Prasetyo, Oky Bagas (2013) Peningkatan pembinaan akhlakul karimah melalui program tadarus Al-Qur’an sebagai upaya membentuk kepribadian unggul bagi siswa SMP Darul Ulum Agung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08110073.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Fenomena sosial yang timbul ditengah remaja saat ini seperti tawuran, tindakan asusila dan sebagainya merupakan kurangnya pembinaan akhlak pada remaja, hal tersebut dikarenakan sedikitnya pengetahuan tentang berpedoman hidup pada Al-Quran, Remaja sekarang lebih menyukai membaca novel/komik yang kadang didalamnya mengandung unsur-unsur kekerasan dan hal-hal yang berbau pornografi sehingga membuat remaja semakin jauh dari apa yang di harapkan dari pendidikan agama Islam.skripsi ini akan membahas Peningkatan Pembinaan Akhlakul Karimah Melalui Program Tadarus Al-Qur’an Sebagai Upaya Membentuk Kepribadian Unggul Bagi Siswa SMP Darul Ulum Agung Malang. Mengingat anak-anak merupakan harapan dari orang tua, masyarakat, agama, dan juga bangsa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi tiga hal yaitu bagaimana penerapan,
evaluasi, dan faktor penghambat dan faktor pendukung di SMP Darul Ulum Agung Malang, usaha-usaha yang dilakukan serta peran beberapa pihak sekolah dalam meningkatkan pembinaan akhlakul karimah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan pembinaan akhlakul karimah melalui tadarus Al-Qur’an yang diterapkan di SMP Darul Ulum Agung Malang Malang, mendeskripsikan penerapan, evaluasi, dan faktor-faktor pendukung dan penghambat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang sesungguhnya di lokasi penelitian. Metode pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokmentasi, agar hasil yang tersusun sistematis maka langkah peneliti untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan reduksi data, penyajian data danverifikasi data (kesimpulan).
Berdasarkan hasil analisis dapat di ketahui bahwa peningkatan pembinaan akhlakul karimah di SMP Darul Ulum Agung Malang yang diterapkan adalah dengan menerapkan pembiasaan, ketauladanan, latihan, hafalan, dan pemberian tugas. Kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dari lulusan siswa yang mampu membaca, menulis Al-qur'an dan melaksanakan ibadah ibadahsunnah serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Usaha-usaha lain yang dilakukan para pembina dalam meningkatkan pembinaan akhlakul karimah anak adalah sebagai berikut: Bagi guru, diantaranya: meningkatkan kualitas guru dan rapat dengan para guru. Bagi siswa diantaranya: mengikut sertakan siswa dalam kegiatan-kegiatan keagamaan, membimbing anak dengan bacaan- bacaan Islami, menanamkan kebiasaan-kebiasaan beribadah, mengadakan kegiatan ekstra, seperti Qiro'ah, kaligrafi, dan PHBI, menanamkan dasar-dasar nilai agama melalui materi-materi sebagai berikut yakni Aqidah, akhlaq, tauhid, tarikh, dan sebagainya, memberikan contoh yang baik bagi siswa. Sedangkan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan jiwa keagamaan anak. Faktor pendukung antara lain: adanya sarana dan prasarana yang memadai, adanya kebersamaan antar guru, adanya antusias siswa, adanya bahan atau materi penunjang, adanya kegiatan-kegiatan ekstra. Faktor penghambat antara lain: kurang disiplin baik guru maupun siswa, kurang perhatian dan kerjasama dari sebagian wali siswa, keterbatasan waktu, keterbatasan media ajar, tingkat kecerdasan membaca setiap siswa berbeda.
Setelah melihat hasil analisis tersebut, maka penulis memberikan saran sebagai berikut: Kegiatan belajar mengajar sudah berjalan dengan baik, terutama dalam hal hafalan surat-surat dalam Al-Qur'an, akan tetapi hal tersebut perlu ditingkatkan dengan pemahaman dan implementasi nilai-nilai agama, sesuai dengan tujuan yang diharapkan serta tuntutan dan kemajuan zaman.Usaha-usaha yang dilakukan oleh guru memang sudah baik akan tetapi perlu adanya pembinaan dan pengawasan lebih terhadap siswa yang masih cenderung malas, masih melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan akhlakul karimah dan kurangnya minat dalam belajar, kedisplinan siswa dan guru harus ditingkatkan lagi, perlu adanya pertemuan antara guru dan wali siswa agar mengetahui perkembangan anak tersebut, sehingga orang tua termotivasi untuk membina anak di rumah. Guru harus lebih bias memanfaatkan waktu dengan baik agar tujuan yang ada dapat tercapai dengan efektif dan efesien. Dalam hal media perlu adanya peningkatan sehingga anak dapat lebih kreatif dan inovatif dalam belajar. Guru harus lebih mempunyai rasa ikhlas dan besar hati dalam membimbing dan membina anak. Dan bagi kepala sekolah SMP Darul Ulum Agung Malang untuk lebih sering meningkatkan pengawasan kegiatan dan berturut serta dalam pelaksanaan program kemudian harus lebih bisa memberi tauladan yang lebih baik kepada guru dan siswa di SMP Darul Ulum Agung Malang agar lebih maju dan kegiatannya berjalan dengan baik.
ABSTRACT
Social phenomena that arise in the middle of today's teenagers like brawl , immoral and so is the lack of character development in adolescents , it is because teens are guided by least lived in the Al - Quran , Teenagers now prefer reading novels / comics that sometimes it contains the elements violence and the things that pornography that makes teens getting away from what is expected from religious education Islam.skripsi will discuss akhlakul karimah Through Improved Guidance Program Quran Tadarus For efforts to Form a Winning Personality Darul Uloom junior High Students Supreme Malang . Given the children are the hope of the parents , society , religion , and nation.
The problems of this study include three things: how the implementation , evaluation , and factors inhibiting and supporting factors at Darul Uloom Junior Supreme Malang , the efforts made and the role of some of the schools in improving coaching akhlakul karimah . This study aimed to describe the increase in coaching akhlakul karimah through tadarus Qur'an applied in Darul Uloom Junior Supreme Malang Malang , describe the implementation , evaluation , and factors supporting and inhibiting.
This study used a qualitative approach in order to describe or depict the actual phenomena in the research area . Methods of collecting data through observation, interviews and dokmentasi , so that the results are arranged systematically the steps researchers to analyze the data is to use data reduction , data presentation of data danverifikasi ( conclusion ).
Based on the results of the analysis can be in the know that the increase in junior coaching akhlakul karimah Darul Ulum Agung Malang is implemented by applying habituation , ketauladanan , drills , rote , and administration tasks . The activity can be run well this can be seen from the graduate students who are able to read , write and execute the Qur'an ibadahsunnah worship and apply it in everyday life . Other efforts made in improving coaching assistants akhlakul karimah children are as follows : For the teacher , including : improving the quality of teachers and meeting with teachers . For students include : to involve students in religious activities , guiding children with Islamic readings , inculcate habits of worship , conduct extra activities , such as Qiro'ah , calligraphy , and PHBI , the basics of religious values through the material - the following material Aqidah , morality , monotheism , chronicle , and so on , provide a good example for students . While the factors supporting and inhibiting the development of the religious life of children. Supporting factors include: the existence of adequate infrastructure , the unity among teachers , the enthusiastic students , the material or supporting material , the extra activities. Inhibiting factors include: lack of discipline both teachers and students , lack of attention and cooperation of most guardians of students , limited time , limited teaching media , the level of intelligence of each student reads different.
Having seen the results of this analysis , the authors provide suggestions as follows : Teaching and learning activities are going well , especially in terms of memorization of the letters in the Qur'an , but it needs to be enhanced by an understanding and implementation of religious values , correspond to the expected goals and the demands and advances zaman.Usaha - work done by the teachers is already good but there needs to be more guidance and supervision of the students who still tend to be lazy , still doing actions that are inconsistent with akhlakul karimah and lack of interest in learning , discipline of students and teachers should be increased again , there needs to be a meeting between teachers and guardians of students in order to determine the development of the child , so the parents are motivated to foster children in the home . Teachers should be biased to use the time well in order to achieve its goals effectively and efficiently . In terms of media needs to be improved so that children can be more creative and innovative in learning . Teachers must be great to have a sense of sincerity and heart to guide and nurture children . And for principals SMP Darul Uloom Supreme Malang to more frequent and successive increase surveillance activities as well as in the implementation of the program should then be able to give a better role model for teachers and students in junior Darul Uloom Supreme Malang to be more advanced and activities go well .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peningkatan Pembinaan Akhlakul Kharimah; Tadarus Al-Qur’an; Improved Guidance akhlakul Kharimah; Tadarus Qur'an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 10:46 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 10:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39307 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |