Sanjaya, Bagus Budi (2013) Penerapan metode moral reasoning dalam peningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Munakahat kelas XI IPS 2 Semester Genap di MAN Model Bangkalan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu problematika dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam yaitu pada aspek metodologi pembelajaran, guru masih bersifat normatif, teoritis dan kognitif yang mana kurang mampu mengaitkan dengan materi- materi pelajaran yang lainnya. Dalam upaya untuk mengatasi problematika pendidikan tersebut khususnya mata pelajaran Fiqih, para pendidik dituntut untuk selalu meningkatkan diri baik dalam penguasaan materi, pengelolaan proses belajar mengajar dan metode yang dapat mengaktifkan pelaksanaan pembelajaran siswa di kelas. Hal ini dimaksudkan agar para siswa dapat mempelajari Fiqih dengan penuh semangat dan dapat memahami materi yang telah diajarkan.
Penelitian ini berfokus pada 1) Bagaimana pelaksanaan metode Moral Reasoning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Munakahat semester genap kelas XI IPS-2 di MAN Model Bangkalan?2) Bagaimana motivasi belajar siswa melalui penerapan metode Moral Reasoning pada materi Munakahat semester genap kelas XI IPS-2 di MAN Model Bangkalan? Dengan tujuan, 1) Untuk mengetahui pelaksanaan metode Moral Reasoning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Munakahat semester genap kelas XI IPS-2 di MAN Model Bangkalan. 2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa melalui penerapan metode Moral Reasoning pada materi Munakahat semester genap kelas XI IPS-2 di MAN Model Bangkalan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai (diperoleh) dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau dengan cara-cara lain dari kuantifikasi (pengukuran). Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode moral reasoning terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS-2 dalam materi Munakahat. Hasil motivasi belajar tersebut terlihat dari bertambahnya semangat dan keaktifan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Digambarkan pada
siklus I point siswa adalah 78,07 %, dan siklus II adalah 90,38 %.
ABSTRACT
One of the problems in the implementation of the education of islam that is on the methodology of learning, the teacher is still in normative, theoretical and cognitive which less able to associate with the materials a lesson that other. In an effort to overcome the problems of education process, especially subjects educators are required to always raise oneself matter, either in the mastery the management of learning process and methods could activate the implementation of the teaching in the classroom. This matter is intended to make the students can learn process with full of spirit and can understand the material that has been taught.
This research focused on 1 ) how the implementation of a method of moral reasoning to increase the motivation learn students on any material munakahat first half of the class XI IPS-2 in Man Model Bangkalan? 2 ) how motivation learn students through the application of a method of moral reasoning on any material munakahat first half of the class XI IPS-2 in Man Model Bangkalan? With purpose, 1 ) to know the implementation of a method of moral reasoning to increase the motivation learn students on any material munakahat first half of the class XI IPS-2 in Man Model Bangkalan. 2 ) to know the motivation learn students through the application of a method of moral reasoning on any material munakahat first half of the class XI IPS-2 in Man Model Bangkalan
Researchers used in this research qualitative approach, research that yields a qualitative is the kind of research findings that cannot be achieved ( obtained ) by using procedures the statistics or with other techniques of the quantification ( measurements ). While the kind of research used is research the act of a class ( classroom action research ).
The result showed that the implementation of a method of moral reasoning proved to be increase the motivation learn a student XI IPS-2 in any material munakahat. The result of motivation learn was seen from increasing spirit and liveliness learn students in follow the process of learning. Is described on a cycle i point students are 78,07 %, and the cycle ii is
90,38 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahyuni, Esa Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Moral Reasoning; Motivasi Belajar; Materi Munakahat; Moral Reasoning Methods; Learning Motivation; Munakahat Material | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:03 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39453 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |