Kurniasih, Rizky Dwi (2013) Model pengembangan sistem pendidikan pondok pesantren mahasiswa Al-Hikam dalam meningkatkan potensi santri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110026.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan, diakui mempunyai andil yang cukup besar di dalam membesarkan dan mengembangkan dunia pendidikan. Pondok pesantren juga dipercaya dapat menjadi alternatif bagi pemecahan berbagai masalah pendidikan yang terjadi pada saat ini. Dalam masyarakatnya. Pesantren sebagai bagian budaya yang lahir dan berkembang seiring dengan perubahan-perubahan dalam masyarakat global. Untuk dapat memainkan peran edukatifnya dan penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas mensyaratkan pesantren terus meningkatkan mutu sekaligus memperbarui sistem pendidikannya. Sebab, model pendidikan pesantren mendasarkan pada sistem konvesional atau klasik tidak akan banyak membantu penyediaan manusia yang memiliki kompetensi integrative baik dalam penguasaan pengetahuan agama, pengetahuan umum dan teknologi. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang diangkat peneliti yaitu bagaiamana model pengembangan sistem pendidikan pesantren mahasiswa dalam meningkatakan potensi santri, upaya, faktor pendukung dan penghambat meningkatkan potensi santri di pesantren mahasiswa Al- Hikam Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat sebenarnya.
Dengan rancangan penelitian seperti yang dijelaskan diatas, peneliti memperoleh hasil bahwa, Pertama Model pengembangan sistem pendidikan pesantren mahasiswa dalam meningkatkan potensi santri yakni menggabungkan tradisi keilmuan dan keislaman, yang dirumuskan di motto pesantren yaitu Amaliah Agama, Prestasi Ilmiah, dan Kesiapan Hidup. Kedua upaya yang dilakukan oleh Ponpes Al-Hikam dalam meningkatkan potensi santri adalah: Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan potensi fitrah manusia yaitu; fikriyah, ruhaniah dan jasmaniah, melalui bidang pengajaran, kepengasuhan dan bidang kesantrian. Ketiga Faktor pendukung yakni, 1) Adanya aturan sistem model perkembangan pondok pesantren yang kuat dan berjalan demokratis, 2) Kuatnya kharisma seorang kyai dan masyarakat, 3) Tenaga Pengajar, 4) Santri, 5) Adannya hubungan persaudaraan/ interaksi yang kuat di pondok pesantren mahasiswa, 6) Adanya organisasi di pesantren mahasiswa Al-Hikam, 7) Adanya sarana penunjang. Dan faktor penghambat yang dihadapi yaitu, 1) Keluwesan pada aturan-aturan pondok pesantren terutama dalam proses pembelajaran ini terkadang santri berperilaku seenaknya sendiri, 2) Santri memiliki waktu relatif lebih sedikit untuk berinteraksi di lingkungan pesantren.
Adapun saran yang penulis berikan untuk pesantren mahasiswa Al-Hikam adalah Adanya kerja sama atau informasi antara pihak pesantren dan perguruan tinggi, dengan tujuan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa di kampus. Dengan begitu pesantren bisa mentoleransi dalam mengikuti kegiatan di pesantren. Waktu pendidikan di pesantren mahasiswa Al-Hikam hendaknya di tambah beberapa tahun lagi, agar santri lebih dapat memantapkan ilmu agama yang di pelajarinya di pesantren.
ABSTRACT
A boarding school as one of education institution, was recognized a charcholder in improved a education world.a boarding school also trusted to be alternatively solution for any education’s problem in this era. As a social life, a boarding school as part of culture which broughted and move up together with amendment in global society. A boarding school has improved a quality continuelly and renivited a education system to perform an education part and to prepare a best human force from this boarding school. Because, a model of education boarding school based of convertional system or clasic not enough to be a solution to brought a human which have a introgative potensy, event religion education or general education and technology. Based of that background, a problem was adopted a researcher is how a development education system model in Al- Hikam boarding school to improve a student potensy. What a way or factor which supported and pursured which was improved a student potensy in student boarding school Malang.
This research is descriptive qualitatif research.to collect a data a researcher used a observation, interview and documentasi methode.and for analysis a researcher use a descriptive qualitative technique analysis, which writing data and oral data from people or action was observer,untill a researcher making every effort truly examination.
By a examination plan above,a researcher resulted a answer that,first a development model aducation system student boarding school to improved student potensy is to combine knowledge tradition with islamic tradition.which was formulated in boarding school mottos is religios, equiped life,a knowledge prestation. secondly,a way to improved student potensy in al-hikam boarding school is a way to improve human potensy: a logical,a spiritual,a pysichal passed of teaching,a caracter,and a student organisation. Third, a support department is, 1) a strong development system model of boarding school and democration, 2) the best leader ( kyai ) and society, 3) a teacher, 4) a religion pupil, 5) a strong interaction closely in student boarding school, 6) a best organisation in Al- Hikam student boarding school, 7) there are a supporting and pursuer factor, it is: 1) a rule boarding school problems especially in teaching process, some times a student was neglect that. 2) a student was relative have a little time to interaction in boarding school area.
And last, a researcher sugested to a students Al-Hikam boarding school is a cooperation or to inform between boarding school soceity with university soceity according with direction activity in campus. Based on that a boarding school can be tolerance in doing activity in boarding school. And a time for learning in Al- Hikam student boarding school is adding for few years.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Amrullah, Abdul Malik Karim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model Pengembangan; Sistem Pendidikan Pesantren; Potensi Santri; Development model’s; Education boarding school system; student potensy | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:10 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39466 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |