Damanhuri, Karoni Adzkiyak (2013) Implementasi pembelajaran kitab Ta'lim Muta'alim dalam pembentukan karakter siswa di SMPN 3 Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110294.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan karakter adalah Salah satu hal yang sederhana karena kata „karakter‟ adalah semua pengembangan diri siswa dalam interaksi belajar hingga awal dan berakhirnya proses pengajaran bisa tercapai pembentukan siswa yang berkarakter. Pendidikan karakter di sekolah sangat diperlukan, walaupun dasar dari pendidikan karakter adalah di dalam keluarga. Kalau seorang anak mendapatkan pendidikan karakter yang baik dari keluarganya, anak tersebut akan berkarakter baik selanjutnya. Namun banyak orang tua yang lebih mementingkan aspek kecerdasan otak ketimbang pendidikan karakter. Dewasa ini berkembang tuntutan untuk perubahan kurikulum pendidikan yang mengedepankan perlunya membangun karakter bangsa. Hal ini didasarkan pada fakta dan persepsi masyarakat tentang menurunnya kualitas sikap dan moral anak-anak atau generasi muda.
Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti ialah untuk mengetahui konsep pembentukan karakter siswa di SMPN 3 Kepanjen Malang, untuk mengetahui Implementasi pembelajaran kitab Ta‟lim Muta‟alim dalam pembentukan karakter siswa di SMPN 3 Kepanjen Malang, dan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari pembelajaran kitab Ta‟lim Muta‟alim.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang gejala tertentu dan menjawab pertanyaan suatu penelitian. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara kepada kepala Sekolah, kesiswaan, Guru Pengajar Kitab, Guru BK dan siswa. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa: 1) Konsep pembentukan karakter di SMPN 3 Kepanjen adalah membentuk karakter agamis dan nasionalis yang di realisasikan melalui kegiatan intra dan ekstra sekolah. 2) Implementasi pembelajaran kitab Ta‟lim Muta‟alim menggunakan metode pesantren yaitu sorogan dan bandongan. 3) Dampak yang ditimbulkan dari pembelajaran kitab Ta‟lim Muta‟alim diatas direspon dengan baik oleh seluruh komponen Sekolah, yang sesuai dengan konsep pembentukan karakter di SMPN 3 Kepanjen Malang.
ABSTRACT
Character education is one simple thing as the word “character” is all the self-development of students in learning interactions to start and end the process of teaching students to achieve the formation of character. Character education in schools is needed, although the character is the basis of education in the family. If a child gets a good education character of his family, the child will be better next character. But many parents are more concerned than the intelligence aspect of character education. Today the growing demands for changes in the education curriculum that emphasizes the need to build the nation's character. It is based on facts and public perception of the declining quality of the attitudes and morals of children or young people.
SMP Negeri 3 Kepanjen is one of the popular schools in the region Kepanjen. The objectives to be achieved by the researchers is to understand the concept of character formation of students in SMPN 3 Kepanjen, book learning to know Implementation Ta'lim Muta'alim in character formation of students in SMPN 3 Kepanjen Malang, and to determine the impact of learning Ta'lim Muta'alim book.
This study used a qualitative approach and descriptive research. To obtain the correct data and accurate and can be justified, in this study the authors used the following data collection procedures : observation, interviews, and documentation. In data analysis techniques, researchers process the results of interviews with street and observasi describe it and then analyze and summarize.
Results of these studies can be seen that: 1 ) The concept of character building in SMP 3 Kepanjen is shaping religious and nationalist character, realized through intra and extra school activities, 2 ) Implementation of the book Ta'lim Muta'alim learning method that is sorogan and bandongan schools, 3 ) The impact of learning on the book Ta'lim Muta'alim responded well by all components of the school, which is in accordance with the concept of character building in SMPN 3 Kepanjen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Karakter Siswa; Pembentukan Karakter; Pembelajaran Kitab Ta‟lim Muta‟alim; Student Character; Character Buildin; Book Ta'lim Muta'alim Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:13 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 11:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39358 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |