Roziqoh, Mamlu'atur (2013) Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa program akselerasi pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Malang 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110260.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Multimedia interaktif merupakan gabungan dari beberapa media yang berupa teks, gambar (vektor atau bitmap), grafik, sound, animasi, video interaksi, dll. yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: aplikasi Al Qur’an Digital, media power point interaktif, aplikasi game, dll.
Secara umum manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan multimedia interaktif adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Jadi, siswa tidak hanya memperhatikan media atau objek saja, melainkan juga dituntut untuk berinteraksi selama mengikuti pembelajaran.
Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan mengambil judul “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Program Akselerasi Pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits di Madrasah Aliyah Negeri Malang 1”.
Sesuai dengan deskripsi singkat tentang fenomena yang dipaparkan pada latar belakang, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut:“Bagaimana penggunaan multimedia interaktif pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits program akselerasi di MAN Malang 1?; Bagaimana hasil belajar siswa program akselerasi pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MAN Malang 1?; Adakah pengaruh yang signifikan dari penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa program akselerasi pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MAN Malang 1?” Penelitian ini merupakan penelitian dekskiptif korelasional, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif . Metode pengumpulan data adalah metode observasi, kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa program akselerasi kelas X dan XI dengan jumlah 42 siswa. Analisis data menggunakan statistik diskriptif dan regresi linier sederhana.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penggunaan multimedia interaktif pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di program akselerasi Madrasah Aliyah Negeri Malang 1 tergolong rendah yaitu 40,5 %. Hasil belajar siswa program akselerasi pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MAN Malang 1 memiliki hasil belajar yang bagus dengan frekuensi 11 atau persentase 26,2%. Dan untuk pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa program akselerasi pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MAN Malang 1, berdasarkan hasil analisis korelasi Product Moment Pearson dapat tergolong sangat rendah, kontribusi yang diberikan dari penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa sebesar 2,6% dan sisanya 97,4% ditentukan oleh variabel lain, dan ini dapat dikatakan tidak ada pengaruh yang signifikan di antara dua variabel. Hasil pengujian ANOVA dengan menggunakan uji F, memperlihatkan bahwa nilai F tabel: 4,08 lebih besar daripada F hitung: 1,055 dan nilai Sig lebih besar pula daripada alpha (0,05), maka kesimpulan yang dapat diambil adalah menerima Ho yang berarti koefisien korelasi tidak signifikan secara statistik. Kesimpulannya, tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa program akselerasi pada mata pelajaran Al Quran Hadits Madrasah Aliyah Negeri Malang 1.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan dan masukan bagi pengelola lembaga pendidikan yang menggunakan Multimedia Interaktif dalam pembelajaran agama terutama Al Quran Hadits.
ABSTRACT
Interactive multimedia is considered as the slight fusion of some Medias regarding texts, images (vector or bitmap), graphic, sound, animation, videos, interaction, etc. Those, then, are mixed as digitized files utilized to distribute messages to publics completed by controlling devices operated by the users for the purpose of users’ ability to determine the aims for the next processes. The examples are: Digitizes Al Qur’an, interactive power point slides, applicative games, etc.
In general, the primary advantage of using interactive multimedia is to influx the interaction of both teachers and students to be more effective and efficient. Thus, students do not only pay attention to object or media, but also to interact during learning and teaching process.
Based upon those aforementioned backgrounds, the writer then aims to discuss within a thesis titled “The Effects of Interactive Multimedia usage to the results of study among students of accelerated program class within the study of Quran and hadith in The State Religious School of Malang 1 (MAN 1 Malang)”.
As described shortly about phenomenon exposed on the backgrounds, problems found are then formulated as “How is the use of interactive multimedia to the study of Quran and Hadith in accelerated program of MAN 1 Malang?; is there found a momentous influences of using interactive multimedia to the study of Quran and Hadith in accelerated program of MAN 1 Malang?” This research is portrayed as correlational descriptive with the use of quantitative approach. The collecting data methods are through observing, questioning, interviewing, and documenting. The subjects of research are students of accelerated class program in grade X and XI with the amount of 42 students. The data used are descriptive statistics and modest linier regression.
Result of the research shows that: Interactive Multimedia usage among students of accelerated program class within the study of Quran and hadith in The State Religious School of Malang 1 (MAN 1 Malang) is under the ratio with the amount of 40,5%. The result of study of students in accelerated program class within the study of Quran and hadith in The State Religious School of Malang 1 (MAN 1 Malang) has a good result with the frequent of 11 or 26,2%. The influences of interactive multimedia for students of accelerated program class within the study of Quran and hadith in The State Religious School of Malang 1 (MAN 1 Malang), based on the correlation analysis of Product Moment Pearson could be possibly regarded as under the expectation with 2,6% and the rest 97,4% determined by other variables which means no noteworthy effect between two variables. As what is examined by ANOVA with F form, the score of F table: 4,08 is bigger than F accounting : 1,055 and Sig score is bigger than alpha (0,05). In short, the research accepts Ho which means correlation coefficient is not (statistically) stated ominously. It can be conclude that no positive influences to the result of students of accelerated program class within the study of Quran and hadith in The State Religious School of Malang 1 (MAN 1 Malang).
The upshot of this research is to create it as the additional knowledge and suggestion for those who manage the educational institute who own interactive multimedia in the study of religion, mainly Quran and Hadith.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Multimedia Interaktif; Hasil Belajar Siswa; Interactive Multimedia; Students’ Learning Results | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:00 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39430 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |