Rohman, Miftahur (2013) Strategi pembelajaran Aqidah Akhlak dalam internalisasi nilai karakter siswa di MTS Mu’allimin NU Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110019.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Banyak permasalahan pendidikan yang dihadapi sekarang ini, salah satunya adalah krisis moral pada peserta didik ataupun siswa pada umumnya. Sehingga prilaku yang menyimpang dari dari norma-norma sosial telah menjadi budaya yang begitu kental. Seperti mencuri, tawuran, zina, membolos, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk itu Pendidikan Agama Islam khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak sangat ditekankan kepada siswa karena mata pelaaran Aqidah Akhlak merupakan mata pelajaran yang didalamnya memuat tentang budi pekerti dan akhlak mulia yang lebih bertitik tumpu pada pembentukan karakter, diharapkan menjadi perisai pengendali krisis moral, dengan pembelajaran Aqidah Akhlak krisis moral dengan rindakan yang asusila tersebut dapat diatasi. Dan dalam proses pembelajaran aqidah akhlak ini diperlukan strategi-strategi yang tepat sehingga mendapat tempat dihati peserta didik, diminati, dan digemarinya. Dengan bekal ini akan memudahkan guru dalam mengajar dan menanamkan nilai-nilai karakter.
Dalam penelitian ini, Metode yang dipakai oleh penulis adalah menggunakan pendekatan study kasus dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas social, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual atau kelompok. Kehadiran peneliti adalah sebagai seorang pengamat secara penuh. Penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan tiga metode, yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis juga menggunakan teknik analisis data dengan tiga tahapan yakni, reduksi data, display data, dan verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan pemeriksaan sejawat melalui diskusi dan trianggulasi. Adapun tahap-tahap penelitian yang dilakukan yakni tahap pra lapangan, tahap pekerjaan, dan tahap analisis data serta tahap penulisan hasil laporan penelitian.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bisa ditarik kesimpulan bahwasanya strategi pembelajaran Aqidah Akhklak dalam upaya internalisasi nilai karakter siswa di MTs Mu’alimin NU Malang meliputi, 1) strategi diskusi, 2) Strategi Pemecahan Masalah, 3) Strategi Keteladanan, 4) Strategi Pembiasaan. Sedangkan nilai karakter yang dihasilkan dari strategi pembelajaran Aqidah Akhlak diantarnya adalah, 1) rasa keingin tahuan yang tinggi, 2) gemar membaca, 3) berani mengungkapkan pendapat, 4) bertanggung jawab, 5) disiplin dan juga 6)
religius.
ABSTRACT
Many of the problems facing education today one is a moral crisis on the learners or students in General. So cry of deviating from social norms has become a culture that is so thick. Like the stole Brawl adultery ditching and many others. Islamic religious education for that particular lesson on Aqidah Morals are emphasized to students because the lesson of morals is Aqeedah the subjects in it contains about the manners and morals of a more glorious dotted on the establishment of the focal character expected to be the governing moral crisis shield with the learning of moral crisis with the morals of Aqeedah actions that the wanton insurmountable. And in the process of learning the necessary attitudes and aqeedah strategies appropriately so that it gets a place in the hearts of the students interest and Vogue. The provision makes it easy for teachers to teach and instill the values of character
the methods used by the author is using the case study approach to the types of descriptive qualitative study aimed to describe and analyze the phenomena events social activities attitudes beliefs perceptions thoughts of people in individual or group. The presence of the researcher as an observer is in full. The author uses the method of collecting data with three methods namely interview observation and documentation. In this study the author also uses the technique of data analysis with three stages i.e. reduction of data display data and verification. Then checking the validity of the data using the associate examination through discussion and triangular. As for the stages of research conducted the stage of pre- registration field stage work and stages alisis data as well as outcomes research report stage.
Based on the research that has been done can be drawn the conclusion that learning strategies Aqeedah Akhklak character value for the internationalization efforts of the students at MTs Mu’allimin NU Malang include: 1) strategy discussion 2) problem-solving Strategies 3) strategy Example 4) Conditioning Strategies. While the value of the resulting character of learning strategies such as are Morals Aqeedah 1) annual high curiosity 2) an avid reader 3) dares to express an opinion 4) responsible 5) discipline and also 6) religious.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Aqidah Akhlak; Nilai Krakter; : Learning Strategies; Morals; Aqeedah Krakter Value | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:03 | ||||||
Last Modified: | 27 Mar 2023 11:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39460 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |