Iqbal, Ika Husnaliyatul (2013) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 1 Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110105.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Strategi guru Pendidikan Agama Islam merupakan perencanaan atau langkah-langkah yang dilakukan guru yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, di mana guru harus memiliki berbagai macam strategi yang tepat sesuai materi yang disampaikan. Dengan demikian penyajian bahan pelajaran di kelas mudah dan dapat di tangkap, dipahami, dan digunakan dengan baik oleh peserta didik .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Umbulsari Jember. Informan dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Umbulsari Jember. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan (a) wawancara terpimpin, (b) observasi non partisipasi, dan (c) studi dokumentasi. Analisis data melalui 3 proses, yaitu: (a) reduksi data, (b) penyajian data, dan (c) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui ketekunan atau keajegan pengamatan dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Umbulsari Jember adalah bervariasi, strategi yang digunakan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan model strategi PAKEM. Problematika dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Umbulsari Jember adalah: kemampuan peserta didik yang berbeda dalam memahami pelajaran, rendahnya minat belajar peserta didik, terbatasnya sarana dan prasarana. Solusi dalam mengatasi problematika tersebut adalah: memilih strategi dan metode yang sesuai dengan materi, memberi motivasi, bimbingan, pengarahan, menciptakan kedispinan, memberi tambahan media. Tingkat keberhasilan dalam strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran adalah berupa prestasi akademik dan Prestasi non akademik, Pembelajaran menjadi efektif dan efesien.
ABSTRACT
Islamic religious education teacher strategy is a plan or steps that teachers that contains a series of activities designed to achieve specific educational goals. Strategy has a very important position in teaching and learning, where teachers must have a variety of strategies appropriate to the material presented. Thus the presentation of the material in class and can easily capture, understand, and well used by learners.
His study used a qualitative approach with descriptive methods. Research sites in the Junior High School 1 Umbulsari Jember. Informants in this study is waka curriculum, teacher of Islamic education and junior high school students 1
Umbulsari Jember. Data collection methods that I use (a) guided interview, (b) non-participation observation, and (c) the study documentation. Data analysis through 3 processes, namely: (a) data reduction, (b) the presentation of the data, and (c) conclusion. Checking the validity of data through observation and persistence or constancy triangulation.
Results of this study suggest that strategies that teachers of Islamic education to improve the quality of teaching in junior high school 1 Umbulsari Jember is varied, the strategies used are: planning, implementation, evaluation, and models PAKEM strategy. Problems in improving the quality of teaching in junior high school 1 Umbulsari Jember are: the ability of different learners in understanding the lesson, low interest student learning, limited facilities and infrastructure. Solutions to overcome these problems are: selecting strategies and methods appropriate to the material, provide motivation, guidance, direction, creating kedispinan, giving additional media. Level of success in strategy Islamic Education teachers in improving the quality of learning is in the form of academic achievement and non-academic achievement, learning to be effective and efficient.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyono, Mulyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Guru PAI; meningkatkan kualitas; pembelajaran PAI; PAI teacher strategies; improve the quality; learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:11 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 11:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39347 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |