Rahmawati, Ayu (2013) Penggunaan model pembelajaran berbasis portofolio untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Mojosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09110020.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sebagaimana diketahui bahwa peningkatan pemahaman siswa sangat banyak metodenya, diantaranya yaitu dengan menggunakan model-model pembelajaran yang bervariasi, kreatif, menyenangkan, dan mengandung pendidikan. Tidak cukup dengan model pembelajaran saja, namun harus disertai dengan media pembelajaran yang mendukung model pembelajaran tersebut. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: Apakah ada perubahan/ peningkatan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PAI sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio di SMP Negeri 2 Mojosari ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perningkatan pemahaman siswa kelas VIII terhadap mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Mojosari.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dibagi menjadi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Untuk mengetahui apakah ada peningkatan pemahaman siswa kelas VIII-F terhadap mata pelajaran PAI bab puasa, maka peneliti menggunakan tes, yaitu pre-test dan post-test. Penelitian ini terdiri dari empat siklus. Setelah dilaksanakannya pre-test dan post-test, maka nilai mereka dibandingkan. Dan hasilnya membuktikan bahwa nilai post-test siswa lebih baik daripada nilai pre- test. Hal tersebut dapat dilihat dari perbandingan rata-rata nilai kelas sebelum dan sesudah post-tes. Nilai pre-test siswa sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio adalah 62 dan rata-rata nilai siswa sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio adalah 97.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis portofolio untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Mojosari sudah berjalan dengan baik, walaupun ada kekurangan-kekurangan. Hal tersebut terlihat pada saat proses belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas, antara lain siswa aktif bertanya, aktif menjawab pertanyaan, rasa ingin tahunya meningkat, rajin mengerjakan tugas-tugasnya, kreatif dalam mengerjakan suatu tugas, pengetahuan siswa bertambah, serta hasil belajarnya meningkat tinggi.
Adapun yang menjadi faktor pendukung dari penggunaan model pembelajaran berbasis portofolio adalah adanya minat belajar siswa yang tinggi, siswanya termasuk siswa-siswa unggulan, adanya fasilitas dan sumber belajar yang memadai untuk belajar, dan adanya profesionalisme dan semangat yang tinggi dari guru PAI dalam membimbing. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam penggunaan model pembelajaran berbasis portofolio adalah adanya sebagian siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran berlangsung.
ABSTRACT
As we know that increasing the students' understanding has many varietis method. One of the methods is buy using variation, creative, gravity and containt of education. It is not enough with learning model, but it must be completed buy using learning media which support that learning model. In this case, the problem which will be study on this research is: is there changing/ increasing of the students` understanding in religion subject before and after using learning model based portfolio at SMP Negeri 2 Mojosari. The objective of this research is to know there is or there is not increasing of the second grade students' understanding in religion subject at SMP Negeri 2 Mojosari.
The approach which used in this research was descriptive quantitative approach with kind of the research was classroom action research.In collecting the data, the researcher used observation, test, interview and documentation.This research was divided by four phases. They were included of planning, implementation, observation and reflection.
To know was there increasing of second F students` understanding in religion subject chapter: fasting. So, the researcher used test. There were pre-test and posttest.this researh include of four cycles.after pretest and posttest were done, the scores was compare.and the result indicated that the students` posttest scores were better than the pretest scores.it was known from the comparation of class scores average in before and after posttest.the students` pretest scores before using learning model based portfolio was 62 and the average of students` scores after using learning model portfolio was 97.
Based on this analysis result can concluded that using learning model based portfolio to increase the second grade in religion subject at SMP Negeri 2
Mojosari was good done, although there were lacks. That matter was seen when learning process in the classroom was done. It was include of students make questions, their curiosity was increase, they were more diligent when they did their duty.their knowledge was increase and their study results were also increase.
There were several support factors from using of learning model based portfolio.there were: the students` interest of study were high. The excellent students. There were complete facilities and learning source and religion teacher had high professionalism and motivate. Where ares there was a barrier factor in using learning model based portfolio. It is some students had less active in learning process.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Portofolio; Pemahaman Siswa; learning model based portfolio; the students` understanding | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:03 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39461 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |