Rukhamak, Ahmad (2013) Upaya guru aqidah akhlak dalam pembinaan al-akhlak al-karimah pada siswa MAN Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110298.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dengan lajunya perkembangan dunia teknologi dan modernisasi, secara tidak langsung ternyata telah mengakibatkan banyak manusia lupa dan mengabaikan aspek-aspek keagamaan. Hal ini dapat ditangani dengan pembinaan al-akhlaq al-karimah secara intensif dan berkesinambungan. Pada esensinya merupakan pemahaman terhadap ajaran agama Islam itu sendiri dan bertekad untuk mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta mampu untuk mengendalikan diri setelah memahami.
Upaya pembinaan yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlaq dimadrasah sesungguhnya tidak lain adalah untuk mengatasi dan menanggulangi serta mencegah terjadinya kenakalan remaja dan membentuk pribadi yang berbudi pekerti yang luhur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga hal yaitu upaya yang dilakukan guru Aqidah akhlaq dalam pembinaan al-akhlaq al-karimah pada siswa MAN Lamongan, kendala dalam pembinaaan al-akhlaq al-karimah serta solusi dalam pembinaan al-akhlaq al-karimah siswa agar mampu membentuk manusia yang berkepribadian dan berbudi luhur menurut ajaran agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk deskriptif. Adapun metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakanan alisis deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan aspek yang relevan dengan fenomena yang diamati dan menjelaskan karakteristik fenomena atau masalah yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru Aqidah Akhlaq dalam pembinaan al-akhlaq al-karimah pada siswa MAN Lamongan adalah dengan pembiasaan-pembiasaan bicara sopan santun, jamaah solat, senyum, puasa sunah, infaq dan do’a sebelum dan sesudah materi pelajaran, kegiatan PHBI madrasah, berteman yang baik dengan siswa luar madrasah, sabar. Kendalanya adalah masih banyak guru yang kurang menjadi figur bagi siswa, faktor siswa, karena berangkat dari latar belakang yang berbeda-beda sehingga tingkat keimanannya juga beda, serta agak sulit untuk berfikir agamis. Lingkungan, pengaruh yang sangat besar yaitu pergaulan teman sebaya, karena sifatnya remaja mereka bertujuan mencari jati diri. Keluarga, kurangnya pengawasan keluarga dengan kurangnya pro aktif mendukung. Lokasi yang berjauhan sehingga komunikasi antar guru-siswa kurang maksimal. Solusi terhadap pembinaan perilaku siswa merupakan faktor penting dalam rangka menyukseskan kegiatan pembinaan al-akhlaq al-karimah siswa dalam tercapainya suatu tujuan. Solusi yang didapat adalah saling kerjasamanya antar guru untuk membimbing siswa tetap fokus pada kegiatan di madrasah, pemberian sanksi bagi guru ataupun siswa jika melakukan pelanggaran, teguran langsung jika menemui pelanggaran.
ABSTRACT
The advance of technology and modernization indirectly influences human to disregard the religion values. Such problem is dealt by the intensive and sustainable fostering of Al-Akhlaq Al-Karimah. Essentially, the understanding of Islam religion is needed to be applied in daily life and/or for self-control after the understanding.
The fostering program is implemented by Aqidah Akhlaq teacher and this program is aimed to deal with the juvenile delinquency and to produce the noble personality. The objective of research is to understand three factors, which are: the efforts of Aqidah Akhlaq teacher to foster al-akhlaq al-karimah to the students of MAN Lamongan, the barriers against the fostering of al-akhlaq al-karimah to the students of MAN Lamongan, and the solution for the fostering of al-akhlaq al- karimah to the students to produce noble personality based on Islam.
Research type is descriptive with qualitative approach. The methods include observation, interview and documentation. For analysis, the author uses descriptive analysis in order to explain the aspects which are relevant with the observed phenomena and to elaborate the characteristic of the existing phenomena or problems.
Result of research indicates that the efforts of Aqidah Akhlaq teacher in the fostering of al-akhlaq al-karimah to students of MAN Lamongan are reflecting the attempt of teacher to habituate various characters such as speaking politely, collective prayer, smile, sunnah fasting, infaq, pray before and after learning, PHBI, making friend with students from other school, and patience. The barriers faced by teacher may come from the less appropriate figure of teacher and the different religious background among students which produces different degree of faith and religion understanding. The environment can influence students in associating with their friends because students are about seeking their identity. Less supervision and lack of support from the family may influence the character of students. The distant location is also making difficult the communication of teacher and students. The solution for the fostering of the behavior of students shall be the important factor to improve the fostering of al-akhlaq al-karimah to students. The obtained solutions are that teacher must share the counseling duty to each other to keep students focused in the activity of madrasah, and that teacher or students can be given punishment, or direct warning, if there is violation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru Aqidah Akhlaq; Pembinaan al-Akhlaq al-Karimah Siswa; Aqidah Akhlaq Teacher; The Fostering of Al-Akhlaq Al-Karimah to Students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:11 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 11:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39351 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |