Sriwulan, Lilik (2013) Penggunaan media Autoplay dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 9 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Semakin sadarnya orang akan pentingnya media yang membantu pembelajaran sudah mulai dirasakan. Pengelolaan alat bantu pembelajaran sangat dibutuhkan. Bahkan pertumbuhan ini bersifat gradual. Selain itu, dengan semakin meluasnya kemajuan di bidang komunikasi dan teknologi, maka pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran semakin menuntut adanya media pendidikan yang bervariasi. Fungsi media menurut hamalik adalah dapat membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar. Salah satu dari hasil perkembangan teknologi adalah Autoplay yang memiliki fasilitas dalam mempublikasikan file eksekusi dan mempermudah untuk mempergunakannya.
Berasal dari pemikiran tersebut, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “Penggunaan Media Autoplay dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 9
Surabaya”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian- kajian reflektif, partisipatif dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data-data informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas.
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan penggunaan media Autoplay dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 9 Surabaya, (2) Bagaimana tingkat keberhasilan penggunaan media Autoplay dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 9
Surabaya.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan media Autoplay dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklusnya dilaksanakan selama 2 kali pertemuan (4 JP). Pada siklus pertama materi yang diajarkan adalah materi tentang hukum taklifi, yang sudah disajikan dalam media Autoplay beserta media interaktif lainnya yang juga dijadikan satu dalam media Autoplay. Kemudian pada siklus kedua materi yang diajarkan adalah tentang hikmah ibadah dan dengan menggunakana media yang sama. 2) tingkat keberhasilan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media Autoplay sudah cukup optimal. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memperhatikan pelajaran serta meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Jadi dengan menggunakan media Autoplay motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dapat meningkat.
ABSTRACT
People become more aware to the importance of the media that help the learning. Management of learning tools are needed. Even this development is gradual. Furthermore, with the ever-expanding advances in the field of communication and technology, the implementation of educational activities and teaching are increasingly demanding the varying educational media. According to Hamalik, the function of media is to be able to encourage motivation and stimulation of learning activities. One of the results technology development is Autoplay. It has publisher fasility to publish execution file and easier to use it.
In this case, the resercher interested to conduct the research about “The Using of Autoplay Media in Encouraging Student Motivation in the Subject of Islamic Studies in SMK N 9 Surabaya”. This research applied qulitative approach Classroom Action Research (CAR) types. To obtain and analyze the data are from reflective studies, participatory, and collaborative. The development of the program based on students, teachers, and social setting class’s information data. All of them can be optained through two stages of classroom action research.
Research problems in this study were (1) How does the process of implementing the use Autoplay media in increasing students 'motivation on Islamic subject in SMK N 9 Surabaya, (2) How is the level of success using Autoplay media in increasing students' motivation in subject PAI in SMK N 9
Surabaya.
The results of the research can be concluded that: 1) the implementation of Islamic learning using Auto play media held for 2 cycles. Each cycle was carried out during 2 meetings (4 JP). In the first cycle, the material is Taklifi law, which has been presented in Auto play and other interactive media. They are also put together became one in an autoplay medium as well. In the second cycle, the material is the wisdom by using current worship and the same media. 2) The success rate of students' motivation by using Auto play media is quite optimal. It can be seen from the number of student who pay attention and the development of sudent’s learing result in each cycle. So, student’s learning motivation at Islamic Studies can increased by using Autoplay media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyono, Mulyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Autoplay; Motivasi Siswa; AutoPlay Media; Students’ Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:00 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39439 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |