Fauzi, Muhammad (2013) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110247.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ketiadaan minat suatu mata pelajaran menjadi pangkal penyebab kenapa anak didik tidak bergeming untuk mencatat apa-apa yang telah di sampaikan oleh guru. Itulah sebagai pertanda bahwa anak didik tidak mempunyai motivasi untuk belajar. Ketiadaan motivasi ini merupakan masalah yang memerlukan bantuan yang tak bisa di tunda-tunda. Guru harus memberikan suntikan dalam bentuk motivasi. Sehingga dengan bantuan itu anak didik dapat keluar dari kesulitan belajar.
Berpijak dari permasalahan di atas, penulis perlu mengadakan penelitian mengenai upaya Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Malang. Adapun tujuan di adakan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama islam dan untuk mengetahui factor-faktor yang menghambat guru PAI dalam memotivasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Malang.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, interview, dokumentasi. Dalam analisis data ini penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis ini bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau fenomena yang ada di lapangan dengan di pilah- pilah secara sistematis menurut kategorinya dengan menggambarkan bahasa yang mudah dicerna dan di pahami oleh masyarakat umum.
Dari hasil penelitian yang di lakukan peneliti disini ditemukan bahwa upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Malang adalah dengan: mengadakan kompetisi, memberi angka atau nilai, memberikan tugas, mengadakan ulangan atau ujian, memberikan ganjaran atau imbalan, menumbuhkan minat siswa, menjelaskan tujuan akhir dari materi. Sedangkan untuk faktor-faktor yang menghambat guru PAI dalam memotivasi belajar siswa adalah: pengaruh dari teman sepergaulan, kondisi fisik atau psikis siswa, kondisi lingkungan tempat tinggal siswa, kondisi keluarga siswa.
ABSTRACT
The lack of interest to a certain lesson is a root cause of why the educated children do not take note any materials delivered by teacher. It signalizes that the educated children do not have motivation to learn. The absence of learning represents a problem that needs immediate solution. Teachers must inject a certain dose of motivation. Through this aid, the educated children may get out from their learning difficulty.
Considering this as the problem, the author attempts to do a research on PAI (Pendidikan Agama Islam) Teachers who have worked for improving learning motivation of students to Islam Education Lesson at MTs Raudlatul Ulum Karangploso Malang. The objectives of research are to describe the effort of religion teachers to improve learning motivation of students to Islam Education and to understand the factors constraining PAI Teachers to improve learning motivation of students to Islam Education at MTs Raudlatul Ulum Karangploso Malang.
Research uses qualitative approach. Data collection techniques are observation, interview and documentation. The analysis method is qualitative descriptive analysis which is aimed at describing the condition or the phenomenon in the field which is sorted systematically based on the category by describing it through explainable or understandable language to the common people.
Result of research indicates that PAI Teachers have worked on some efforts to improve learning motivation of students to Islam Education at MTs Raudlatul Ulum Karangploso Malang. These efforts include organizing a competition, giving grade or mark, giving assignment, giving exam or test, deciding on punishment or reward, growing the interest of students, and explaining the final goal of the material. Factors constraining PAI Teachers to improve learning motivation of students are the bad influence from other students or friends, weak physical or mental conditions of students, poor environment around students’ house, and unfavorable condition of students’ family.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | upaya guru PAI; motivasi belajar; mata pelajaran PAI; PAI Teachers; learning motivation; PAI lesson | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:03 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39451 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |