Chasanah, Uswatun (2013) Implementasi metode Numbered Heads Together untuk meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPA 2 di MAN 1 Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110296.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan pada saat ini adalah masalah lemahnya proses belajar. Terlebih dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Selama ini Pendidikan Agama Islam terlebih pelajaran Aqidah Akhlaq yang masih belum mencapai indikator. Dalam realitanya belum menunjukkan keberhasilannya yang diharapkan karena pembelajaran di sekolah maupun dimadrasah masih menggunakan strategi pembelajaran tradisional sehingga kurang efektif dan kurang relevan dengan kebutuhan siswa serta menjadikan siswa kurang efektif yang pada gilirannya berpengaruh pada pretasi belajar siswa. Menyikapi permasalah diatas, perlu dikembangkan strategi pembelajaran yang efektif untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Metode numbered heads together sebagai salah satu alternative menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan diharapkan mampu meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlaq.
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Research). Teknik dalam pengumpulan data ini dengan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara. Proses belajar mengajar pada pelajaran Aqidah akhlaq di MAN 1 Kota Probolinggo ini masih menggunakan pembelajaran tradisional yaitu menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab kepada siswa.
Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode numbered heads together ini dilakukan selama tiga kali pertemuan dalam tiga siklus, dalam pelaksanaannya peneliti juga banyak dibantu oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Dalam pelaksanaan pembelajaran ini terdiri dari tiga komponene, yaitu: kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan penutup.
Hasil penelitian dari siklus tiga yang diterapkan, dapat dilihat pada evaluasi nilai pre test yang rata-rata dibawah KKM jauh, yaitu 53,7 %. Pada siklus ke-1 adalah 58,7 %, pada siklus ke-2 adalah 75,05 %, dan pada siklus ke-3 adalah 92,1 %. Prosentase peningkatan motivasi siswa antara siklus ke-1 dengan siklus ke-2 adalah 16,35 %, dan dari siklus ke-2 dengan ke-3 adalah 17,05 %. Hal ini berarti siswa sudah semangat dalam belajar dan multi metode ini sudah berhasil.
Penelitian ini adalah sebagai kontribusi dalam meningkatkan motivasi siswa serta mempermudah para guru dalam menyampaikan materi Aqidah Akhlaq, khususnya untuk meningkatkan belajar.
ABSTRACT
Nowadays, one of problem faced by people in education is the weakness of learning process, especially in the learning of Islamic Education. It has not reached the indicator yet particularly Aqidah Akhlaq subject. It happens because the learning process in reality is conducted by means traditional strategy in schools and madrasah. The traditional strategy is less effective and relevant towards the necessity of students. In further, it influences to the students’ achievement. With respect at that problem, it needs to develop learning strategy which is effective in order to reach the goal of competence. Numbered heads together method is one of alternative ways since it makes the learning process become more effective and attractive. This method hopefully enables the learning process to enhance the activity and achievement of students in Aqidah Akhlaq subject.
This research employs the design of Class Room Research. The procedure of data collection of this research is observation, documents, and interviews. The Aqidah Akhlaq learning process of MAN 1 Kota Probolinggo utilizes the traditional methods which are expository and asking answering towards the students.
The research with Numbered Heads Together method is conducted within three times meeting in three cycles, the teachers also help the researcher while the reseach. There three components in learning process, they are introductory activity, core activity, and closing activity.
The evaluation score of pre-test is below KKM standard average which is 53.7%. However, after the three cycles are applied, they describe the progress of the scores. The first cycle is 58.7%. The second is 75.05%. The third is 92.1%. The percentage increases from the first to the second cycle which is 16.35% and from the second to the third cycle which is 17.05%. It means that the students’ motivation is enhanced and these multi methods are successful. It is aimed to contribute in enhancing the students’ motivation and enabling the teachers to deliver Aqiah Akhlaq especially enhancing the learning process.
This research is contributed to ease the theacers in teaching Aqidah Akhlaq materials, especially in enhancing the study motivation of students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Numbered Heads Together; Meningkatkan Motivasi Siswa; Aqidah Akhlaq; Numbered Heads Together; Enhancing the Students’ Motivation; Aqidah Akhlaq | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:13 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 11:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39357 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |