Nurmansyah, Farid Afri (2013) Pembelajaran berbasis multimedia dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 8 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110258.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Guru memegang peranan penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Tugas guru adalah menyampaikan materi pelajaran kepada siswa melalui interaksi komunikasi yang menarik. Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sangat tergantung pada kelancaran interaksi komunikasi antara guru dan siswa.
Penelitian ini peneliti menggunakan metode pembelajaran berbasis multimedia. Yakni, sebuah metode pembelajaran di sekolah yang mengandalkan berbagai kombinasi media pembelajaran yang berperan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. Pembelajaran berbasis multimedia diperlukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dan juga membantu guru dalam menyampaikan meteri pelajaran secara efektif, menarik dan tidak monoton.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Malang, dengan objek penelitian siswa kelas X-7. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini secara khusus adalah; 1) untuk mengetahui bagaimana penggunaan multimedia pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 8 Malang; 2) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran berbasis multimedia dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 8 malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terbatas pada penggunaan pembelajaran berbasis multimedia dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa yang pada akhirnya diharapkan mampu memberikan pemahaman yang mendalam tentang penggunaan multimedia bagi guru dan pembaca. Penelitian ini dibagi menjadi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Untuk mengetahui peningkatan efektifitas belajar siswa kelas x pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan multimedia, peneliti melakukan penelitian terdiri dari 3 siklus dan 3 kali pertemuan. Pre test dilakukan sebelum diberi tindakan. Adapaun post tes dilakukan ketika sudah diberi tindakan. Hasil membuktikan pada waktu siklus I dari pre test efektifitas belajar siswa sebesar 24 meningkat menjadi 27 dan hasil belajar siswa yang semula nilai rata-rata kelas dari pre test sebesar 64,08 meningkat menjadi 71,28. Sedangkan pada siklus II efektifitas belajar mengalami peningkatan yakni dari siklus I sebesar 27 meningkat menjadi 31 dan hasil belajar nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 71,28 meningkat menjadi 77,63 dan sedangkan pada siklus III efektifitas belajar mengalami peningkatan yakni dari siklus II sebesar 31 meningkat menjadi 37 dan hasil belajar nilai rata-rata siswa pada siklus II sebesar 77,63 meningkat menjadi 80,78 di siklus III.
ABSTRACT
Teachers play important role in the learning success. The duty of teachers is delivering the lesson to students through attractive interaction of communication. The success of teachers in delivering the material depends on the smoothness of interaction of communication between teachers and students.
Multimedia-based learning method is proposed in this research. It is a learning method at school which relies on the combination of various learning media which help students with learning difficulty. Multimedia-based learning is needed to deal with the learning difficulty of students and to help teachers in delivering lesson material in effective, attractive and less monotonous manners.
Research is conducted at SMAN 8 Malang. The object of research is Grade X-7 Students. The objectives of research are (1) to understand how the use of multimedia is in PAI lesson for Grade X Students at SMAN 8 Malang; and (2) to describe the implementation of multimedia-based learning to improve learning effectiveness of Grade X Students in PAI Lesson at SMAN 8 Malang.
The approach of research is qualitative descriptive approach, while research type is Classroom Action Research. This research is focused on multimedia-based learning to improve learning effectiveness of students, and therefore, this research also delivers deep understanding about how to use multimedia to teachers and readers. Four stages are included in this research such as planning, implementation, observation and reflection.
The improvement of learning effectiveness of Grade X Students in PAI Lesson through the use of multimedia can be understood in this research with 3 cycles and 3 times meeting. Pretest is carried out before action. Posttest is conducted after action. Result indicates that at cycle I, learning effectiveness of students is increased from 24 to 27, and the learning result of students based on student average mark is also increased from 64.08 to 71.28. At cycle II, learning effectiveness improves from that of cycle I, from 27 to 31, and the learning result based on student average mark is also improved from that of cycle I, from 71.28 to 77.63. At cycle III, learning effectiveness also improves from that of cycle II, from 31 to 37, and the learning result based on student average mark is also improved from that of cycle II, from 77.63 to 80.78.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran; Multimedia; Efektifitas Belajar; Learning; Multimedia; Learning Effectiveness | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:00 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39434 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |