Fajarinta, Eni Nur (2013) Implementasi strategi pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI kelas X Multimedia 1 SMK Negeri 1 Nguling Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting sehingga dalam mendesain suatu pembelajaran dibutuhkan kriatifitas seorang guru, banyak kritik terhadap pelaksanaan pendidikan agama yang sedang berlangsung di sekolah, bahwa PAI di sekolah lebih bersifat verbalistik dan formalis atau merupakan tempelan saja. Metodologi pendidikan agama tidak kunjung berubah sejak dulu hingga sekarang, sehingga menyebabkan tidak adanya motivasi siswa untuk belajar materi-materi PAI dan prestasi belajar siswa menjadi rendah. Berawal dari latar belakang tersebut penulis tertarik untuk membahasnya dalam skripsi, dengan mengambil judul ”Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Student Team achievement Devision (STAD) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI Kelas X Multimedia 1 SMK Negeri 1 Nguling Pasuruan”.
Adapun pokok permasalahan yang diteliti yaitu, Bagaimana penerapan strategi pembelajaran kooperatif modelSTAD dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di Kelas X Multimedia 1 SMK Negeri 1 Nguling Pasuruan? Bagaimana prestasi belajar siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran kooperatif model STAD dalam mata pelajaran PAI di Kelas X Multimedia 1 SMK Negeri 1 Nguling Pasuruan?
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pembelajaran dengan strategi pembelajaran STAD untuk meningktakan prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa dan juga mendeskripsikan dan menganalisis prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa dalam kelas X Multimedia
1 setelah diterapkan strategi pembelajaran STAD untuk meningkatkan prestasi belajar di SMK Negeri 1 Nguling Pasuruan.
Penelitian ini dilakukan di kelas X Multimedia 1 SMK Negeri 1 Nguling Pasuruan. Dengan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan interview, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif karena pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan bentuk siklus berulang yang didalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu perencanaan tindakan (planing), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting) dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai (kriteria keberhasilan).
Berdasarkan pengamatan peneliti aktivitas siswa yang dilakukan dalam setiap siklus, persentase rata-rata aktivitas siswa belajar di kelas dalam strategi pembelajaran STAD menunjukkan peningkatan dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari tingkat kelulusan siswa pada pretes sebesar 27,03%, siklus I sebesar
54,03%, siklus II sebesar 86,48%. Jadi tingkat peningkatan dari prestasi belajar pre tes ke siklus 1 sebesar 27% dan dari pre tes ke siklus II yaitu 59.45%. Untuk itu hemat peneliti adalah terbukti meningkatnya prestasi belajar siswa kelas X Multimedia 1 dengan implementasi strategi pembelajaran PAI di SMK Negeri 1
Nguling Pasuruan.
ABSTRACT
Education is a very important requirement in designing a learning that takes kriatifitas a teacher, a lot of criticism of the implementation of the ongoing religious education in school, that school is more PAI verbalistic and formalist or a patch only. Methodology of religious education not being changed since then and now, thus causing the lack of student motivation to learn PAI materials and student achievement is low. Starting from this background, the authors are interested to discuss the thesis, by taking the title "Implementation Strategies Cooperative Learning Team Student Achievement devision (STAD) to Improve Student Achievement in PAI Lesson Class X Multimedia 1 SMK State 1 Nguling Pasuruan".
As for the subject matter under study is, How does the application of cooperative learning strategies modelSTAD in improving student achievement subjects PAI in Class X Multimedia 1 SMK State 1 Nguling Pasuruan? How student achievement after the implementation of cooperative learning strategy STAD model in PAI subjects in Class X Multimedia 1 SMK State 1 Nguling Pasuruan?
The purpose of this study is to describe and analyze the application of learning with the learning strategy STAD to drive the learning achievement of students subjects PAI and also describe and analyze the learning achievement of students subjects PAI in class X Multimedia 1 after learning strategy STAD implemented to improve student achievement in SMK State 1 Nguling Pasuruan.
The research was conducted in class X Multimedia 1 SMK State 1 Nguling Pasuruan. With the design of classroom action research (Classroom Action Research). Data was collected using interviews, observation and documentation. Analysis file was performed by descriptive qualitative because the approach used was qualitative research. Classroom action research was conducted form repeating cycle in which there are four main phases of activity, the action plan (planing), action (action), observation (observation) and reflection (reflecting) and so on until the repairs or improvements are expected to be achieved (success criteria ).
Based on observations of student research activities are carried out in every cycle, the average percentage of student learning activities in the classroom learning strategy STAD show quite well improvement. It can be seen from the graduation rate of students in the pretest was 27.03%, 54.03% for the first cycle, the second cycle of 86.48%. So the increase in the level of achievement pre-test to
1 cycle of 27% and from pre-test to the second cycle is 59.45%. For researchers it is proven to increase saving student achievement of class X Multimedia 1 with PAI learning strategy implementation in SMK State 1 Nguling Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran Kooperatif Model STAD; Prestasi Belajar; PAI; Cooperative Learning Strategy STAD; Learning Achievement; PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:02 | ||||||
Last Modified: | 14 Jun 2023 10:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39448 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |