Iqbal, Dimas Abrori (2013) Materi Pendidikan Agama Islam dalam Al-Quran kajian surat Al-An'am ayat 151-153. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110272.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Al-quran adalah kitab suci yang digunakan sebagai pedoman hidup bagi umat manusia, menjadi ibadah bagi yang membacanya dan sumber petunjuk dalam kehidupan. Al-quran tidak akan pernah membisu untuk menjawab persoalan-persoalan mengenai kehidupan duniawi maupun ukhrawi. Banyak sekali isi di dalam Al-quran yang berbicara tentang pendidikan. Dengan Al-quran inilah Allah swt mendidik manusia. Di dalam suatu lembaga pendidikan formal, informal maupun non formal pendidikan Agama Islam adalah mata pelajaran penting yang harus di pelajari bagi peserta didik. Ada 10 wasiat Allah yang terdapat dalam Al-quran tepatnya surat Al-an’am ayat 151-153 yang dapat di gunakan sebagai bahan ajar untuk dunia pendidikan.
Berpijak dari latar belakang di atas, maka fokus yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaiman isi kandungan Surat Al-an’am ayat 151-153 menurut para ulam tafsir, Apakah surat Al-an’am merupakan representasi dari materi PAI dalam kurikulum Madrasah Aliyah permenag no.2 tahun2008 dan bagaimana peta konsep penerapan materi pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam surat Al-an’am ayat 151-153 dalam kehidupan.adapun tujuan yang ingin di capai dalam penelitina ini adalah mengetahuai isi kandungan surat Al-an’am ayat 151-153 menurut para ulama tafsir, mengetahui surat Al-an’am merupakan representasi dari materi PAI dalam kurikulum Madrasah Aliyah permenag no. 2 tahun 2008 dan mengetahui peta konsep penerapan materi pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam surat Al-an’am ayat 151-153 dalam kehidupan.
Jenis penelitian yang di gunakan adalah kepustakaa (library research) Karena data yang diteliti berupa naskah-naskah, buku-buku atau majalah-majalah yang bersumber dari khazanah kepustakaan. Adapun pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan historis-filosofis. Dalam pengumpulan data terdapat data primer dan data sekunder yang digunakan untuk menyusun pembahsan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah contens analisis yaitu pemilahan tersendiri berkaitan dengan pembahasan dari beberapa gagasan para mufassir yang kemudian dideskripsikkan, di bahas dan di kritik. Untuk pengecekan keabsahan data dapat dilakukan dengan cara kredibilitas dan triangulasi.
Dari hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan, terdapat sepulu wasiat Allah yang pertama adalah Larangan berbuat syirik, kedua Berbakti kepada orang tua, ketiga Larangan membunuh anak-anak, keempat Larangan mendekati perbuatan keji, kelima Larangan membunuh, keenam Larangan memakan harta anak yatim, ketujuh Perintah memenuhi takaran dan timbangan, kedelapan Perintah berbuat adil, kesembilan Perintah menunaikan janji, dan kesepuluh Perintah mengikuti jalan Allah. Karena dalam surat Al-An’am ayat 151-153 memiliki unsur nilai akidah, akhlak, dan syariah atau ibadah sehingga sesuai dengan isi permenag no.2 tahun 2008 khususnya untuk kurikulum tingkat madrasah aliyah. Yang mana tujuannya adalah untuk mengerti, memahami, dan mengamalkan dari pokok ajaran Islam. Dan sangat baik sekali jika konsep dari materi pendidikan agama Islam ini diterapkan dalam kehidupan. maka yang akan di dapatkan adalah kedalaman agama, kebaikan, ketentraman hidup. Karena konsep tersebut mencakup dari ajaran-ajaran Islam yang penting.
ABSTRACT
Al-Qur’an is the holy book used as the life principle for human being, it will be worship for someone who read it and it is the guidance source in human life. Al-Qur’an will never be dumb to answer the problems about the world and after. Much contents of Al-Qur’an which talk about education. Through Al- Qur’an, Allah SWT educates human. In the formal, informal or non-formal institution, Islamic education is the important lesson which must be learned by students. There are ten Allah’s testaments in Al-Qur’an, exactly in surah Al- An’am verse 151-153 that can be used as material in education world.
Based on the background of study above, this research focuses on how the contents of Surah Al-An-am verse 151-153 according to Ulama’ Tafsir, whether Surah Al-An’am is the representation of Islamic education material in Islamic senior high school curriculum, religious affair ministry rule No. 2, 2008. Then, how the concept map of Islamic education material application which consist in Surah Al-An;am verse 151-153 in the real life. Moreover, the objectives of this study is to identify the content meaning of Surah Al-An’am verse 151-153 according to Ulama’ tafsir, identify whether Surah Al-An’am is the representation of Islamic education material in Islamic senior high school curriculum, religious affair ministry rule No. 2, 2008 and to find out the concept map of Islamic education material application which consist in Surah Al-An;am verse 151-153 in the real life.
This study belongs to library research because the data is in the documents form, books or magazines from literature. The approach employed is histories- philosophies approach. In collecting the data, there are primer data and secondary data that are used to manage the research discussion. The data analysis technique applied is content analysis namely sorting itself related to discussion from some mufassirs idea then described and criticized. For checking the data reliability, it can be done through credibility and triangulation.
From this research, it can be concluded that there are ten Allah’s testament: the first, the prohibition doing syirik, second obeying the parents, third prohibition killing the children, fourth prohibition approaching despicable action, fifth prohibition murder, sixth eating orphan wealth, seventh command to fulfill weight and measurement, eight command to be fair, ninth command to do hajj, tenth command to follow Allah’s rule. Because of in Surah Al-An’am verse 151-153 have the faith values, behavior, and syari’ah or worship; it accords to religious affair ministry rule no. 2, 2008 especially for Islamic senior high school curriculum which has the objectives to understand, comprehend, and apply Islam precept. In addition, it is very useful if this concept of Islamic education material is applied in the real life. So, the reward is the religious comprehensiveness, goodness, life peacefully because that concept covers the important Islam precept.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Materi Pendidikan Agama Islam; Surat Al-an’am Ayat 151-153; Islamic Education Material; Surah Al-an’am verse 151-153 | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:19 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 11:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39399 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |