Yusuf, Muhamad (2013) Peran kepala Madrasah dalam menanamkan nilai-nilai Agama Islam di MA Almaarif Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110151.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Selama ini Pendidikan Agama Islam di sekolah sering dianggap kurang berhasil dalam membentuk sikap dan perilaku keberagamaan peserta didik serta membangun moral dan etika bangsa. Problematika yang dirasakan saat ini adalah adanya kesenjangan perkembangan PAI pada sekolah yang berlabel Islam dan sekolah umum. Sekolah yang berlebel Islam, kegiatan keagamaan serta perilaku siswa dan warga sekolah terlihat agamis dalam kesehariannya. Sedangkan PAI pada umumnya, kurang dapat teraplikasi dalam kehidupan keseharian di lingkungan sekolah. Oleh karenaitu salah satu cara yang digunakan dalam mewujudkan tujuan dari PAI yaitu dengan memahami dan mengaplikasikan nilai- nilai yang terkandung dalam PAI dilingkungan sekolah. Kepala sekolah sebagai penentu arah pendidikan dan pengambil kebijakan mempunyai peran penting agar nilai-nilai agama Islam tertanam pada diri warga sekolah. Hal ini bertujuan agar PAI tidak hanya sekedar sebagai ilmu pengetahuan saja tetapi dapat di praktekkan dan terwujud dalam bentuk tingkah laku pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. Melihat wacana yang ada maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “Peran Kepala Madrasah dalam Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di MA Almaarif Singosari Malang”
Penelitian ini berfokus pada: (1) Peran kepala sekolah dalam penanaman nilai-nilai Agama Islam di MA Almaarif Singosari Malang, (2)Usaha-usaha kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam di MA Almaarif, (3) strategi kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai Agama Islam di MA Almaarif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang sesungguhnya di lokasi penelitian. Metode pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokmentasi, agar hasil yang tersusun sistematis maka langkah peneliti untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (kesimpulan).
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Peran kepala sekolah dalam penanaman nilai-nilai Agama Islam meliputi (a)Sebagai seorang leader/pemimpin kepala sekolah mempunyai kebijakan penuh dalam megambil keputusan. (b) Kepala sekolah sebagai administrator pendidikan bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolahnya. (c) Peran kepala sekolah sebagai manager adalah mampu menggerakkan sifat dan segala sumber daya yang ada di dalam sekolah untuk melakukan kegiatan rutin. (d) Kepala sekolah sebagai educator mampu membimbing tenaga kependidikan baik guru dan karyawan serta membimbing peserta didik dalam segala bidang. (2) Usaha-Usaha Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di MA Almaarif Singosari. Dalam usahanya menanamkan nilai-nilai agama Islam di MA Almaarif singosari terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya (a) Nilai akhlak (b) Nilai aqidah (c) Nilai syari‟at. (3) Strategi kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam di MA Almaarif Singosari terdapat beberapa strategi diantaranya (a) Ketauladanan (b) Penciptaan suasana relgius (c) Pembiasaan.
ASBTRACT
During the Islamic Religious Education in schools is often considered to be less successful in shaping the attitudes and behavior of the diversity of learners and build the nation's morals and ethics. Problems today are perceived gaps in the development of Islamic education Islamic schools and public schools labeled. Islamic school religious activities and behaviors of students and residents in their daily religious school look. While Islamic education in general, less applied in daily life in the school environment. Therefore one of the methods used in realizing the objectives of Islamic education is to understand and apply the values embodied in Islamic Religious Education in the school environment. Principals as a determinant of educational direction and policy makers have an important role that Islamic religious values embedded in the school community. It is intended that Islamic education is not only a science but it can be practiced and manifested in the form of behavior in everyday life in the school environment. Looking at the existing discourse researcher is interested in conducting research on "The Role of Investment Principals in Islamic Religious Values in MA Almaarif Singosari Malang"
This study focuses on: (1) The principal's role in the cultivation of the values of Islam in MA Almaarif Singosari Malang, (2) the principal efforts in instilling the values of Islam in MA Almaarif. This study used qualitative methods with the aim to describe or depict the actual phenomena in the research area. Methods of collecting data through observation, interviews and dokmentasi, so that the results are arranged systematically the steps researchers to analyze the data is to use data reduction, data presentation and data verification (conclusion).
The results of this study concluded that: (1) The principal's role in the planting of Islamic values include (a) As a leader / leaders of the principal policy is fully in judge decision. (B) The principal as an educational administrator is responsible for the smooth implementation of education and teaching in their schools. (C) The principal's role as a manager is able to move the properties and all available resources in the school to perform routine activities. (D) The principal as educator to guide both teachers and education personnel, employees and guiding students in all fields. (2) Planting Efforts of Islamic Values in MA Almaarif Singosari. In efforts instill Islamic values in MA Almaarif Singosari divided into several sections including (a) the character value (b) The value of aqidah (c) The value of the shari'ah. (3) chief strategy Madrasah in instilling Islamic values (a ) Public figure (b) the creation of a religious atmosphere (c) habituation
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Kepala Sekolah; Nilai-nilai Agama Islam; Role of the Principal; Islamic values | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:13 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 11:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39359 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |