Azka, Maila (2013) Peningkatan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam melalui teknik Numbered Heads Together (NHT) siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kertosono Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110267.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP sekarang ini pelaksananya masih menunjukkan berbagai permasalahan yang kompleks. Strategi pembelajaran yang selama ini diterapkan masih konvensional-tradisional sehingga terlihat monoton dan membosankan bagi siswa dan kurang kondusif bagi peningkatan motivasi belajar siswa. Untuk itu alternatifnya adalah dengan pembelajaran secara kelompok untuk mencapai tujuan bersama dalam belajar.
Penelitian ini dilaksanakan di kota Nganjuk, tepatnya di SMP Negeri 3 Kertosono, dengan objek penelitian siswa kelas VII F. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan proses peningkatan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam melalui teknik Numbered Heads Together (NHT) siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Kertosono Nganjuk. Sedangkan secara khusus tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; 1) Mendeskripsikan proses perencanaan dengan menggunakan model Cooperative Learning melalui teknik Numbered Heads Together untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kertosono; 2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan dengan menggunakan model Cooperative Learning melalui teknik Numbered Heads Together untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kertosono; 3) Mendeskripsikan proses penilaian dengan menggunakan model Cooperative Learning melalui teknik Numbered Heads Together untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kertosono.
Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan jenis pendekatan kualitatif. Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pengamatan; (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisis secara kualitatif, sedangkan data yang kuantitatif, dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Adapun penelitian ini terbatas pada penggunaan teknik Numbered Heads Together untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang pada akhirnya diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang penggunaan teknik Numbered Heads Together bagi guru dan pembaca.
Berdasarkan data empirik dari hasil observasi, penerapan teknik Numbered Heads Together untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kertosono Nganjuk. Dari hasil observasi melalui instrumen observasi menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa, dari pre test dengan nilai rata-rata 1,36 ke siklus I meningkat menjadi 1,63 atau sekitar 19%, instrument pre test ke siklus II meningkat menjadi 2,27 menjadi sekitar 66%. Begitu juga ke siklus III meningkat 2,63 atau sekitar 93%.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti memberikan beberapa saran, bahwa teknik Numbered Heads Together perlu diterapkan dalam proses pembelajaran dan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut lagi untuk membuktikan tentang pengaruh Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan desain yang berbeda dan lebih valid. Kemudian guru harus bisa menentukan atau memilih materi yang benar-benar bisa diterapkan dengan teknik Numbered Heads Together dalam proses belajar-mengajar sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal.
ABSTRACT
Learning process is one point which can affect the success of education. This means that the success or failure of educational goals much depends on how the learning process experienced by students. Islamic education learning in Junior High School currently executing still show a variety of complex issues. Learning strategy that has been applied as conventional-traditional, so that monotonus and borring for students and less conducive to increased students motivation. The alternative is for the learning groups to achive common goals in learning.
This research was implemented in Nganjuk, exactly at SMP Negeri 3 Kertosono, the research object is class VII F. As for the objectives to be achieved in this study is to describe the general motivation to learn the process of improving Islamic Education throught Numbered Heads Together (NHT) technique class VII F SMP Negeri 3 Kertosono Nganjuk. Wheares in particular the objectives to be achieved in this research is; 1) Describe the planning process by using a model Cooperative Learning throught Numbered Heads Together technique to increase the motivation learn of students of class VII F on subject Islamic Education in SMP Negeri 3 Kertosono; 2) Describe the implementation process by using a model Cooperative Learning throught Numbered Heads Together technique to increase the motivation learn of students of class VII F on subject Islamic Education in SMP Negeri 3 Kertosono; 3) Describe the assesment process by using a model Cooperative Learning throught Numbered Heads Together technique to increase the motivation learn of students of class VII F on subject Islamic Education in SMP Negeri 3 Kertosono.
The research design is a kind of classroom Action Research with Qualitative approach. Phase of this study followed the model developed by Kemmis and Taggart, the form of a spiral cycle that includes planning, observation, and reflection. Data collection techniques used were: (1) observation; (2) interviews and (3) documentation. Qualitative data were analyzed Qualitatively, while the quantitative data were analyzed using quantitative describtive analysis. As for the researchs is limited the use of Numbered Heads Together technique to improve students motivation which in turn is expected to provide a deeper understanding about the use NHT technique for teachers and readers.
Based on empirical data from observations the application of Numbered Heads Together technique to improve students motivation in the subject of Islamic Education in SMP Negeri 3 Kertosono Nganjuk. From observation of observations instrument observation showed an increase in students innovation learn, from pre-test with an average score 1.36 to the first cycle increased to 1.63 or about 19%, pre-tes instrument to the scond cycle increase to 2.27 to about 19%. As well as to the third cycle increased to 2.63 or about 93%.
Based on the result of the research, the researcher give some suggestions, that Numbered Heads Together technique and the need to do further research to provethe effect of Numbered Heads Together on motivation to learn Islamic Education with different design and more valid. Then the teacher should be able to determine or choose the material that can really be applied to the Numbered Heads Together technique in the teaching and learning so as to obtain optimal results.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; PAI; Numbered Heads Together; Motivation to Learn; Islamic Education; Numbered Heads Together | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:21 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 11:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39410 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |