Fausi, Fausi (2013) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan Al-Akhlak Al-Karimah siswa di MAN Model Bangkalan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Adanya pendidikan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan keluarga, lingkungan masyarakat, dirinya sendiri maupun kehidupan bangsa dan Negara. Pendidikan berupaya mendidik manusia yang mempunyai ilmu pengetahuan dan ketrampilan dan juga disertai dengan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT, sehingga dia akan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimilikinya untuk kebaikan masyarakat dan akan bermanfaat kepada semua orang.
Usaha Pembinaan akhlakul karimah yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam disekolah sesungguhnya tidak lain adalah untuk mengatasi dan menanggulangi serta mencegah terjadinya kenakalan remaja dan membentuk pribadi yang berbudi pekerti yang luhur.
Adapun yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :1.Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di MAN Model Bangkalan, , 2. Untuk mendeskripsikan peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MAN Model Bangkalan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan dan penggambaran secara menyeluruh, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu Observasi, Interview dan Dokumentasi. Untuk mendukung pemaparan data, penulis juga menyertakan berbagai lampiran yang terkait dengan penelitian ini.
Adapun peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa dilaksanakan melalui : 1. Membina akhlak siswa melalui fasilitator dan ketauladanan guru,
2. Nasehat dan pengawasan dan kerjasama dengan wali murid, 3. Membiasakan hidup berakhlak
mulia. Sehingga Peran Guru PAI dalam pembinaan akhlakul karimah siswa dapat terwujudkan yang bersumber pada nilai-nilai Islam yang berupa aqidah, syari’ah. akhlakul karimah dapat terwujud dengan mentauhidkan Allah SWT, beribadah kepada Allah SWT, Uhkhuwah Islamiyah, kekeluargaan dan kebersamaan. keihklasan dan pengorbanan, dan hidup berdisiplin.
ABSTRACT
Education is an important factor in human life. The education cannot be separated from family life, the community, itself or life of the nation. Education to educate men who have science and skills and also accompanied by faith and taqwa to allah swt, that he would harness science and their skills for good public and be useful to everybody.
Karimah akhlakul Coaching efforts carried out by the Islamic religious education teachers in all schools is indeed none other is to address and tackle and prevent the occurrence of juvenile delinquency and the personal ethical form that is sublime.
As for that to be achieved in this research are: 1. to describe the implementation of Islamic education in Bangkalan, models of MAN, 2. To describe the role of teacher of Islamic education in
coaching akhlakul karimah students in Bangkalan Model MAN.
This research uses descriptive qualitative approach, with a descriptive qualitative analysis techniques, namely in the form of the exposure and the portrayal of thoroughly, both written and oral
examination of objects that exist in the institution. In the process of data collection, the author uses several methods, namely, observation, Interview and documentation. To support the exposure data, the
authors also include a variety of attachments that are associated with this research.
As for the role of teacher of Islamic education in coaching akhlakul karimah students implemented through: 1. Foster the morals of students through teacher facilitator and lead by example, 2.
Advice and monitoring and cooperation with caregivers, 3. Familiarize the noble character of life. So the
role of Guru PAI akhlakul karimah in coaching students can be realized are sourced on Islamic values in the form of ' aqeedah (belief), syari% u2019ah. karimah akhlakul can be realized with the ALMIGHTY willed, worship to God Almighty, Uhkhuwah Islamiyah, of family and togetherness. sincerity and sacrifices, and to live disciplined.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Guru Pendidikan Islam; Akhlakul Karimah; the role of islamic education teachers; akhlakul karimah | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:03 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39450 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |