Sari, Meylisa Korena (2013) Implementasi program IMTAQ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas XI SMAN 1 di Ngoro Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Upaya meningkatkan membaca Al-Quran siswa pada hakikatnya tidak sekedar mengarahkan peserta didik pada aspek kognitif saja, akan tetapi pada aspek afektif dan juga aspek psiko,motoriknya. Berkenaan dengan meningkatnya membaca Al-Quran siswa, kegiatan program IMTAQ merupakan salah satu kegiatan yang sangat mendukung untuk memberikan materi keagamaan yang akan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa sehingga akan meningkatkan membaca Al-Quran siswa.
Tujuan dilakukanya penelitian ini, diantaranya adalah Untuk mendeskripsikan perencanaan program IMTAQ dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas XI di SMAN 1 di Mojokerto. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program IMTAQ dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas XI di SMAN 1 di Mojokerto. Untuk mendeskripsikan evaluasi program IMTAQ dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas XI di SMAN 1 di Mojokerto.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data- data yang tertulis atau dari lisan orang, dan pengamatan ketempat lokasi secara langsung sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, disini penulis sertakan dokumentasi yang lengkap dan penguat data penelitian.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwasanya peningkatan membaca Al-Quran siswa kelas XI melalui kegiatan program IMTAQ di SMA Negeri 1 Ngoro Mojokerto dapat dikatakan baik, artinya apa yang direncanakan dan dilaksanakanya sudah sesuai dan sudah dapat berjalan dengan baik. Sehingga hasil dari evaluasinya adalah dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa sehingga akan menjadikan moral keagamaan yang luhur. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang telah mengaplikasikan membaca Al-Quran yang baik dalam kehidupan sehari- hari, khususnya di lingkungan sekolah.
ABSTRACT
The means of increasing students in reading Al Quran is not only lead them to the cognitive aspect but also affective and psycho motoric aspect. The increase of students in reading Al Quran is related to IMTAQ program which support the students in gaining the knowledge about Islamic religion including Iman and Taqwa. So that, it will helps the students in upgrading the Quran reading.
The purposes of this research are that; to describe the IMTAQ program in order to upgrade and increase the reading of Al Quran for students, apply and practice the IMTAQ program for 2nd class students of SMAN 1 Ngoro, Mojokerto , evaluate IMTAQ program in increasing the ability of reading of Holy Quran for 2nd class students of SMAN 1 Mojokerto.
The search approach that is used by the researcher in this study is qualitative. The researcher used the observation, interview, and documentation as the method of data collection. The researcher used descriptive qualitative as the technique of data analysis. There are written and oral data, supervision and monitoring directly in where the program took a place. So, the researcher organized the research by describing all the situation and activities in SMAN 1 Mojokerto. She also enclose the documentation completely.
The result of this research showed that: (1) the IMTAQ Program has 5 steps, there are arranging the work program, material, time, place, fund and the needs facilities to hold the IMTAQ program well. (2) The implementation for IMTAQ program is held on Tuesday 14.00 up to 15.00. The methods for reading the Quran are tartil and iqra’. The media are module and Al Quran. (3) Evaluation is including assessment of daily activities, midterm test, and final test, and also the practice of reading Al Quran for students based on the Tajwid and Makhorj, and also attends to students’ attendance. Evaluation for teacher is discussion on the problems that is faced by the students and teacher in teaching process. The discussion is held on twice in a week with the representative of teacher.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Membaca Al-Quran; siswa; Program IMTAQ; Reading Qoran; Student, IMTAQ Program | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:03 | ||||||
Last Modified: | 11 Jul 2023 09:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39455 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |