Nurdin, Marissa (2013) Upaya kepala sekolah dalam pengembangan kedisiplinan siswa kelas X di MAN Malang II Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110242.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia untukmembentuk dan mempersiapkan pribadinya agar hidup dengan disiplin. Berkaitan dengan pentingnya kedisiplinan tersebut, agama Islam sendiri telah mengajarkan kepada setiap umatnya agar bisa belajar hidup disiplin melalui ibadah sholat. Penerapan tentang kedisiplinan, dapat mengena kepada setiap sisi kehidupan. Di sekolah misalnya, penanaman sikap disiplin kepada siswa sejak dini merupakan sebuah proses agar siswa dapat terlatih mengemban tugas yang diamanahkan kepadanya Dalam pengembangan sikap disiplin tersebut, sangat diperlukan sebuah strategi yang baik dan terencana. Oleh karena itu, pengembangan strategi kedisiplinan di sekolah perlu digali kembali dan dilakukan penelitian lebih lanjut tentang hal ini sehingga memberikan pemahaman secara luas apakah dengan adanya strategi pengembangan kedisiplinan di sekolah ini. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kedisiplinan siswa, menegertahui strategi pengembangan kedisiplinan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan kedisiplinan siswa di MAN Malang II Kota Batu.
Penelitian ini adalah termasuk dalam penelitian deskriftif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Teknik analisa data kualitatif deskriptif dan analisa reflektif. Dalam penelitian ini penganalisaan dilakukan mulai dari proses pengumpulan data secara keseluruhan, selanjutnya dilakukan pengecekan kembali dan mencocokkan data yang diperoleh, disistimatiskan, diinterpretasi secara logis demi keakuratan data yang diperoleh. Selanjutnya melakukan pengecekan keabsahan data dengan empat kriteria yang digunakan, yaitu derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian.
Hasil dari penelitian ini peneliti dapat mendeskripsikan bahwa strategi pengembangan untuk kedisiplinan yang dilakukan di MAN Malang II Kota Batu ini dengan cara memberikan peraturan yang harus dipatuhi oleh siswa dan pembiasaan hidup disiplin di lingkungan sekolah.
ABSTRACT
Education is one of the necessities of human life to form and prepare to live with a discipline. Related to the importance of discipline, Islam has taught his people to be able to learn every discipline of life through daily prayers. Implementation of discipline, can hit to every side of life. In the school, investment the discipline to students early on is a process for students to carry out skilled tasks entrusted to him. In the development of the discipline, it is necessary a good strategy and planning. Therefore, the development strategy discipline in schools needed to identify and further research on this matter so as to provide broad understanding whether the presence of the development strategy of discipline in this school. The purpose of this study was to determine the condition of student discipline, knowing the strategy of development of the discipline as well as to determine the factors supporting and inhibiting the development strategy of student’s discipline in MAN Malang II Batu.
This study is included in the descriptive qualitative research. In this study the authors use the method of observation, interviews, and documentation for data collection. Descriptive qualitative data analysis techniques and reflective analysis. In this study, analysis was started from the data collection process, then performed a check and match the data obtained, systematised, logically interpreted by the accuracy of the data obtained. Further checks the validity of the data with four criteria used, the degree of confidence, transferability, dependability, and certainty.
The results of this study the researcher could describe that strategy of discipline’s development conducted in MAN Malang II Batu by providing rules to be followed by students and accustom disciplined life in the school environment.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Sekolah; Pengembangan Kedisiplinan; Headmaster; Disciplinary Development. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:11 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39469 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |