Fuadah, Fariha Mashlahatul (2013) Implementasi metode Word Square untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (fulltext)
08110196.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penguasaan terhadap metode pembelajaran merupakan salah satu persyaratan bagi seorang tenaga pendidik yang profesional. Guru mengajarkan bagaimana siswa harus belajar, sementara siswa belajar bagaimana seharusnya belajar melalui berbagai pengalaman belajar hingga terjadi perubahan dalam dirinya dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling memengaruhi. Belajar adalah perubahan tingkah laku secara relatif permanen dan secara potensial terjadi sebagai hasil dari praktik atau penguatan yang dilandasi tujuan untuk mencapai tujuan tertentu. Hal ini sesuai dengan tujuan dari metode Word Square yaitu untuk mengungkapkan daya ingat atau recoll terhadap materi pelajaran yang telah diberikan, dan dapat mengungkapkan pendapatnya.
Penelitian ini berfokus pada 1) Bagaimana pelaksanaan metode Word Square untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah 1 Malang?
2) Bagaimana motivasi belajar siswa melaluli penerapan metode Word Square pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah 1 Malang?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau dengan cara-cara lain dari kuantifikasi (pengukuran). Adapun tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara / interview, dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Word Square terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Hal tersebut terlihat pada saat proses belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas, antara lain siswa aktif bertanya tentang pelajaran yang belum dimengerti, aktif mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, dan lebih aktif dalam mencari informasi yang diberikan oleh guru. Bertambahnya semangat dan antusias siswa yang berkala dalam proses pembelajaran, sejak awal pre test hingga pertemuan akhir siklus II dapat digambarkan pada siklus I point siswa adalah 56 %, dan pada siklus II mencapai
80 %.
ABSTRACT
Mastery of the learning method is one of the requirements for a professional educators. Teachers should teach students how to learn, while students learn how to learn through a variety of learning experiences to a change in him from the cognitive, affective and psychomotor. Motivation and learning are two things that affect each other. Learning is a change in behavior is relatively permanent and potentially occur as a result of practice or reinforcement that is based on the goal of achieving a particular goal. This is consistent with the objectives of the Word Square method is to reveal the memory or recoll of subject matter has been given, and to express his opinion.
This study focuses on 1) How does the implementation of Word Square method to increase students' motivation in the subject of class VIII A Aqeedah Morals in junior secondary school (MTs) Muhammadiyah 1 Malang? 2) How does student motivation Word Square channeled through the application of the method on subjects Morals Aqeedah class VIII A in the junior secondary school (MTs) Muhammadiyah 1 Malang?
In this study, researchers used a qualitative approach, which is a type of research that produces findings that can not be achieved using statistical procedures or other means of quantification (measurement). The technique of collecting data through observation, interviews / interviews, and documentation. While this type of research is Classroom Action Research (Classroom Action Research).
The results showed that the application of the method Word Square proven to increase students' motivation in learning class VIII A Aqeedah Morals. This is evidenve during the process of teaching and learning in the classroom, such as students actively ask questions about the lesson that has not been understood, active tasks assigned by the teacher, and more active in seeking information given by the teacher. Increase vigor and enthusiasm of students in the learning process periodically, since the beginning of the end of the meeting pre-test to the second cycle can be described in the first cycle of students is 56% point, and the second cycle at 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Word Square; Meningkatkan Motivasi Belajar; Mata Pelajaran Akidah Akhlak; Word Square Method; Enhancing Motivation; Morals Subjects Aqeedah | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:16 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 11:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39376 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |