Nurhayati, Arfia (2013) Peranan kegiatan tadarus pada pondok ramadhan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas XII SMA Al-Hikmah Muncar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110255.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pondok Ramadhan sebagai alternatif pengembangan materi pendidikan agama Islam di lembaga formal mendapatkan respon positf dari pemerintah pusat selaku pemegang kendali stabilitas nasional suatu negara. Hal ini terlihat dari adanya undang-undang yang mengatur tata pelaksanaan pondok Ramadhan. Oleh karena itu pembinaan moral yang dilakukan melalui kegiatan pondok Ramadhan perlu ditinjau lebih cermat tingkat efektifitas dan efisiensinya.
Dengan adanya pelaksanaan kegiatan tadarus, maka siswa mempunyai bekal yang cukup untuk menghadapi tuntutan agama dan membentengi dirinya dari berbagai pengaruh negatif. Kekurangan jam pelajaran serta terbatasnya materi pendidikan agam islam yang diberikan dianggap sebagai penyebab utama timbulnya para pelajar dalam memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agama islam.
Adapun yang menjadi fokus dari studi ini adalah mencari keterangan sedetail-detailnya tentang pelaksanaan pondok Ramadhan di SMA Al-Hikmah Muncar, yang penulis jabarkan dalam rumusan masalah berikut ini: (1) Pelaksanaan kegiatan tadarus AL-Qur’an di SMA AL-Hikmah, (2) Peranan Kegiatan tadarus AL-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an siswa kelas XII SMA (3) Faktor pendukung dan penghambat kegiatan Tadarus Al-Qur’an di SMA.
Dan tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiataan tadarus AL-Qur’an di SMA Al-Hikmah; (2) Untuk mengetahui peranan kegiatan tadarus AL-Qur’an (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Kegiatan tadarus Al-Qur’an di sekolah umum.
Disamping itu, pembahasan skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk memperoleh data dengan menggunakan pengumpulan data yang meliputi metode observasi, interview, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan tadarus Al-Qur’an di SMA Al-Hikmah Muncar sebagai penunjang terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan mengacu pada pencapaian visi dan misi untuk pengembangan nilai, moral, etika, dan estetika yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan pengalaman-pengalaman pada peserta didik. Hal ini dikarenakan kegiatan tadarus tadarus bertujuan untuk mengembangkan wawasan dan meningkatkan pengetahuan bacaan Al-Qur’an bagi siswa. Diantara kegiatan tersebut adalah belajar tajwid, membaca dengan tartil, dan lain sebagainya.(2) faktor kendala dalam kegiatan tadarus yaitu: adanya siswa yang memang benar- benar belom mengetahui tentang bacaan atau membaca Al-Qur’an, kurangnya motifasi. sedangkan yang mendukung terlaksananya kegiatan Tadarus ini adalah adanya tata tertib yang mendukung, program yang terarah kepada penanaman nilai-nilai agama, semangat siswa, dan sarana prasarana yang mendukung.
ABSTRACT
Pondok Ramadhan as an alternative material development of Islamic Education in formal institution obtains the positive response from the central government as the licencee of a country's national stability control. This is seen from the laws that organize the implementation of Pondok Ramadhan. Hence, the effectiveness and the efficiency of Pondok Ramadhan activity as a moral building need to be observed more carefully.
Through this Tadarus activity, the students have enough provision to face the religion’s demands and fortify themselves from the negative influences. The inadequacy of lesson’s time and the limited Islamic educational materials given is considered as the main cause of the difficulties the students in understanding, comprehending, and applying religion’s precept.
As the focus of this study is to seek the detail information as much as, about the implementation of Pondok Ramadhan in Al-Hikmah Muncar High School, which researcher described in the following research problems: (1) the implementation of Tadarus Al-Qur’an activity in Al-Hikmah High School, (2) the role of tadarus Al-Quran activity in improving the ability of students class XII to read Al-Quran, (3) supporting and inhibiting factors of Tadarus Al-Qur’an activity in Al-Hikmah High School.
And objectives of this study are: (1) To determine the implementation of Tadarus Al-Qur’an activity in Al-Hikmah High School, (2) To determine the role of tadarus AL-Quran activity, (3) To know the supporting and inhibiting factors of tadarus Al-Qur'an activity in public High Schools.
In addition, the discussion of this thesis uses descriptive qualitative method. Whereas to obtain data using a data collection method that includes observation, interviews, and documentation.
The result shows that: (1) tadarus Al-Qur'an activity in Al-Hikmah Muncar High School as a support toward the process of Islamic education learning by referring on the vision and mission achievement for the development of values, morals, ethics, and aesthetics that are very influential to the students’ experiences development. This is because tadarus activity has the aim to develop and increase the knowledge in reciting Al- Quran for students. Among these activities are to learn Tajweed, read with Tartil, and so forth. (2) The inhibiting factors in tadarus activities are: there is the student who has not already known about the way to recite Al-Qur’an, and a lack of motivation. While the supporting factors in implementation of tadarus Al-Qur’an activity are there is the supporting regulation, directed program to the cultivation of religious values, , the spirit of the students, and supporting infrastructure.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peranan; Tadarus; Kemampuan Membaca Al-Qur’an; Roles; Tadarus; Al-Quran Reading Ability | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:00 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39435 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |