Sa’diyah, Halimah (2013) Penerapan metode resitasi dengan Teka Teki Silang (TTS) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08110203.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Penerapan metode Resitasi dengan TTS merupakan suatu metode suatu metode mengajar dimana guru memberikan tugas-tugas kepada siswa untuk dikerjakan setelah menjelaskan suatu materi pelajaran yang telah selesai diberikan. Dan banyaknya bahan ajar yang harus disampaikan dan alokasi waktu yang tidak mencukupi menjadi masalah yang harus bisa di tangani oleh seorang guru, Hal ini sangat tidak imbang sekali antara waktu yang tersedia dengan materi yang di sampaikan. Sehingga menyebabkan interaksi belajar mengajar menjadi tidak efektif dan efisien.
Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan metode yang tepat. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Resitasi dengan TTS. Yakni, metode belajar. setiap guru selalu memberi tugas pada setiap pelajaran dengan maksud tertentu, misalnya untuk meninjau pelajaran baru, menghafal pelajaran yang telah diberikan, mencoba memecahkan masalah dan lain sebagainya. Resitasi dapat diberikan kepada setiap individu, kelompok atau kepada seluruh siswa kelas. resitasi dapat diberikan kepada siswa didalam maupun diluar kelas. sebuah metode Melihat karakteristik TTS yang santai dan lebih mengedepankan persamaan dan perbedaan kata, maka sangat sesuai kalau misalnya dipergunakan sebagai sarana peserta didik untuk latihan dikelas yang diberikan oleh guru yang tidak monoton hanya berupa pertanyaan-pertanyaan baku saja.
Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Turen, dengan objek penelitian kelas VIII C. adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini secara umum adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Sedangkan secara khusus tujuan yang ingi dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran mata pelajaran SKI dengan menggunakan metode Resitasi dengan TTS pada siswa kelas VIII C MTs Negeri Turen, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran SKI dengan meggunakan Metode Resitasi dengan TTS pada siswa kelas VIII C MTs Negeri Turen, dan 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran mata pelajaran SKI dengan menggunakan metode Resitasi dengan TTS pada siswa kelas VIII C MTs Negeri Turen.
Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun penelitian ini terbatas pada penggunanaan metode Resitasi dengan TTS dalam pembelajaran mata pelajaran SKI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang pada akhirnya diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang penggunaan metode Resitasi dengan TTS bagi guru dan pembaca. Penelitian ini dibagi menjadi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Untuk mengetahui peningkatan pembelajaran pada mata pelajaran SKI dengan menggunakan metode Resitasi dengan TTS, peneliti melakukan pre test dan post test pada siswa kelas VIII C MTs Negeri Turen yang berjumlah 42 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan empat kali pertemuan. Pre test dilakukan sebelum siswa diberi tindakan. Adapaun post test dilakukan ketika siswa sudah diberi tindakan.
ABSTRACT
The application of recitation method with crossword is a teaching method by which teachers give assignment to students to be worked on after explaining a lesson material related to the assignment. Many teaching materials to be covered and less time to cover these materials are putting teacher in the difficulty position. As a consequence, teaching schedule and materials to be presented are not balanced well. Learning and teaching interaction, therefore, will not be effective and efficient.
Appropriate teaching method is needed to deal with this problem. Recitation Method with Crossword (TTS = Teka-Teki Silang) is, therefore, introduced. It is a method by which teachers give assignment to students after the lesson with certain aims, such as to review new lesson, to memorize the lesson just delivered, to attempt to solve the problem and others. Recitation assignment can be given to each individual, each group or whole students. It also can be assigned to students within classroom context or outside the class. Crossword is a relaxing activity in nature but it underscores the similarity and the difference of words. Crossword is also appropriate as a device for the educated participants in doing class-based exercise assigned by teachers because it provides less monotonous way to that learning-teaching activity than standard questions.
Research is conducted at State Madrasah Tsanawiyah of Turen (MTsN Turen) and the object of research is Grade VIII C. The general objective of research is to increase learning motivation of students in Islam Culture History (SKI = Sejarah Kebudayaan Islam) Lesson. Specifically, some objectives of research are (1) to describe the planning of the learning of SKI lesson using recitation method with crossword for Grade VIII C students at MTsN Turen, (2) to illustrate the implementation of the learning of SKI lesson using recitation method with crossword for Grade VIII C students at MTsN Turen, and (3) to explain the evaluation of the learning of SKI lesson using recitation method with crossword for Grade VIII C students at MTsN Turen.
Research approach is qualitative descriptive while research type is Classroom Action Study (PTK = Penelitian Tindakan Kelas). This research, therefore, is confined to the use of recitation method with crossword in the learning of SKI lesson to improve learning motivation of students. Students may have deeper understanding about this method and its significance for teachers and students. Four stages are involved in this research such as planning, implementation, observation and reflection.
The learning of SKI lesson using recitation method with crossword is improved by doing pre-test and post-test for 42 students from Grade VIII C at MTsN Turen. Research includes two cycles and four times meetings. Pre-test is given before students are subjected to action. Post-test is conducted after students are given action.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abubakar, Istianah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Resitasi dengan TTS; Motivasi Belajar; Recitation Method with Crossword; Learning Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:19 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 11:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39388 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |