Rosit, Moh (2013) Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Al-Falah Al-Islami Bancelok Sampang Madura. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09130043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan sadar agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran. Sekolah sebagai salah satu tempat lembaga pendidikan atau wadah yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu yaitu tujuan tertentu. keberhasilan program pendidikan dalam proses belajar mengajar sangat dipengaruhi beberapa faktor diantaranya, Kepemimpinan kepala madrasah, guru, murid yang menjadi tolak ukur mutu pendidikan sekolah. Oleh karena itu perlu sekali adanya pengelolaan pendidikan yang baik, sebagaimana dikatakan bahwa suatu madrasah dikatakan berhasil atau berjalan dengan baik dan lancar apabila pengelolaan pola kepemimpinan itu baik, sehingga kualitas pendidikan yang didapat tambah meningkatkan. Disamping itu untuk mencapai Tujuan Pendidikan Nasional, tidak akan sampai kearah itu tanpa didukung oleh kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan pendidikan yang berkualitas dan efektif. Kepemimpinan yang efektif merupakan realisasi perpaduan bakat dan pengalaman kepemimpinan dalam situasi yang berubah-ubah karena berlangsung melalui interaksi antar sesama manusia. Pemimpin dapat menjadi variabel yang menentukan maju mundurnya serta hidup matinya suatu usaha bersama. Berpijak dari realita dan masalah di atas penulis tertarik mengambil judul : Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MTs Al-Falah AlIslami Bancelok Sampang Madura.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Al-Falah Al-Islami Bancelok Sampang Madura, (2) Bagaimana stategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Al-Falah Al-Islami Bancelok Sampang Madura, (3) Bagaimana hasil yang telah dicapai kepala madrasah dalam menigkatkan kualitas pendidikan di MTs Al-Falah Al-Islami Bancelok Sampang Madura. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kepemimpinan kepala dalam meiningkatkan kualitas pendidikan di MTs Al-Falah Al-Islami Bancelok Sampang Madura, (2) Untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Al-Falah Al-Islami Bancelok Sampang Madura, (3) Untuk mengetahui hasil yang telah dicapai kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Al-Falah Al-Islami Bancelok Sampang Madura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu observasi, interview dan dokumentasi dan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa. Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif. Sedangkan untuk menentukan keabsahan data teknik yang digunakan yaitu ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Setelah diadakan penelitian tersebut maka hasilnya adalah bahwa (1) Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Al-Islami Bancelok Sampang Madura adalah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator. (2) Strategi yang digunakan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah tsanawiyah al-falah al-islami bancelok sampang madura adalah . (a) Kepala madrasah melaksanakan program supervisi (pengawasan) terhadap kienerja guru ketika proses belajar mengajar dikelas. (b) Kepala madrasah melaksanakan evaluasi pembelajaran atas hasil yang telah dilaksanakan siswa di kelas. (c) Peningkatan kedisiplinan guru, untuk mengurangi ketidak hadiran guru ketika mengajar dan meningkatkan kedisiplinan guru yang sudah aktif. (d) Mengadakan rapat bulanan/ pembinaan guru, untuk mengetahui sejauhmana kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas.(e)Pemberian fasilitas empat seragam gratis untuk siswa baru, diantaranya (baju putih abu-abu, baju batik hitam, pramuka dan olahraga) (f) Pemberian fasilitas belajar ( LKS, buku paket, dll). (g) Menyediakan sarana khusus siswa yang berprestasi dalam mata pelajaran tertentu, serta pendelegasian siswa yang berprestasi. (3) Hasil yang telah dicapai kepala madrasah dalam menigkatkan kualitas pendidikan di MTs Al-Falah Al-Islami Bacelok Sampang, (a) Juara I Oliempiade Matematika. (b) Juara I cerdas cermat. (c) Juara I tartil qur’an. (d) Juara I futsal.
ABSTRACT
Education is aware of the potential for people to develop themselves through the learning process. School as one of the educational institutions or containers that work together to achieve a specific goal that is specific purposes. success of the educational program in teaching and learning is very influenced by several factors including, principal leadership, teacher, student to benchmark the quality of school education. It is therefore essential to the management of a good education, as it is said that a madrasa was successful or running properly and smoothly if it is good management leadership pattern, so that the quality of education that gained added boost. In addition, to achieve the goal of Education, will not get it without the support towards the principal leadership in improving the quality and effective education. Effective leadership is the realization of a blend of talent and experience leadership in a changing situation as it progresses through the interaction among humans. Leaders can be a variable that determines the reciprocation of life and death as well as a joint venture. Based on the reality and problems in the writers interested in taking the title: Principals Leadership in Improving the Quality of Education at MTs Al-Falah Al-Islami Bancelok Sampang Madura.
The formulation of the problem in this study were: (1) How to principal leadership in improving the quality of education at MTs Al-Falah Al-Islami Bancelok Sampang Madura, (2) how principal leadership strategies in improving the quality of education at MTs Al-Falah Al- Islami Bancelok Sampang Madura, (3) How do the results that have been achieved in improving the quality of principal education at MTs Al-Falah Al-Islami Bancelok Sampang Madura. The purpose of this study was: (1) To determine meiningkatkan quality leadership in education at MTs Al-Falah Al-Islami Bancelok Sampang Madura, (2) To determine the principal strategies in improving the quality of education at MTs Al-Falah Al-Islami Bancelok Sampang Madura, (3) To determine the results achieved headmaster in improving the quality of education at MTs Al-Falah AlIslami Bancelok Sampang Madura.
This study used descriptive qualitative approach. Data collection using several methods such as observation, interview and documentation and informants in this study is the principal, waka curriculum, teachers, and students. Then the collected data were analyzed using descriptive techniques. As for determining the validity of the data persistence techniques used were observation and triangulation.
Having conducted the study result is that (1) principal leadership in improving the quality of junior secondary school education in Al-Falah Al-Islami Bancelok Sampang Madura is as educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, and motivator. (2) The principal strategy used to improve the quality of education in madrasah tsanawiyah al-Falah al-islami is bancelok lacquer Madura. (a) Head of Islamic implement the program supervision (supervision) against kienerja teachers when teaching and learning process in class. (b) Head of Islamic implement the results of the evaluation study that has been conducted of students in the class. (c) Increased discipline teachers to reduce teacher absenteeism while improving teaching and discipline of teachers who are already active. (d) Hold monthly meetings / coaching teachers, to determine the extent of the ability of teachers to implement classroom learning. (e) Provision of facilities four free uniforms for new students, including (gray white shirt, black batik clothes, scouts and sports) (f) The provision of learning facilities (worksheets, textbooks, etc.). (g) Provide a means of students who excel in a particular subject, as well as the delegation of students who excel. (3) The results that have been achieved headmaster in improving the quality of education at MTs Al-Falah Al-Islami Bacelok Sampang, (a) Winner Oliempiade Mathematics. (b) Winner quiz. (c) Winner Tartil quran. (d) Winner futsal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepemimpinan Kepala Madrasah; Mengembangkan Kualitas pendidikan; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:10 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 11:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39343 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |