi dengan siswa saat berlangsungnya proses pembelajaran. Oleh karena itu metode pembelajaran mempunyai andil yang sangat besar dalam proses kegiatan belajar dan mengajar. Metode sorogan adalah metode individual dimana murid mendatangi guru sehingga terjadi interaksi antara keduanya. Jadi metode sorogan adalah berlangsungnya proses belajar mengajar secara face to face, antara guru dan murid.
Penelitian ini berfokus pada: 1) Bagaimana proses perencanaan penerapan metode metode sorogan tentang hukum waris di kelas XI A Madrasah Aliyah Salafiyah Bangil Pasuruan? 2) Bagaimana penerapan metode sorogan tentang hukum waris di kelas XI A Madrasah Aliyah Salafiyah Bangil Pasuruan? 3) Bagaimana prestasi belajar siswa melalui penerapan metode sorogan tentang ketentuan hukum waris kelas XI A Madrasah Aliyah Salafiyah Bangil Pasuruan?. Dengan tujuan: 1) Mengetahui proses perencanaan penerapan metode metode sorogan tentang hukum waris di kelas XI A Madrasah Aliyah Salafiyah Bangil Pasuruan. 2) Mengetahui penerapan metode sorogan tentang hukum waris di kelas XI A Madrasah Aliyah Salafiyah Bangil Pasuruan. 3) Mengetahui prestasi belajar siswa melalui penerapan metode sorogan tentang ketentuan hukum waris kelas XI A Madrasah Aliyah Salafiyah Bangil Pasuruan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan- penemuan yang tidak dapat dicapai (diperoleh) dengan menggunakan prosedur- prosedur statistik atau dengan cara-cara lain dari kuantifikasi (pengukuran). Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang dilakukan oleh peneliti sendiri. Penelitian ini dibagi menjadi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Untuk mengetahui penerapan metode sorogan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode sorogan tentang hukum waris di kelas XI A MA Salafiyah Bangil yang berjumlah 42 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan 3 kali pertemuan. Pretes dilakukan sebelum siswa diberi tindakan. Sedangkan postes dilakukan ketika siswa sudah diberi tindakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sorogan tentang ketentuan hukum waris dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI A semester genap di Madrasah Aliyah Salafiyah Bangil tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai rata-rata akhir siswa mengalami peningkatan, yaitu hasil pre tes rata-rata kelas 69% menjadi 79% hasil siklus I dan menjadi 89% dari siklus II.
ABSTRACT
Teaching method is one of many ways that is used by teachers in interaction with students during the learning process. Therefore, learning methods have great contribution to teaching and learning processe. Sorogan method is a method in which students come to the teachers individually so that the interaction between both will be created. So, sorogan method is a process of learning face to face between teachers and students.
This research is focused on: 1) How is the implimentation of management process Sorogan method in lesson of inheritance law in class XI A Madrasah Aliyah Salafiyah Bangil Pasuruan? 2) How does the application of sorogan method in lesson of inheritance law in class XI A Madrasah Aliyah Salafiyah Bangil Pasuruan? and 3) How does student achievement through the sorogan implementation in lesson of inherintance law in class XI A Madrasah Aliyah Salafiyah Bangil Pasuruan?. This research is aimed to: 1) Knowing the implimentation of management process in Sorogan method in lesson of inheritance law in class XI A Madrasah Aliyah Salafiyah Bangil Pasuruan. 2) Knowing the application of inheritance law using sorogan method in class XI A Madrasah Aliyah Salafiyah Bangil Pasuruan and 3) Knowing the student achievement through the sorogan implementation in lesson of inherintance law in class XI A Madrasah Aliyah Salafiyah Bangil Pasuruan.
The researcher used a qualitative research in this research which the qualitative research is a type of research that produces findings cannot be achieved or earned by using statistical procedures or other means of quantification or measurement. While the type of research used in this research was Classroom Action Research in which used by the researcher. This study is divided into four stages: planning, implementation, observation and reflection.
This research is done to determine learning achievement of the students in the implimentation of sorogan method in lesson of law inherintance in class XI A Salafi MA Bangkil from about 42 students. The study is consisted of 2 cycles and 3 meetings. Pre-test is done to students before they are being given the action. While post-test is done when the students are being given the action. Based on the research that has been done, it can be concluded that the application of the sorogan method in lesson of inheritance law can improve the students’ achievement XI A second semester at Madrasah Aliyah Bangil Salafiyah school in 2012/2013. This can be shown by the average values of final students that is increased, the results of pre-test class average 69% to 79% of the revenue first cycle and become 89% in second cycle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan Metode Sorogan; Prestasi Belajar; Tentang Hukum Waris; Implementation of Sorogan Method; Learning Achievement; Inheritance Law. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:25 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:25 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39488 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |