Insiyah, Amirotul (2013) Metode Pendidikan Islam dalam pemikiran M. Quraish Shihab. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (fulltext)
08110188.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
M. Quraish S hihab adalah tokoh yang sering berbicara mengenai pendidikan. Pemikirannya selalu mengacu kepada al-Q ur'an dan senantiasa dikontekskan dengan perkembangan zaman, M. Quraish S hihab berperan cukup besar dalam perkembangan Islam terutama di Indonesia melalui beberapa tafsir dan hasil karya-karyanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa metode pendidikan menurut quraish shihab dan apa saja metode pendidikan Islam menurut M. Quraish S hihab.
Untuk memperoleh hasil penelitian, penulis menggunakan library research dengan pendekatan deskriptif terhadap data primer dan sekunder yang bersifat kualitatif, serta menggunakan metode yaitu content analysis dan didukung dengan metode deduktif, induktif dan komparatif.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa metode pendidikan Islam menurut M. Quraish S hihab adalah metode dialog yang menghantarkan siswa untuk berani mengemukakan pendapat kemudian pendidik yang meluruskan jawaban-jawaban dari siswa, metode keteladanan yang menjadikan siswa merubah perilakunya dan mencontoh segala tindakan yang dijadikan teladan bagi siswa, metode nasihat yang menyandarkan siswa dalam setiap tindakannya, metode kisah yang mengarahkan siswa mencari pengalaman dan mampu mengambil hikmah dari kisah tersebut, metode pembiasaan yang mengarahkan siswa senantiasa membiasakan perilaku baik, serta metode sanksi yang mempengaruhi siswa menghindari segala macam bentuk pelanggaran dan metode ganjaran yang merangsang siswa senantiasa meningkatkan prestasinya.
Semua metode tersebut selain membangun siswa berani mengemukakan pendapat, mencari solusi tetapi juga membangun karakter siswa dan pendidikan moral yang baik pada siswa. Sementara jika melihat metode pendidikan saat ini bertolak belakang dengan metode yang diungkap Q uraish S hihab, metode sekarang seperti metode discovery, metode brain storming, metode simulasi, metode inquiry, metode hafalan dan lain- lain. Hanya menitikberatkan pada murid dan guru hanya sebagai motivator dan fasilitator sehingga pembentukan moral pada siswa terabaikan. O leh ka rena itu sebagai pendidik hendaknya mempelajari dan mempraktekkan metode pendidikan Islam yang terdapat dalam al-Qur'an agar tujuan pendidikan tercapai secara optimal.
ABSTRACT
Amirotul Insiyah, 2013 The method of Islamic Education In Thought M. Q uraish Shihab. Islamic Education Department, Tarbiyah Faculty, S tate Islamic University (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Muhammad Amin Nur, M. A
M. Quraish S hihab is a figure that is often talked about education. Thoughts always refer to the Q ur'an and always contextualized with the times, M. Q uraish Shihab considerable role in the development of Islam in Indonesia, especially through multiple interpretations and the results of his work. Formulation of the problem in this study is whether and how the concept of Islamic education according to M. Quraish S hihab.
To obtain the results of the research, the writer uses library research with a descriptive approach to primary and secondary data that are qualitative, as well as using the method of content analysis and supported by the deductive method, inductive and comparative.
The results obtained by that method education Islam by M. Quraish S hihab is a method of dialogue that delivers students to dare to express an opinion then straighten educator answers from students, exemplary methods that make students change their behavior and imitate all measures as a model for students, methods that rely counsel students in any action, method of story which directs students seeking experience and be able to take lessons from the story, which directs habituation method always familiarize students good behavior, as well as methods of sanctions that affect students avoid every kind of violation and reward methods that stimulate students constantly improve his performance.
All of these methods in addition to building a student dared to express opinions, seek solutions but also build students' character and good moral education to the students. Meanwhile, if you look at current educational method is in contrast to the method disclosed Q uraish S hihab, current methods such as discovery methods, brainstorming method, simulation method, the method of inquiry, methods of memorization and others. Only focus on students and teachers only as a motivator and facilitator so that the moral formation of students neglected. Therefore, as educators should learn and practice methods of Islamic education contained in the Qur'an in order to optimally achieve educational goals.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Islam; Metode; Islamic Education; Methods | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:16 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 11:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39374 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |