Marliana, Fina (2013) Peran guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum Minoritas Muslim di SMP. Negeri 1 Blahbatuh Gianyar-Bali : studi kasus di SMP. Negeri 1 Blahbatuh Gianyar-Bali. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kemampuan profesional seorang guru pada hakikatnya adalah muara dari ketrampilan dasar, dan pemahaman yang mendalam tentang anak sebagai peserta didik, objek belajar dan situasi kondusif berlangsung kegiatan pembelajaran. Untuk menghasilkan pribadi yang memiliki nilai-nilai yang positif pada peserta didik, diperlukan seorang guru profesioal. Dimana guru yang profesional bukan hanya mengajar dan mentransfer ilmu, tapi juga mendidik anak dan menanamkan nilai-nilai ajaran agama ke peserta didik yang kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan agama mutlak diperlukan di sekolah. Terlebih lagi di sekolah umum. Sehingga seorang guru harus mampu untuk melaksanakan semua hal yang sudah menjadi kewajiban sebagai seorang guru.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI di sekolah minoritas muslim di SMP Negeri 1 Blahbatuh, Gianyar Bali. Dimana dalam sekolah tersebut memiliki penduduk dengan beragam kebudayaan yang berbeda-beda.
Penelitian ini dilakukan di SMP. Negeri 1 Blahbatuh Gianyar-Bali, dimana seluruh anggota di sekolah tersebut beragama Hindu (non muslim). Penelitian ini menggunakan tekhnik analisis deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dari hasil perjalanan penelitian penulis akhirnya menemukan suatu kesimpulan bahwa peran guru pendidikan agama Islam di SMP. Negeri1
Blahbatuh Gianyar-Bali adalah sangat mendukung sekali. Baik dari segi moral maupun pendidikan. Dalam segi moralnya, guru PAI mampu membuat peserta didik merasa nyaman dengan didikan gurnya, dan menjadi orang tua bagi peserta didik selama di sekolah. Sedangkan dari segi pendidikannya, guru berperan sebagai pendidik, administrator, dan pembimbing dalam pembelajaran.
ABSTRACT
The professional competence of teacher is essentially the orifice from the flow of basic skill and deep understanding about the students as the educated participants, the object of learning and the conduciveness of learning activity. The production of the educated participants with personality of positive values will always need a professional teacher. The professional teacher not only teaches and transfers the knowledge, but also educates the students and internalizes religious values into the educated participants which are then applied in their daily life. Religious education is absolutely needed at school, so is at public school. A teacher must consider this as a mandate.
The objective of research is to understand the role of Islam Religion teacher at school with Moslem minority, SMPN 1 Blahbatuh Gianyar-Bali. This school is a place where people from various cultures are gathering.
Research is located at SMPN 1 Blahbatuh Gianyar-Bali where almost all people at this school are attending Hindu as their religion (non-Moslem). The analysis technique is qualitative descriptive. Data collection techniques include interview, observation and documentation.
In the end of research journey, the author concludes that the role of Islam religion teacher at SMPN 1 Blahbatuh Gianyar-Bali is a very supporting one, either for morality or education. For moral aspect, Islam religion teacher allows the educated participants to feel comfort with the education because the teacher can be entrusted as the other parent at school for the educated participants. Related to the education aspect, the teacher is also working as the educator, the administrator and the counselor in the learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Amrullah, Abdul Malik Karim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam dan Sekolah Umum Minoritas Muslim; Islam Education Teacher and Public School with Moslem Minority | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:27 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39476 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |