Muhlasin, Muhlasin (2013) Implementasi teknik Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi belajar shalat sunah Muakkad dan Ghairu Muakkad siswa kelas VII MTS Yaspuri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110184.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Rendahnya kualitas program pembelajaran di Madrasah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Madrasah tersebut. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang di berikan oleh guru. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep pembelajaran aktif yang ditawarkan. pembelajaran aktif nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya, salah satunya adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Dengan menerapkan pembelajaran ini, diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat, sebab pada pembelajaran ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan.
Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan metode yang tepat.Oleh karena itu.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik Teams Games Tournament (TGT). Yakni sebuah teknik pembelajaran yang menekankan pada unsur kegembiraan, dan menekankan pada unsur kerja sama kelompok.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Yaspuri Malang, dengan objek penelitian siswa kelas VII. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan proses peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan teknik pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VII MTs Yaspuri Malang. Sedangkan secara khusus tujuan yang ingin dicapai dalam penelitiam ini adalah; 1)Mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan teknik pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VII MTs Yaspuri Malang; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan teknik pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VII MTs Yaspuri Malang; dan 3) Mendeskripsikan penilaian hasil belajar pembelajaran dengan menggunakan teknik pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VII MTs Yaspuri Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas.Adapun penelitian ini terbatas pada penggunakan teknik Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran fiqh untuk meningkatkan motivasi siswa yang pada akhirnya diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang penggunaan teknik Teams Game Tournament (TGT) bagi guru dan pembaca.
Untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa dengan teknik TGT, peneliti memberikan angket pada siswa yang berjumlah 28 siswa. Hasilnya membuktikan bahwa sebanyak 60.71% menjawab sangat senang, 32.14% senang, 3.57% menjawab tidak senang dan 3.57% sangat tidak senang.
ABSTRACT
The low quality of learning in the Madrasah program, often caused by a learning system that performed at the Madrasah. Most students in following the teaching and learning process just come, follow the teacher's lecture, see the teacher writes on the board, and considering the all the information that is given by the teacher. To cope with the has a lot to offer the concept of active learning. active learning seems to be the answer to the problem of low quality or the quality of learning in Indonesia in general, one of which isTGT application of cooperative learning. By applying the learning This is expected to increase the quality or the quality of learning, because the This learning activity learners are preferred.
To address this need the right method. Because of that. In this study, researchers used a technique Teams Games Tournament (TGT). That is a learning technique that emphasizes the elements excitement, and emphasize the element of teamwork .
The research was conducted in Malang Yaspuri MTs, with the object research students of class VII. The objectives to be achieved in the This in general is to describe the process of improving motivation learning by using learning techniques Teams Games Tournament (TGT) in class VII MTs Yaspuri Malang. While specifically objectives to be achieved in this research are: 1) to describe the planning process of learning by using learning techniques Teams Games Tournament (TGT) in class VII MTs Yaspuri Malang; 2) Describe the implementation of learning by using techniques Learning Teams Games Tournament (TGT) in class VII MTs Yaspuri Malang, and 3) to describe teaching and learning outcomes assessment using learning techniques Teams Games Tournament (TG) in class VII MTs Yaspuri Malang.
The approach used in this study is the approach descriptive qualitative
classroom action research. As this study limited to the use of the technique Teams Games Tournament (TGT) in fiqh learning to improve student motivation, which in turn expected to provide a deeper understanding of the Teams technique uses Game Tournament (TGT) for teachers and readers.
To increase motivation of students to learn techniques TGT, researchers gave questionnaires to students who totaled 28 students. The result prove that as many as 60.71% answered very happy, delighted 32.14%, Answered 3:57% 3:57% unhappy and very unhappy
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Teknik Teams Games Tournament (TGT); peningkatan motivasi; Engineering Teams Games Tournament (TGT); increased motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:15 | ||||||
Last Modified: | 11 Jul 2023 09:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39371 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |