Fajar, Nur Fatimatul (2013) Pengembangan strategi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam membentuk karakter siswa kelas XI di MAN Bangil. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yakni berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, maka perlu adanya seorang pendidik yang profesional, yakni mempunyai strategi tersendiri dalam kegiatan pembelajaran dan dapat direspon oleh anak didik. Dengan prinsip inilah, maka tugas guru SKI adalah menformat sebuah sistem atau pengembangan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi zaman dan kebudayaan setempat. SKI memiliki nilai-nilai yang sarat dalam materinya. Ketika pengembangan strategi telah dilaksanakan dengan baik, maka diharapkan nilai-nilai yang terkandung mampu terserap secara maksimal oleh siswa dan diwujudkan dalam perilaku.
Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pengembangan strategi pembelajaran SKI dalam membentuk karakter siswa kelas XI di MAN Bangil, mendeskripsikan implementasi pengembangan strategi pembelajaran SKI dalam membentuk karakter siswa kelas XI di MAN Bangil dan juga mendeskripsikan evaluasi pengembangan strategi pembelajaran SKI dalam membentuk karakter siswa kelas XI di MAN Bangil.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian ini bertujuan untuk memahami fenomena guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran dalam membentuk karakter siswa. Fenomena yang diteliti berjalan secara alamiah atau natural tanpa adanya paksaan atau pengkondisian siswa. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi.
Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan atau hasil sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan perencanaan pengembangan strategi pembelajaran SKI dalam membentuk karakter siswa meliputi pembuatan RPP, silabus, membaca buku referensi yang berhubungan dengan materi terkait, pemakaian fasilitas kelas dengan maksimal dan penyiapan materi yang akan diajarkan di kelas. 2) Mendeskripsikan implementasi yang terlihat dari prosedur pembelajaran guru ketika di kelas, memposisikan guru sebagai contoh suri tauladan bagi siswa dan membangun kerjasama yang baik antara guru SKI dengan pihak elemen sekolah.
3) Mendeskripsikan evaluasi yang dilaksanakan oleh guru SKI, seperti kegiatan harian siswa di kelas, ulangan harian, UTS dan UAS, serta evaluasi oleh elemen lain sekolah, yakni perilaku siswa ketika berada di lingkungan sekolah.
ABSTRACT
In accordance with national education goals that developing students' potentials in order to become a man of faith and devoted to God Almighty, noble, healthy, knowledgeable, skilled, creative, independent, and become citizens of a democratic and accountable, then there needs to be a professional educators, which has its own strategies in the learning activities and can be responded to by the students. With this principle, it is the duty of SKI teachers to reformat a system of learning or learning development in accordance with the condition of the local culture and the history. When the strategy of developing has been implemented, it is expected that the values that can be absorbed maximally contained by students and manifested in behavior.
The aim of this study is to describe the development of learning strategies SKI planning in shaping the character of class XI in MAN Bangil, describing the implementation of SKI learning strategies development in shaping the character of class XI in MAN Bangil and also describe the evaluation of the development of SKI learning strategies in shaping the character of class XI at MAN Bangil.
This study uses descriptive qualitative approach types, namely research procedures which produce descriptive data in the form of words written or spoken of the people and observed behavior. This study aims to understand the phenomena of teachers in developing learning strategies to shaping the character of students. The phenomenon under study runs naturally or organically without any coercion or conditioning students. Test the validity of the data in this study using triangulation method.
Of this study or the results obtained the following conclusions: 1) Describe the development of SKI learning strategies planning in shaping the character of students includes creating lesson plans, syllabi, reading reference books dealing with related materials, with maximum use of facilities and preparation of the material that will be taught in the classroom. 2) Describe the visible implementation of the procedure of learning when the teacher in the classroom, positioning the teacher as an example and role model for students to build good cooperation between SKI teachers with the elements of the school. 3) Describe the evaluation conducted by SKI teachers, such as daily activity of students in the classroom, daily tests, UTS and UAS, as well as other elements of the evaluation by the school, the student's behavior while in the school environment.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan Strategi Pembelajaran SKI; Karakter Siswa; SKI Learning Strategy Development; Students Characters | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:04 | ||||||
Last Modified: | 11 Jul 2023 10:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39463 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |