Zahro', Latifatus (2013) Penerapan kurikulum berbasis Compact System pada program kelas akselerasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kras Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Kepedulian pemerintah mengenai pentingnya pendidikan semakin meningkat, hal ini dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, salah satunya yaitu pemerintah telah memberi perhatian khusus kepada anak cerdas istimewa yaitu anak- anak yang memiliki kecerdasan luar biasa dan bakat istimewa dengan membuka program kelas akselerasi (percepatan belajar). Tetapi mengingat kurikulum merupakan komponen yang penting dalam pendidikan, pemerintah belum menetapakan secara khusus kurikulum yang dipakai dalam program kelas akselerasi sehingga tiap- tiap pihak sekolah yang menyelenggarkan kelas akselerasi memodifikasi kurikulumnya sendiri yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan siswanya, hal ini memang sudah diatur dalam pedoman penyelenggaraan akselerasi. Hal inilah yang mendasari MTsN Kanigoro menyusun kurikulumnya sendiri dengan menerapkan sebuah sistem baru yang diberi nama Compact System.
Fokus penilitian ini adalah membahas secara lengkap mengenai penerapan kurikulum berbasis Compact System yang bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana perumusan model kurikulum berbasis Compact System pada program kelas akselerasi di MTsN Kanigoro, dan (2) Mengetahui bagaimana penerapan Compact System pada program kelas akselerasi di MTsN Kanigoro. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif artinya mengolah data dan mendeskripsikan keadaan sesuai dengan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa: (1) Perumusan model kurikulum berbasis Compact System didasarkan pada pengembangan kurikulum berdiferensiasi dengan cara modifikasi kurikulum KTSP dan muatan lokal, modifikasi tersebut terdiri dari: modifikasi alokasi waktu, modifikasi materi, modifikasi sarana prasarana, modifikasi lingkungan belajar, dan modifikasi pengelolaan kelas, modifikasi dilakukan sesuai dengan kondisi lingkungan, kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai oleh madrasah, (2) Penerapan kurikulum berbasis Compact system dapat dilihat dari segi pelaksanaan proses pembelajaran. Mulai dari proses awal hingga akhir yaitu: rekrutmen dan seleksi peserta didik, pengorganisasian kelas, pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler (Life Skill), dan pelaporan hasil belajar.
ABSTRACT
Government concern about the increasing importance of education, it can be seen from various perspectives, one of which is the government has given special attention to the smart kids are special kids who have extraordinary intelligence and special talents with open class program accelerated (accelerated learning). but given the curriculum is an important component in the education, government has not yet set specifically curriculum used in acceleration class program so that each school the open class acceleration modifies its own curriculum which is adapted to the environmental conditions and the needs of their students, this is already set in the acceleration of the implementation of the guidelines. it is this underlying construct MTsN Kanigoro own curriculum by implementing a new system called compact system.
The focus of this research is discuss in full of curriculum implementation with Compact System which aims to: (1) Knowing how the formulation Model- based curriculum compact system the acceleration class program in MTsN Kanigoro, (2) Knowing how the application Model-based curriculum compact system the acceleration class program in MTsN Kanigoro. This research includes qualitative descriptive study. data collection techniques used, namely: observation, interviews, and documentation, then the data were analyzed descriptive qualitative. Descriptive analysis means process data and describe the circumstances according to the results of observation, interviews, and documentation.
The results of this study is to show that: (1) formulation of the model curriculum-based Compact System based differentiated curriculum development curriculum KTSP modification and local content. such modifications consist of: modification time location, material modification, infrastructure modifications, modifications learning environment, and modification of classroom management. modifications carried out in accordance with the environmental conditions, needs, and goals of madrasas, (2) the application of compact systems-based curriculum can be viewed in terms of the implementation of the learning process at its core is stressed at the time and material efficiency. implementation can be seen from the beginning to the end, namely: recruitment and selection of learners, classroom organization, teaching and learning activities, implementation extracurricular (life skills), and report the results of studying.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan Compact System; Program Kelas Akselerasi; Curriculum-Based Compact System; acceleration class program | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:00 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39429 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |