Iqbal, Muhamad (2013) Implementasi pembelajaran integratif “3R” (Researching, Reasoning, Religion) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08110226.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Integratif merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang mengaitkan dua konsep atau lebih yang relevan dari suatu rumpun mata pelajaran (intra) atau beberapa konsep yang relevan dari sejumlah mata pelajaran. Sebagai realisasinya dengan penerapan konsep “3R” (Researching, Reasoning, Religion) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Surya Buana Malang sehingga memiliki karakter yang berbeda dengan sekolah alam lainnya. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan mengambil judul “implementasi pembelajaran integratif “3R” (Researching, Reasoning, Religion) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Surya Buana Malang”
Masalah yang terjadi adalah bagaimana penerapan “3R” (Researching, Reasoning, Religion) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Surya Buana Malang? hambatan-hamabatan yang dihadapi dalam penerapan “3R” (Researching, Reasoning, Religion) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Surya Buana Malang?dan solusi yang diterapkan dalam penerapan “3R” (Researching, Reasoning, Religion) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Surya Buana Malang?
Maka dari itu jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi, observasi dan interview. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasi data-data yang telah didapat, sehingga akan menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan yang terjadi di lapangan.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penerapan “3R” (Researching, Reasoning, Religion) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Surya Buana Malang telah dilaksanakan sesuai prosedur pembelajaran integratif dari Prinsip penggalian tema, Prinsip pengelolan pembelajaran, Prinsip evaluasi dan prinsip reaksi. Hambatan-hambatannya adalah masih banyak siswa-siswanya masih belum bisa berfikir secara ilmiah,dan belum bisa mengaitkan antara pelajaran PAI dengan pengetahuan yang lain. Dan belum bisa terkondisikannya siswa-siswi saat pembelajaran berlangsung Dan solusi yang diterapkan dengan memberikan latihan terus menerus baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dan guru memberikan contoh-contoh tentang pembelajaran PAI yang dikaitkan dengan pengetahuan mata pelajaran yang lain. Dan dalam pengajaran di kelas guru menggunakan partner pada pembelajaran PAI.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan dan masukan bagi pengelola lembaga pendidikan yang menerapkan konsep “3R” (Researching, Reasoning, Religion).
ABSTRACT
Integrative Learning is a learning approach that links two or more of the relevant concepts of a subject cluster (intra) or some relevant concepts from a number of subjects. As the realization the application of the concept of "3R" (Researching, Reasoning, Religion) In Islamic Education Learning at SDI Surya Buana Malang so it has a different character with the school resources. Departing from that background the researchers would like to discuss in this thesis by taking the title "Implementation of Integrative Learning "3R" (Researching, Reasoning, Religion) In Islamic Education Learning at SDI Surya Buana Malang".
The problem that occurs is how the application of the "3R" (Researching, Reasoning, Religion) In Islamic Education Learning at SDI Surya Buana Malang? The obstruction constraints faced in the implementation of "3R" (Researching, Reasoning, Religion) In Islamic Education Learning at SDI Surya Buana Malang and the solutions adopted in the implementation of the "3R" (Researching, Reasoning, Religion) In Islamic Education Learning at SDI Surya Buana Malang.
Thus the types of research that are used by the researchers is a qualitative research. In the course of collecting data, the researchers used a method of documentation, observation and interview. As for the analysis, the researchers used a qualitative descriptive analysis techniques, which describe and interpret the data that has been obtained, so that it will represent reality according to what happens on the field.
From the results of this study show that: the application of "3R" (Researching, Reasoning, Religion) In Islamic Education Learning at SDI Surya Buana Malang has been implemented as an integrative learning procedure of extracting themes Principles, Principles of management of learning, evaluation principles and the principle of reaction. The obstruction are still many students which can‟t to think scientifically, and can‟t be linked between PAI lessons with other knowledge. And the students can‟t be relaxed when learning takes place and the solution implemented by providing continuous training both in the classroom and outside the classroom. And the teacher gives examples of Islamic learning associated with knowledge other subjects. And the teachers in the classroom teaching with learning partner at PAI.
The results of this research can be used as additional input to the management of knowledge and educational institutions to apply the concept of "3R" (Researching, Reasoning, Religion).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Researching; Reasoning; Religion; Researching; Reasoning; Religion | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:21 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 11:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39407 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |