Responsive Banner

Internalisasi nilai-nilai islam melalui media buku poin pada siswa MAN Malang II Kota Batu

Nurfiasari, Nurfiasari (2013) Internalisasi nilai-nilai islam melalui media buku poin pada siswa MAN Malang II Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09110240.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan memerlukan proses yang panjang dalam menghasilkan manusia memiliki kecakapan. Namun kecakapan manusia tidak terbentuk dengan sendirinya, melainkan dari proses perekayasaan. Dalam proses pendidikan memang dibutukan faktor kesengajaan yang dilaksanakan dalam menciptakan manusia yang memiliki kecakapan. Islam memiliki kepedulian serius dengan dunia pendidikan. Keberadaan pendidikan merupakan sebagai alat dalam menerapkan syari’at Allah yang diturunkan kepada umat manusia agar mereka beribadah kepada-Nya di muka bumi. Proses dan hasil pendidikan Islam tidak hanya dipengaruhi oleh kecakapan belaka, tetapi juga melibatkan proses pembinaan mental. Peranan pembinaan mental dalam pendidikan memiliki arti penting sebagai pembinaan kepribadian dan karakter manusia. Hal ini mengandung pengertian bahwa pendidikan menjadi suatu kegiatan pembinaan sikap dan mental yang akan menentukan tingkah laku seseorang. Proses internalisasi nilai-nilai islam membantu sekolah untuk mewujudkan pembentukan pembinaan kepribadian dan karakter peserta didik, dengan menerapkan beberapa program yang diterapkan di Madrasah dengan melalui tata tertib madrasah yang dikemas dalam buku poin.

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan dan model evaluasi internalisasi nilai-nilai islam melalui Buku Poin pada siswa MAN Malang II Kota Batu, Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian lapangan, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data obserfasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data kualitatif deskriptif dan analisa reflektif, yaitu analisa yang berpedoman pada cara berfikir yang merupakan kombinasi antara berfikir induksi dan deduksi, Selanjutnya melakukan pengecekan keabsahan data dengan empat kriteria yang digunakan, yaitu derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian.

Hasil dari penelitian ini peneliti dapat menjabarkan bahwa penerapan internalisasi nilai-nilai islam yang dilakukan di MAN Malang II Kota Batu ini dengan cara memberikan tata tertib Madrasah yang harus dipatuhi oleh siswa, dan sekolah juga menerapkan kegiatan bernuansa islam untuk mendukung proses internalisasi nilai-nilai islam, dan untuk model evaluasi buku poin yang dilakukan tiap akhir semester ini yaitu dengan model Congruence Model atau disebut dengan kesesuaian model yang membentuk tingkah laku peserta didik.

ABSTRACT

Education needs a long process to produce a competent human. But it doesn’t form itself, however from engineering process. In the education process absolutely needed deliberate factor which implemented for created competent human. Islam has serious concern with education world. Presence of education constitute an instrument for applying shari’a of Allah SWT given to human in order that they pray. The process and the result of Islamic education not only be affected by mere competent, but also involve mental developmet. The role of mental development in education have a significance as personality and human character development. It’s means that education be an activity of attitude and mental development which will determine human behavior. The process internalization of Islamic values assist the school to realize student personality and character development building, applied with some programs at school through school role packed in to point book.

The formulation of the problem is, what about practice and evaluation models of internalization of Islamic values through point book in the student of MAN MALANG II Batu City. This research included of field research, used descriptive qualitative methods. Data collection techniques in this research used observation, interview and documentation. Analysis technique qualitative descriptive data and reflective analysis, is analysis which oriented to the way of thinking, combine of induction and deduction thinking, further check the validity data with four criteria applied, believed degree, diverted, dependly and certainly.

The result of this research, the researcher can explained that applied of internalization of Islamic values in MAN MALANG II Batu City with given school’s role which must be obeyed by student, and school applied Islamic activity to supported internalization of Islamic value process, and for evaluation model of point book done at this last semester with Conguence Model which form student behavior.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Amrullah, Abdul Malik Karim
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAmrullah, Abdul Malik KarimUNSPECIFIED
Keywords: Internalisasi Nilai-Nilai Islam; Buku Poin; Internalization of Islamic Values; Point Book.
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadlli Syahmi
Date Deposited: 01 Aug 2022 14:11
Last Modified: 01 Aug 2022 14:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39472

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item