Cahaya, Wahyudi Nur (2014) Manusia dan Pendidikan Islam menurut pemikiran Ibnu Khaldun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110148.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Islam berpandangan bahwa hakikat manusia adalah merupakan perkaitan antara badan dan ruh. Keduanya merupakan substansi yang berdiri sendiri dan makhluk yang diciptakan Allah SWT. Manusia secara eksistensial adalah makhluk yang terdiri dari jasmani dan rohani, dalam kemampuannya manusia berhubungan dengan realitas “atas” dan “bawah”. Melalui realitas bawah manusia berhubungan dengan raga dan lewat raga berhubungan dengan dunia fisik, sedangkan melalui realitas atas, jiwa manusia berhubungan dengan dunia ruhaniyah, itulah yang disebut dengan dunia malaikat.
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab secara teoritis konsep manusia dan pendidikan islam serta implementasinya, dengan mengangkat beberapa pemikiran Ibn Khaldun tentang bagaimana konsep manusia dan pendidikan yang ditawarkan oleh Ibn Khaldun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manusia dan pendidikan dalam perspektif Ibn Khaldun implementasinya terhadap peningkatan pendidikan Islam. Kegunaan penelitian ini untuk menambah peningkatan khazanah keilmuan dalam dimensi pendidikan Islam, menjadi wacana terbaru dalam ilmu pengetahuan agar tercipta pendidikan yang lebih baik, serta menjadi solusi terhadap pendidikan Islam dalam menghadapi masalah- masalah kontemporer yang menjadi tantangan terbesar bagi masyarakat muslim diambang dan di awal milenium baru.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian library research atau penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif analisis kritis. Dan agar hasil penelitian berjalan dengan baik maka dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Yaitu bersifat umum dan relatif menyeluruh tentang apa yang mencakup disuatu focus/pokok permasalahan. Dengan demikian, pembahasan dalam skripsi ini dilakukan berdasarkan telaah pustaka terhadap karya Ibn Khaldun. Ini digunakan untuk mengetahui konsep dan pemikiran Ibn Khaldun manusia dan pendidikan islam serta implementasinya.
Pendidikan Islam telah didefinisikan secara berbeda-beda oleh berbagai kalangan, yang banyak dipengaruhi oleh pandangan dunia masing-masing. Namun pada dasarnya semua pandangan yang berbeda itu bertemu dalam kesimpulan awal, bahwa pendidikan merupakan suatu proses penyiapan generasi muda untuk menjalankan kehidupan dan memenuhi tujuan hidupnya secara lebih efektif dan efisien.
Dari hasil analisis, penulis dapat menyimpulkan. Untuk mewujudkan misi pendidikan Islam yang ideal, seluruh komponen yang terdapat dalam pendidikan, seperti kurikulum, pendidik, metode, pendekatan, sarana prasarana, waktu, dan sebagainya harus dirancang dengan mempertimbangkan hakikat dan eksistensi manusia.
ABSTRACT
Islam holds that human nature is a docking between the body and the soul. Both are stand-alone substance and creatures created by Allah SWT. Existential human beings are composed of physical and spiritual, in the human ability to relate to reality "top" and "bottom". Through the bottom of the human reality of dealing with the body and through the body connected to the physical world, while through the reality, the human soul ruhaniyah touch with the world, it is called with the angelic world.
This research was conducted to answer the theoretical concepts of human and Islamic education and its implementation, by lifting some thoughts about how the concept of Ibn Khaldun human and education offered by Ibn Khaldun. The purpose of this study to know the people and education in the perspective of Ibn Khaldun to the increasing implementation of Islamic education. The usefulness of this study to add to increase the treasures of science education dimension of Islam, became the latest in scientific discourse in order to create a better education, as well as being the solution to the Islamic education in the contemporary problems facing the biggest challenge for the Muslim community and on the brink of a new millennium the new.
Research by the author are included in the research library research or library research using qualitative descriptive approach to critical analysis. And so the research goes well then in collecting data, the writer used documentation. While to analyze it, the author uses the technique of content analysis (content analysis). That is general in nature and relatively thorough about what disuatu include focus / issue. Thus, the discussion in this paper is based on literature review of the work of Ibn Khaldun. This is used to determine the concepts and ideas of Ibn Khaldun human and Islamic education and its implementation.
Islamic education has been defined differently by various groups, which are influenced by their worldview. But basically all the different views that met the initial conclusion, that education is a process of preparing young people to live out and fulfill her destiny more effectively and efficiently.
From the analysis, the authors conclude. To realize the ideal Islamic educational mission, all components contained in education, such as curriculum, educators, methods, approaches, facilities, time, and so should be designed taking into account the nature and human existence.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manusia; Pendidikan Islam; Human; Islamic Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:13 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 11:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39356 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |