Purwanto, Adi (2013) Implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kualitas baca tulis Al-Qur’an pada siswa-siswi kelas V SDI Surya Buana Merjosari Lowokwaru Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110256.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Metode adalah sebuah langkah atau cara yang digunakan pada setiap pembelajaran guna mencapai suatu target tertentu. Sebuah permasalahan akan muncul jika sebuah metode tidak bisa makximal,bahkan tidak cocok untuk digunakan dalam sebuah proses pembelajaran. Oleh karena itu metode tilawati dipilih oleh SDI Surya Buana menjadi sebuah cara dalam pencapaian target peningkatan kualitas baca tulis Al-Qur’an, yang sebelumnya telah dicoba dengan metode-metode selain tilawati.
Berangkat dari paparan diatas, maka dalam penelitian ini akan dirumuskan sebuah permasalahan tentang bagaimana implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kualitas baca tulis Al-Qur’an pada siswa-siswi kelas V SDI Surya Buana Malang. Dan bagaimana implikasi penggunaan metode tilawati dalam meningkatkan kualitas baca tulis al-Qur’an pada siswa-siswi kelas V SDI Surya Buana Malang.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah jenis penenelitian kualitatif deskriptif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan interview. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendekripsikan dan menginterpretasi data-data yang telah didapat, sehingga akan menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan yang terjadi di lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kualitas baca tulis al-qur’an pada siswa- siswi kelas V SDI Surya Buana merjosari lowokwaru malang, telah sesuai dengan prosedur pembelajaran pada umumnya, yaitu mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi. Faktor pendukungnya adalah tidak terlalu banyak siswa dalam setiap kelas, yakni antara sepuluh sampai lima belas siswa. (2) implikasi penggunaan metode tilawati dalam meningkatkan kualiatas baca tulis al- qur’an pada siswa-siswi kelas V SDI Surya Buana Merjosari lowokwaru Malang, terdapat peningkatan kualitas baca tulis al-qur’an sehingga siswa-siswi dapat membaca dan menulis a-qur’an yang sesuai dengan teori-teori tata cara membaca al-qur’an yang benar dan tepat.
Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan dan nasukan bagi pengelola lembaga pendidikan yang beriorentasi terhadap pembelajaran al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Tilawati; Pembelajaran baca tulis al-Qur’an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:21 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 11:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39411 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |