Winarsih, Titin (2013) Metode pembelajaran perspektif Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim Muta’allim. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu cara agar tercapai tujuan pembelajaran adalah penggunaan metode yang tepat, yaitu sebuah metode yang dapat memberikan pengaruh positif terhadap proses kegiatan belajar mengajar. Selama ini banyak para pendidik yang masih menerapkan metode yang sifatnya monoton sehingga kurang efektif dalam mengaktifkan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, bahkan siswa kurang termotivasi dan merasa tertekan terhadap pembelajaran guru yang selalu menerapkan metode tersebut.
Dari latar belakang di atas, rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran perspektif Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Muta’allim? Bagaimana prinsip-prinsip pembelajaran Az- Zarnuji dalam kitab Ta’lim Muta’allim dan bagaimana bentuk pendekatan pembelajaran Az-Zarnuji? Dari rumusan masalah tersebut peneliti mengambil langkah untuk menganalisis atau meneliti dengan tujuan mengetahui dan memahami metode pembelajaran, prinsip-prinsip pembelajaran dan bentuk pendekatan pembelajaran Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Muta’allim.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research, dengan sumber data primer Ta’lim al-Muta’allim Tariq al-Ta’allum karya Az-Zarnuji. Sedangkan sumber data sekunder meliputi Tafsir Pendidikan Studi Ayat-ayat Berdimensi Pendidikan karangan H. Ahmad Izzan, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, karangan Ahmad Tafsir, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam karya A. Fatah Yasin dan data-data lain yang berupa jurnal-jurnal, majalah dan data-data lain yang membicarakan tentang tema yang dituliskan dalam skripsi ini.
Az-Zarnuji menjelaskan dalam kitab Ta’lim Muta’allim bahwa metode pembelajaran di antara metode menghafal, mencatat, memahami, munadharah, mudzakarah dan mutharabah. Prinsip-prinsip pembelajaran meliputi niat, sungguh-sungguh, berserah diri, dan sikap hormat pada guru. Selain itu juga menjelaskan tentang bentuk pendekatan pembelajaran Az-Zarnuji yaitu memilih guru, teman, bermusyawarah dan langkah-langkah dalam belajar.
Hasil penelitian ini diharapkan mampu menggugah kesadaran umat Islam akan kesesuaian pemikiran tokoh pendidikan Islam dan mengilhami munculnya penelitian yang lebih mendalam dan integral tentang metode pembelajaran.
ABSTRACT
One of the ways to reach the goal of learning is the use of the right method, a method which can provide a positive influence on the process of teaching and learning activities. During this time many educators who still apply methods which is monotone so that less effective in enabling students to undertake teaching and learning activities, students are even less motivated and feel depressed against the learning teacher who always applying such methods.
From the above background, the outlines of issues raised in the study are how the learning perspective method Az-Zarnuji in the Ta’lim Muta’allim’s Book? How the principles of learning Az-Zarnuji in the Ta’lim Muta’allim’s Book and how to shape the approach of Az-Zarnuji’s learning? From that outlines the researchers took steps to analyze or examine with the purpose of knowing and understanding the learning methods, principles of teaching and learning approaches form Az-Zarnuji in the Ta’lim Muta’allim’s Book.
This research is descriptive research library with the type of qualitative research, with the primary data source Ta’lim al-Muta’allim Tariq al-Ta’allum by Az-Zarnuji. While secondary data sources include the interpretation of Tafsir Pendidikan Studi Ayat-ayat Berdimensi Pendidikan by H. Ahmad Izzan, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam by Ahmad Tafsir, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam by A. Fatah Yasin and other data in the form of journals, magazines and other data to talk about the theme of this thesis written in.
Az-Zarnuji explains in the Ta’lim Muta’allim’s book that learning methods between the method of memorization, note, understand, munadharah, mudzakarah and mutharabah. Principles of learning include intention, truly, had submitted themselves, and the attitude of respect for teachers. It also describes the form of the approach of learning Az-Zarnuji are choosing teachers, friends, discussion and steps in learning.
The results of this research are expected to arouse the consciousness of Moeslims about conformity of thought of Islamic education and inspire the emergence of a more in-depth study and integral methods of learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Pembelajaran; Kitab Ta’lim Muta’allim; Learning Methods; the Ta’lim Muta’allim’s book | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:03 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39457 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |