Putri, Roudhotin Paraswati Moyas (2013) Implementasi metode demonstrasi terhadap peningkatan pemahaman santri pada kajian kitab Kifayatul Akhyar bab jenazah di Pondok Pesantren Nurul Jadid wilayah Al-Mawaddah Paiton Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110149.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT
Demonstration method is a model to enhance the definition of something to the educated participant. Pondok Pesantren Nurul Jadid Wilayah Al-Mawaddah Paiton, Probolinggo District is an institution which applies demonstration method in the review of Chapter of Corpse in Kitab Kifayatul Akhyar. It is shown that the students in Diniyyah al-ulya Class have applied demonstration method such that most students understand their duty for corpse. Therefore, the author has interest to know deeper about the implementation of demonstration method for the understanding of students about chapter of corpse.
Research is focused on “How is the implementation of demonstration method for the improvement of student understanding in the Review of Chapter of Corpse in Kitab Kifayatul Akhyar? and What is the advantage and the disadvantage?”
Method of research is descriptive qualitative with case study approach. Data collection techniques are interview, observation and documentation. Data analysis is qualitative descriptive.
Research concludes that (1) the implementation of demonstration method for the improvement of student understanding in the Review of Chapter of Corpse in Kitab Kifayatul Akhyar: (a) the specific and clear formulation of instructional goal, (b) the determination of broad line of demonstration method steps, (c) the consideration of the required time, and (d) the consideration of supporting equipments and others; (2) the advantage of the implementation of demonstration method is that students can focus on learning demonstration, be stimulated to have active participation in the learning process, have new and pleasant experience for students, give maximum understanding, reduce misunderstanding, and accelerate the absorption; and (3) the disadvantage of the implementation of demonstration method is that demonstration method has limited usefulness, needs longer frame of time, requires many preparations and reduces the trust if it fails.
ABSTRAK
Metode demonstrasi adalah peragaan untuk memperjelas suatu pengertian dalam melakukan sesuatu kepada peserta didik. Pondok pesantren Nurul Jadid wilayah Al-Mawaddah Paiton Kabupaten Probolinggo yaitu salah satu pondok yang menerapkan metode demonstrasi melalui kajian kitab kifayatul akyar pada bab janazah, dalam metode ini peneliti menemukan bahwa santri kelas diniyyah.al-ulya telah menerapkan metode demonstrasi, sehingga kebanyakan santri memahami kewajiban terhadap jenazah, oleh sebab itu peneliti tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang implementasi metode demonstrasi terhadap pemahaman santri pada bab jenazah.
Penelitian ini difokuskan pada: 1) Bagaimana Implementasi Metode Demonstrasi terhadap Peningkatan Pemahaman Santri pada Kajian Kitab Kifayatul Akhyar Bab Jenazah, beserta kelebihan dan kekurangannya?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Implementasi Metode Demonstrasi terhadap Peningkatan Pemahaman Santri pada Kajian Kitab Kifayatul Akhyar Bab Jenazah adalah: a) Perumusan tujuan instruksional khusus dan jelas; b) Menetapkan garis besar langkah-langkah metode demonstrasi; c) Mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan; d) mempertimbangkan penggunaan alat bantu dan lain-lain; 2) Kelebihan implementasi metode demonstrasi adalah santri dapat fokus pada pendemonstrasian pelajaran, dapat merangsang santri untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, memberikan pengalam baru dan menyenangkan bagi santri, memberikan pemahaman secara maksimal, mengurangi kesalahpahaman, mempercepat penyerapan . 3) Kekurangan implementasi metode demonstrasi adalah metode demonstrasi terbatas, memerlukan waktu yang banyak , memerlukan banyak persiapan dan dapat mengurangi kepercayaan jika tidak berhasil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Demonstration Method; Student Understanding; Metode Demonstrasi; Pemahaman Santri | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 10:55 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 10:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39333 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |