Wijayanto, Arif Agung (2013) Peran guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110297.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Peran guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa sangatlah penting. Karena disamping peran guru sebagai pengajar guru juga memiliki peran sebagai motivator siswa dalam meningkatkan motivasi siswa khususnya ketika membaca dan menulis Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an dan memahami maknanya merupakan pintu awal agar kita semakin memahami tentang ajaran-ajaran dan nilai yang terdapat dalam agama islam, oleh sebab itu sudah jelas dalam membaca Al-Qur’an peran guru sebagai motivator sangatlah penting agar siswa menjadi lebih semangat dalam membaca Al-Qur’an, karena sudah menjadi tugas sebagai seorang guru agama untuk selalu memberikan motivasi terhadap muridnya untuk selalu rajin membaca dan menulis Al-Qur'an serta memahami maknanya. Bahkan begitu pentingnya membaca sehingga oleh Allah dijadikan wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.
Berpijak dari latar belakang di atas, maka fokus yang diambil dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an siswa SMA Muhammadiyah 1 Gresik, Bagaimana kemampuan baca tulis Al-Qur'an pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Adapun tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah Untuk menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an siswa SMA Muhammadiyah 1 Gresik, Untuk menjelaskan bagaimana kemampuan baca tulis Al-Qur'an pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Gresik.
Penelitian yang penulis lakukan ini merupakan penelitian kualitatif adapun penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif, dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumntasi, sedangkan tekhnik analasis yang digunakan adalah tekhnik analisis triangulasi.
Dari hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan, Upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an siswa SMA Muhammadiyah 1 Gresik adalah membuat jadwal membaca Al-Qur’an setiap pagi sebelum pelajaran dimulai, Pagi hari sebelum pelajaran dimulai diadakan ngaji bersama selama 15 menit dengan dipandu guru agama dikantor serta dibantu guru pelajaran jam pertama dalam mendampingi siswa disetiap kelas, membaca Al-Qur’an setiap pagi beserta artinya, Disetiap pelajaran baik pelajaran agama maupun pelajaran umum selalu menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai landasan pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa, Mata pelajaran agama islam berdurasi 3jam (120 menit) pelajaran selama 1minggu 1jamnya (40menit) digunakan untuk membaca Al-Qur’an, Pembelajaran bahasa arab berorientasi Al-Qur’an, adanya program ekstra belajar membaca Al-Qur’an yang dilaksanakan saat selesai sekolah, Pada hari sabtu diadakan ngaji bersama dikelas masing-masing sebelum pulang sekolah, Membuat buku modul Al-Qur’an, Dibiasakan untuk selalu membawa dan membaca Al-Qur’an ketika ada kegiatan didalam sekolah maupun diluar sekolah, Adanya pondok pesantren muhammadiyah madinatul ilmi sebagai salah satu fasilitas sekolah bagi siswa yang ingin agar budaya membaca Al-Qur’annya tetap terjaga dengan baik, disamping itu dipergunakannya metode Al-Barqy sehingga dapat meningkatkan kemampuan baca tulis siswa secara cepat. Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa terbukti sangat berpengaruh terhadap meningkatnya kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa diSMA Muhammadiyah 1 Gresik. Dari hasil observasi berupa angket yang telah diberikan kepada siswa sebanyak 63,24% siswa semangat dalam membaca Al- Qur’an, selain itu sebanyak 55,68% siswa sangat antusias ketika mengikuti kegiatan peningkatan motivasi membaca Al-Qur’an yang diberikan guru di SMA Muhammadiyah 1 Gresik, dari hasil tersebut terbukti bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di SMA Muhammadiyah 1 Gresik termasuk berhasil.
ABSTRACT
The role of teachers in improving literacy students Qur'an is very important . Because in addition to the role of the teacher as the teacher of teachers also have a role as a motivator for students to motivate students, especially when reading and writing the Qur'an . Read the Qur'an and understand its meaning is early doors so that we better understand the teachings and values contained in the religion of Islam , and therefore it is clear in reading the Quran teacher's role as a motivator it is important that students become more spirit in reading the Qur'an , because it is the duty as a religious teacher to always provide motivation to students to always be diligent in reading and writing the Qur'an and understand its meaning . Even so the importance of reading to be a the first revelation from God revealed to the Prophet Muhammad SAW.
Based on the above background , the focus is taken in this study is a teacher attempts PAI How to improve the literacy of students Qur'an SMA Muhammadiyah 1 Gresik , How literacy in students Qur'an SMA Muhammadiyah 1 Gresik . The objectives to be achieved in this research is to explain the efforts made PAI teachers in improving literacy students Qur'an SMA Muhammadiyah 1 Gresik , to explain how the ability to read and write the Quran on Muhammadiyah high school students 1 Gresik.
The author 's research is qualitative research as for this type of qualitative descriptive study , the authors used the process of data collection methods of observation , interviews and dokumntasi , while analasis technique used is the analysis technique of triangulation.
From these results , it can be deduced , attempts PAI teachers in improving literacy Qur'an SMA Muhammadiyah 1 Gresik students are creating a schedule to read the Qur’an every morning before school , morning before class held the Koran with for 15 minutes with guided teacher of religion at the office and assisted in the first hour lesson teacher assisting students in each class , read the Quran every morning and their meanings , in every lesson both religious studies and general studies always use the verses of the Qur'an as foundation subjects to be presented to the students , Islamic religious subjects lasted 3 hours ( 120 minutes ) for 1minggu 1jamnya lessons ( 40 minutes ) is used to read the Quran , learning Arabic language Al - Qur'an -oriented , the extra program to learn to read Al Quran is implemented when finished school , In Saturday held the Koran with each class before school , build modules book the Koran, accustomed to always carry and read the Quran when there are activities within the school and outside of school , boarding school existence muhammadiyah Madinatul ilmi as one of the school facilities for students who wish to read the culture of Al - Quran properly maintained , besides that employed the method of Al - Barqy so as to improve students' ability to read and write quickly . Teachers' efforts to improve literacy students Qur'an proved very influential on increasing literacy Qur'an students in SMA Muhammadiyah 1 Gresik . From the observations in the form of a questionnaire given to the students as much as 63.24 % of students in the spirit of reading the Quran , but it as much as 55.68 % of the students are very enthusiastic when following activities to increase motivation to read the Qur'an in a given teacher SMA Muhammadiyah 1 Gresik , the results proved that the efforts of teachers to improve literacy Qur'an in SMA Muhammadiyah 1 Gresik including successful.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Guru PAI; kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an; The Role of Teacher PAI; the ability of Al-Quran Literacy | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:11 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 08:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39354 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |