Aghfariadi, Puja (2013) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Malang 2 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110184.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mengelola dan mengembangkan sekolah menjadi maju dan bermutu terletak pada mutu warga sekolah, misalnya kepala sekolah, guru, staf administrasi, siswa, masyarakat serta iklim dan kultur disekitarnya. Untuk mengelola sekolah, diperlukan kepala sekolah yang dapat mengatur seluruh potensi sekolah agar berfungsi dengan baik untuk mendukung tercapainya tujuan sekolah. Disamping itu, sekolah harus memiliki visi, misi dan manajemen yang baik untuk diaktualisasikan dalam tugas atau perannya sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator.
Sebagaimana yang telah diketahui bahwa kepala sekolah di samping
memiliki kedudukan di sekolah juga di masyarakat. Dalam kaitannya dengan peran di masyarakat, kepala sekolah kepala sekolah bertanggung jawab untuk pertumbuhan guru secara continue. Dengan praktek demokratis ia harus mampu membantu guru untuk mengenal kebutuhan masyarakat sehingga tujuan pendidikan bisa memenuhi syarat tersebut dan ia harus mampu membantu guru untuk mengevaluasi program pendidikan dan hasil belajar murid. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan misi, visi dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Oleh karena itu, kepala sekolah dituntut memiliki kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang bagus agar mampu mengambil keputusan dan prakarsa untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis mengadakan penelitian dengan mengambil judul “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN Malang 2 Batu”. Dengan rumusan masalah: 1) bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Malang 2 Batu. 2) bagaimana usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Malang 2 Batu. 3) faktor apa yang mendukung dan mengahambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Malang 2 Batu.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Malang 2 Batu. 2) untuk mengetahui usaha kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Malang 2 Batu. 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Malang 2 Batu.
Untuk pengumpulan data digunakan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan diskriptif kualitatif yaitu menginterpretasikan melalui penjelasan-penjelasan diskripitif sebagai kesimpulan mengenai upaya peningkatan mutu pendidikan di MAN 2 Malang Batu.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Kepala sekolah berusaha mempertinggi mutu dan pengetahuan bagi guru dengan mengadakan diskusi, pelatihan-pelatihan, seminar dan sebagainya. Kepala sekolah memperhatikan perkembangan kegiatan siswa pada kegiatan proses belajar mengajar dalam hal ini kepala sekolah melihat langsung yang dipakai oleh guru, buku laporan kegiatan siswa, dan buku absensi siswa. Kepala sekolah juga berusaha melengkapi alat-alat prasarana dan perlengkapan sekolah termasuk media intruksional yang diperlukan bagi kelancaran dan keberhasilan proses belajar mengajar. Melengkapi buku perpustakaan karena penting bagi perkembangan mutu Pendidikan. Faktor-faktor pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu peran kepala sekolah yang efektif, guru teladan, siswa yang berprestasi dan sumber daya manusia. Adapun faktor penghambat mutu pendidikan yaitu sarana dan prasarana serta dana yang belum maksimal.
ABSTRACT
Manage and develop the school to have an advanced and good quality depend on the quality of the school community, such as head office, teachers, administrative staff, students, communities, the climate and the culture around it. To manage a school, head office is required to manage all potential schools to function properly to support the achievement of the school. In addition, the school must have a vision, mission and good management to be actualized in the task or role as educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator and motivator.
As is well known that in addition to head office at the school also has a position in society. In relation to the role in the community, head office is responsible for the growth of teachers. With democratic practice he should be able to help teachers get to know the needs of the community so that educational goals can meet these requirements and he should be able to help teachers to evaluate the educational program and student learning outcomes. School leadership is one factor that can encourage schools to be able to realize the mission, vision and goals of the school through programs carried out in a planned and phased. Therefore, principals are required to have management skills and good leadership to be able to take decisions and initiatives to improve the quality of education in schools.
Based on this background, the authors conducted research to take the title "Role of head office in Improving the Quality of Education in MAN 2 Batu Malang". With the formulation of the problem: 1) how head office's role in improving the quality of education in MAN 2 Batu Malang. 2) how head office work done in improving the quality of education in MAN 2 Batu Malang. 3) factors that support and improve the quality of education destruct in MAN 2 Batu Malang.
The objectives to be achieved in this study were 1) to determine head office's in improving the quality of education in MAN 2 Batu Malang. 2) to determine head office efforts in improving the quality of education in MAN 2 Batu Malang. 3) to determine the enabling and inhibiting factors in improving the quality of education in MAN 2 Batu Malang.
Used for data collection by observation, interview and documentation. While the analysis of the data using qualitative descriptive explanations interpret through diskripitif as conclusions regarding efforts to improve the quality of education in Batu Malang MAN 2.
From the results it is concluded that head office tried to enhance the quality and knowledge of teachers by organizing discussions, trainings, seminars and so on. Principal's attention to the progress of the students in the teaching and learning activities in this case head office look directly used by the teacher, student activity book reports, and books student attendance. Principals also seek complementary infrastructure equipment and school supplies including instructional media needed for the smooth operation and success of the learning process. Completing the library books because quality is important for the development of education. Supporting factors in improving the quality of education is the role of an effective school principal, teacher model, students who excel and human resources. The limiting factor is the quality of education infrastructure and funding that is not maximized.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Kepala Sekolah; Mutu Pendidikan; Role of head office; Quality of Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 10:45 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 10:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39304 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |