Hidayat, Mahfud (2013) Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 1 Jogorogo Kabupaten Ngawi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08110223.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi belajar dan bimbingan orang tua dua hal yang saling mempengaruhi. belajar merupakan perubahan perilaku secara relatif permanen dan secara potensial terjadi sebagai hasil praktek atau penguatan yang dilandasi oleh tujuan untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan prestasi belajar dapat diraih dari beberapa faktor. diantaranya faktor internal meliputi: aspek fisiologis, aspek psikologis, bakat siswa, minat siswa, motivasi siswa. Sedangkang faktor eksternalnya meliputi faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat. Dalam faktor keluarga itu peran pentingnya adalah bimbingan orang tua pada anaknya yang juga menjadi variabel dalam penelitian ini. Pendidikan agama Islam adalah suatu proses kegiatan pembinaan atau mendidik kepada anak atau peserta didik untuk mencapai kedewasaan kepribadian yang sesuai dengan ajaran atau tuntunan muslim yaitu berdasarkan al-Qur’an dan as-Sunnah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan besarnya pengaruh bimbingan orang tua dalam hal bimbingan belajar kepada anak terhadap prestasi belajar PAI Siswa kelas VIII SMPN 1 Jogorogo Kabupaten Ngawi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dituntut untuk menggunakan angka mulai dari pengambilan data hingga penampilan dari hasilnya dan tujuannya untuk menemukan ada tidaknya hubungan antar variabel yang diteliti. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner yang digunakan untuk mengetahui bimbingan belajar orang tua. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana.
Hasil regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan ditunjukkan dengan Nilai (5.952) > (2,000) dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 jadi Ho (ditolak) secara parsial X (Bimbingan orang tua) berpengaruh terhadap Y (Prestasi belajar) dengan searah. Dari katerangan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya bimbingan belajar dari orang tua yang semakin baik berarti akan dapat menaikkan prestasi belajar siswa.
ABSTRACT
Learning achievement and parental guidance are two things that affect each other. Learning is a behavior changing which is relatively permanent and potentially happened as the practice or reinforcement that is influenced by some certain purpose to get them. More over, learning achievement may appears because some factors. There are internal faktor student interert, student motivation, moreover, ekternal faktor comprises family factor, school fakcor and Sosial faktor. In family factor parents guidance that important role which it is as a variabel in this research. Islamic education is a process of coaching or educating the children or learners to reach maturity in accordance with the teachings of the personality or the guidance of Muslims is based on al-Quran and as-Sunnah
The aim of this research is to exsplain the influence parents guidance in study guidance to student abaout PAI learning achievement SMPN 1 grade VIII Jogorogo Kabupaten Ngawi.
In this research, the researcher uses quantitative approach by using correlation research, it is a research that mush use number since collecting the data until showing the data, it also aims to find the relation among variables’ , the research uses questionnaire as an instrument research that used to know parents guidance. Simple linier regression analysis is used as the way to analyze in this research.
The result of simple linier regression shows there are significance influence that indicates by value (5,952) > (2,000) and significance value is 0,000 < 0,05. So, Ho (rejected) by X partial (paren guidance) is influenced significantly to Y (learning achievement) by one way. From that explanation can be concluded that there are good parents guidance in which it increases students learning achievment
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bimbingan; orang tua; prestasi belajar; PAI; Parents; Guidance; Learning achievement; PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:19 | ||||||
Last Modified: | 31 Mar 2023 15:25 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39396 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |