Magfiroh, Nur Lailatil (2013) Implementasi kurikulum berbasis Pesantren di Madrasah Aliyah Nurut Tauhid Wonorejo-Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan primer masyarakat sejak dulu. Setiap orang memerlukan pendidikan untuk kelangsungan hidupnya. Pendidikan dalam masyarakat memiliki tiga sifat penting; pertama, pendidikan mengandung nilai dan memberikan pribadi anak agar sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. Kedua, pendidikan diarahkan pada kehidupan dalam masyarakat. Ketiga, pelaksanaan pendidikan dipengaruhi dan didukung oleh lingkungan masyarakat. Salah satu penentu dari keberhasilan pendidikan adalah kurikulum.Dengan adanya konsep kurikulum yang baik maka akan mendapatkan hasil yang baik pula. Konsep kurikulum yang baik itu tidak hanya menjadikan murid menguasai ilmu pengetahuan saja akan tetapi juga dibekali dengan nilai- nilai keagamaan. Untuk mewujudkan out put seperti itu diperlukan sebuah perkembangan kurikulum. Dalam hal ini Sekolahan MA Nurut Tauhid Wonorejo Lumajang merupakan salah satu lembaga yang telah mengembangkan kurikulumya yaitu menerapkan kurikulum berbasis pesantren, yang mana dalam penerapan ini merupakan sebuah perpaduan antara kurikulum pendidikan Islam dengan kurikulum sistem pesantren. Dengan adanya perpaduan tersebut diharapkan peserta didiknya menjadi insan yang kamil.
Melihat fenomena diatas, Maka peneliti tertarik untuk meneliti sejauh mana lembaga ini menyatukan perpaduan kurikulum tersebut yaitu di MA Nurut Tauhid. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:1) mendeskripsikan konsep kurikulum berbasis pesantren di MA Nurut Tauhid. 2) mendeskripsikan implementasi kurikulum berbasis pesantren serta faktor kendala dan pendukung dalam penerapan kurikulum berbasis pesantren.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dari data yang dihasilkan melalui metode observasi, inteview dan dokumenter. Setelah data diperoleh, penulis menganalisa dengan teknik reduksi data, sajian data (display) dan verifikasi atau simpulan, selain itu guna mengecek keabsahan data yang diperoleh, penulis mengadakan rencana uji kevaliditana data dengan menggunakan teknik triangulasi.
Adapun hasil penelitian yaitu sebagai berikut: 1) Penambahan mata pelajaran kitab kuning serta metode pembelajarannya dengan sistem pesantren.
2) Kultur pondok pesantren di MA Nurut Tauhid terealisasi pada pelaksanaan kegiatan sehari-hari seperti sholat dhuha, sholat dhuhur, membaca al-qur’an, membaca yasin, membaca istighosah, membaca asma’ul husna, kedisiplinan
siswa, kerapian seta kebersihan.
ABSTRACT
Education is a primary demand of community. Every person needs education for their life being. Three important attributes remain within education. First is that education has a value and is shaping the personality of students to the expectation of community. Second is that education is directed to the life within community. Third is that the education is implemented in compliance with the environment of community. One factor determining the education success is curriculum. Good curriculum may give good result. Good curriculum concept not only allows students to master any knowledge, but also provides them with religious values. To realize such output, curriculum development is required. MA Nurut Tauhid Wonorejo Lumajang represents one education institution which applies pesantren-based curriculum. This application is the integration between Islam education curriculum and pesantren system curriculum. Such integration is expected the educated participant to become insan kamil.
Seeing this phenomenon, the author is interested to examine how far the institution is to integrate the curriculums at MA Nurut Tauhid. The objectives of research are (1) to describe pesantren-based curriculum at MA Nurut Tauhid and (2) to describe the implementation of pesantren-based curriculum and the factors constraining and supporting the application of pesantren-based curriculum.
Research method is qualitative descriptive. Data are collected from observation, interview and document. Data are analyzed with data reduction, data display and verification or conclusion. The validity check over the data is using data validity test with triangulation technique.
Result of research indicates (1) Kitab Kuning lesson and its learning method are added into pesantren system; (2) the culture of pondok pesantren is implemented in the daily activities of MA Nurut Tauhid such as dhuha pray, dhuhur pray, Al-Quran recitation, Yasin recitation, istighosah recitation, asmaul husna recitation, student discipline, tidiness and cleanliness.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi Kurikulum; Berbasis Pesantren; The Implementation of Curriculum; Pesantren-Based | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:10 | ||||||
Last Modified: | 27 Mar 2023 13:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39468 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |