Amiliyah, Amiliyah (2013) Implementasi media pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan daya serap siswa terhadap mata pelajaran fiqih kelas XI di SMAN 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian terhadap implementasi media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi ini dimaksudkan untuk mendiskripsikan implementasi media pembelajaran PAI, kendala serta solusi yang dihadapi guru saat menerapkan media pembelajaran yang diberikan oleh guru ketika menerapkan media pembelajaran PAI di SMAN 1 Malang.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk menganalisis dilakukan dengan analisis selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan menggunakan data deskriptif melalui penalaran logika sistematis terhadap data (keabsahan data) dan analisis data setelah data terkumpul dengan menggunakan teknik triangulasi (membandingkan/memeriksa, mengecek keabsahan data) dengan hasil wawancara dan hasil isi dokumen
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa yang dilakukan oleh penulis dapat diketahui, (1) implementasi media pembelajaran PAI untuk meningkatkan daya serap siswa terhadap mata pelajaran FiQih kelas XI dalam proses pembelajaran adalah tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, penerapan dikelas, (2) kendala serta solusi yang dihadapi guru saat penerapan media pembelajaran terhadap mata pelajaran FiQih kelas XI di SMAN 1 Malang adalah waktu persiapan terbatas ketika seorang guru memberikan materi tentang PAI, sering Mati lampu ketika proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas, Sulit mencari VCD yang berkaitan dengan materi pembelajaran PAI yang tepat, Mengantuk di dalam kelas, Memakai (earphone) mendengarkan musik/radio ketika proses pembelajaran berlangsung, Keadaan lingkungan/didalam ruangan, kurang cepatnya siswa dalam memahami materi, serta Tingkat kecerdasan siswa yang berbeda-beda. Untuk megatasi kendala dalam menerapkan media pembelajaran PAI di SMAN 1 Malang yang dilakukan adalah dengan memahami karakteristik peserta didik, dengan mendekati peserta didik secara langsung, menyesuaikan kemampuan siswa dalam menggunakan strategi atau metode dan media pembelajaran.
ABSTRACT
this research about implementation of learning media to increase the understanding has aim for describing islamic education learning media in fiqh subject for XI class after implementing this learning media and the risks which faced off by teacher when implementing learning media and also the solutions which are given by teacher when implementing Islamic education learning media in SMAN 1 Malang.
This research induded into qualitative descriptive research. The colection of data using observation method, interview, and documentation. For analyzing when collecting data using inductive analyses with descriptive data through sistematic logikal thinking into the data and analyzing data after collecting data using trianggulation technique (comparing/muestigating, validating data) wich interview and documentation results.
From this research result we as researcher concluded that, (1) Islamic education learning media implementation to increase student understanding in fiqh subject for XI class in the learning process has step of preparation, step of implementation an step of evaluation. (2) the risks and solutions which faced off by teacher when implementing learning in fiqh subject for XI class in SMAN 1
Malang are limited time preparation when teacher give Islamic education material,
often dead lamp when learning process come up in the class, and to find VCD about appropriate Islamic education material, felt sleep in the class, using earphone for listening music/radio when learning process come up, situation of environment in the class, low understanding of student, and differenties of intelectual student. For solving the problem in implemanting Islamic education learning media in SMAN 1 Malang are understanding characteristic of student with direct student approach, suitable to the ability of student in using strategy or method and learning media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Media pembelajaran; Meningkatkan Daya Serap; Implementation; Learning Media; Icrease Understanding | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:10 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39465 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |