Sandona, Ira (2013) Implementasi strategi tutor sebaya (Peer Tutoring) dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII-B di SMP Negeri 7 Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110278.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam pembelajaran, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai maka diperlukan penggunaan strategi yang tepat dan juga bantuan media pembelajaran yang sesuai. Sampai sekarang masih banyak pendidik yang menggunakan metode konvensional, seperti ceramah dan Tanya jawab, dengan metode ini peserta didik kurang antusias dalam menerima pembelajaran, dan dapat dikatakan semangat mengikuti pelajaran sangat lemah.
Berangkat dari masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan strategi tutor sebaya dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII-B di SMP Negeri 7 Probolinggo? Dan (2) Apakah penerapan strategi tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar PAI siwa VIII-B di SMP Negeri 7 Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas(class-room action research) dengan jenis penelitian mandiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan test. Data yang bersifat kualitatif dianalisa deskriptif sedangkan data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kuantitatif.
Dari penelitian yang dilakukan di lapangan, strategi Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dengan materi sujud, zakat, dan puasa dan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari hasil observasi dan data empiris di lapangan menunjukkan bahwa penerapan strategi tutor sebaya terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII-B di SMP Negeri 7 Probolinggo. Hasil pre test menunjukkan nilai rata-rata sebesar 61, hasil siklus I (pertemuan pertama) menunjukkan nilai rata-rata 77 atau meningkat 26,23% sedangkan hasil nilai rata-rata pada siklus I (pertemuan kedua) adalah 90 atau meningkat 16,63 dari siklus I. Hal ini terbukti bahwa penerapan strategi tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa VIII- B di SMP Negeri 7 Probolinggo.
ABSTRACT
In learning, so that learning objectives can be achieved it is necessary to use appropriate strategies and also support appropriate learning media. Until now there are many educators who use conventional methods, such as lectures and question and answer, with this method is less enthusiastic learners receive learning, and can be said to follow the spirit of the lesson is very weak.
Departing from the above problems, the formulation of the problem in this study were (1) how the implementation of peer tutoring strategies in improving student achievement PAI-VIII class B in SMP Negeri 7 Probolinggo? And (2) Does the application of peer tutoring strategies can improve learning achievement PAI siwa VIII-B in SMP Negeri 7 Probolinggo.
This study uses classroom action research design (class-room action research) with the kind of independent research. Data was collected using observation, documentation, and test. Qualitative data were analyzed descriptively while quantitative data was analyzed by quantitative descriptive analysis.
From research conducted in the field, Peer tutoring strategies (Peer Tutoring) with prostration material, alms, and fasting and proven to increase spending the achievement rsiswa. From the observation and empirical data in the field shows that the implementation of peer tutoring strategies proven to improve student achievement Islamic Religious Education class VIII-B in SMP Negeri 7 Probolinggo. Pre-test results showed an average value of 61, the results of the first cycle (first meeting) shows the average value of 77, an increase of 26.23% while the average value in the first cycle (second meeting) is 90, an increase of 16.63 of cycle I. it is evident that the implementation of peer tutoring strategies to raise the achievement of students of Islamic Religious Education VIII-B in SMP Negeri 7 Probolinggo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Tutor Sebaya (Peer Tutoring); Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Peer tutoring strategy (Peer Tutoring); Learning Achievement; Islamic Education. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:17 | ||||||
Last Modified: | 14 Jun 2023 10:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39384 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |