Hafidhoh, Normalinda Dewi (2013) Implementasi pendidikan karakter terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Soko Tuban. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter
kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan YME, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi Insan kamil. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ialah suatu proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar dengan usaha-usaha tindakan dan bimbingan yang dilakukan secara sadar dan disengaja serta terencana yang mengarah pada terbentuknya kepribadian anak didik yang sesuai dengan norma-norma yang ditentukan oleh ajaran agama.
Sekolah Menengah Atas merupakan salah satu lanjutan dari pendidikan dasar. Di sini, peran pendidikan karakter di sekolah menengah sangatlah dibutuhkan dalam membentuk kepribadian seseorang.
Rumusan masalah yang menjadi fokus pembahasan ini meliputi: 1) Apa saja nilai-nilai karakter yang dikembanhkan dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Soko Tuban; 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Soko Tuban; 3) Bagaimana dampak pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku siswa-siswi di SMA Negeri 1 Soko Tuban.
Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui nuilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Soko Tuban; 2) Mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Soko Tuban; 3) Mengetahui dampak pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku siswa-siswi di SMA Negeri 1 Soko Tuban.
Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk proses analisis, penulis menggunakan langkah-langkah editing data, kategorisasi dan penafsiran data. Adapun untuk mengecek keabsahan data, penulis menggunakan teknik ketekunan pengamatan, kecukupan referensial, dan triangulasi. Selain itu untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lokasi penelitian, di sini penulis sertakan gambar dan lampiran sebagai pelengkap data.
ABSTRACT
Character education is a system of cultivation of character values to the school community, which includes knowledge, awareness or volition, and actions to implement those values, both against Almighty God, ourselves, others, the environment, and thus be Insan kamil nationality. Learning Islamic Education is a process of interaction with educators and learners learning resources in a learning environment with the efforts and guidance of action of conscious and deliberate and planned which lead to the formation of the personality of the students in accordance with the norms prescribed by the religious teachings.
High School is one of the advanced primary education. Here, the role of character education in high school is needed in shaping one's personality.
Formulation of the problem is the focus of this discussion include: 1) What are the values of character that dikembanhkan in Islamic education in SMA Negeri 1 Soko Tuban; 2) How does the implementation of character education in learning Islamic education in SMA Negeri 1 Soko Tuban; 3) How does the impact of the implementation of character education in learning Islamic education to the students behavior in SMA Negeri 1 Soko Tuban.
The objectives of this study were: 1) To determine the value nuilai-
developed character in the learning of Islamic Education in SMA Negeri 1 Soko Tuban; 2) Knowing the implementation of character education in learning Islamic education in SMA Negeri 1 Soko Tuban; 3) Knowing the impact of the implementation of character education in learning Islamic education to the students behavior in SMA Negeri 1 Soko Tuban.
The author's research includes descriptive qualitative research. In the process of collecting data, the writer used observation, interview, and documentation. For the analysis, the authors use data editing steps, categorization and interpretation of data. As for checking the validity of the data, the authors use the technique of observation perseverance, referential adequacy, and triangulation. In addition to supporting the description of the actual state of the research sites, here the authors include images and attachments as supplementary data.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Sekolah Menengah Atas; Character Education; Learning Islamic Education; High School | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:00 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39440 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |