Sani, Selly Afrilia (2013) Upaya peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran agama islam program Madrasah Aliyah Keagamaan bertaraf internasional (MAKBI) di MAN 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110275.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Keberadaan guru sebagai sebuah profesi merupakan sebuah tugas yang harus diemban dengan tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tugas sebagai seorang guru memiliki peran yang sangat besar dalam proses pembelajaran. Adapun untuk menjadi seorang guru yang profesional harus memiliki beberapa kompetensi dasar yeng menjadi acuan sebelum proses pembelajaran dilakukan. Terlebih kompetensi yang harus dimiliki oleh guru agama memiliki spesifikasi yang lebih terperinci dibanding dengan kompetensi guru pada umumnya. Kompetensi yang harus dimiliki guru pendidikan agama Islam telah dijelaskan dalam Permenag No 16 Tahun 2010 yang memaparkan bahwa guru agama Islam harus memiliki 5 kompetensi, di antaranya kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi kepemimpinan.
Dari beberapa kompetensi yang telah dipaparkan, kompetensi profesional menjadi materi pokok dalam pembahasan skripsi ini. Hal ini dikarenakan keberadaan kompetensi profesional bagi seorang guru menjadi landasan awal dalam bidang penguasaan materi pembelajaran yang menjadi acuan pokok sebelum proses pembelajaran dimulai.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah upaya peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran agama Islam program madrasah aliyah keagamaan bertaraf internasional (MAKBI) di MAN 3 Malang, khususnya kompetensi profesional guru. Serta bagaimanakah proses pembelajaran agama Islam yang dilakukan dengan kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru agama Islam.
Penelitian yang dilakukan oleh penulis ini adalah termasuk dalam penelitian desktiptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan datanya penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan orang dan pengamatan ke tempat lokasi secara langsung, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya dan menyertakan dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat penelitian yang telah dilakukan.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwasannya secara umum kompetensi profesional guru agama Islam yang harus dimiliki secara mendasar yang membedakan dengan guru agama Islam pada umumnya adalah setiap guru harus menguasai bahasa Arab. Hal ini di karena kan sebagai bahasa pengantar dalam proses pembelajaran agama Islam. Selanjutnya dalam penggunaan kurikulum pada pembelajaran program MAKBI menggunakan kurikulum yang dikembangkan dari kurikulum MAPK (Madrasah Aliyah Program Keagamaan) dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Di mana kurikulum ini merupakan perpaduan antara kurikulum dari Kemenag dan kurikulum yang mengacu pada kurikulum Timur Tengah. Selain itu upaya peningkatan kompetensi profesional bagi guru yang telah dilakukan adalah dengan mengadakan seminar, workshop dan juga ujian kompetensi guru (UKG). Kegiatan tersebut merupakan sebuah upaya nyata yang ditindak lanjuti dengan pengadaan rumpun antar guru mata pelajaran pada hari sabtu.
Untuk mencapai hasil yang maksimal dibutuhkan kompetensi profesional seorang guru dalam melakanakan proses pembelajaran khususnya pada program yang memiliki spesifikasi yang berbeda dengan kelas reguler yang lainnya. Tidak hanya terpaku pembelajaran di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas. Pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan maksimal dengan pengoptimalan segala kompetensi yang ada terutama dalam hal penguasaan materi pembelajaran yang terangkum dalam kompetensi profesional.
ABSTRACT
The teachers as a profession is a task that must be carried out with a view to the intellectual life of the nation. Duties as a teacher has a very big role in the learning process. As for being a professional teacher should have some basic competence Yeng be a reference before the learning process is done. Moreover competencies required by religious teachers have a more detailed specification than the competence of teachers in general. Competencies required of teachers of Islamic religious education has been described in Permenag No. 16 of 2010 which said that the Islamic religion teachers must have 5 competencies, including pedagogical, professional competence, personal competence, social competence and leadership competence.
The some competencies that have been presented, professional competence to the subject matter under discussion this thesis. This is because the existence of professional competence for a teacher to be the initial grounding in the field of mastery learning materials that become fundamental reference before the learning process.
The purpose of this research is to determine how efforts to increase teachers' competence in teaching Islamic religious Madrasah Aliyah program of international standard (MAKBI) in MAN 3 Malang, especially the professional competence of teachers. As well as learning how to Islam performed with professional competence held by Islamic teachers.
Research conducted by these authors are included in the descriptive qualitative research. In the process of data collection methods the writer uses observation, interview and documentation. While analysis techniques the author uses descriptive qualitative analysis, the form data is written or oral observations to the people and the location directly, so in this case the author seeks to conduct research that is thoroughly describe about the actual situation and include documentation as complementary and amplifier research that has been done.
Results of research by the author can be delivered general professional competence of teachers of Islam who must have fundamentally distinguishes the Islamic religion teachers in general is every teacher must master the Arabic language. It is in because of it as the language of instruction in learning Islam. Furthermore the use of the curriculum to the learning program using a curriculum developed MAKBI of curriculum MAPK (Madrasah Aliyah Religious Program) with SBC (Curriculum Education Unit). Where the curriculum is a blend of curriculum and curriculum MORA curriculum refers to the Middle East. In addition to efforts to improve the professional competence of teachers that have been done is to conduct seminars, workshops and teacher competency exams (UKG). The activity was a real effort that followed up with clumps of procurement between subject teachers on Saturday.
To achieve results necessary professional competence of a teacher in the exercise of the learning process especially in programs that have specifications different from the other regular classes. Not just glued learning in the classroom, but also outside the classroom. Learning that can be done by optimizing everything goes up existing competencies, especially in terms of mastery learning materials are summarized in professional competence.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fannani, Bakhruddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Profesional Guru; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Program Aliyah Bertaraf Internasional (MAKBI); Professional Competition; Islamic Religious Education; Islamic religious Madrasah Aliyah Program of International Standard (MAKBI) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:19 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 11:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39393 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |