Khotimah, Khusnul (2013) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pendidikan karakter di SMPN 13 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08110062.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Kemajuan suatu bangsa atau Negara dapat dicapai salah satunya dengan pembaharuan serta penataan pendidikan yang baik. Jadi, keberadaan pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang cerdas, pandai, berilmu pengetahuan yang luas, berjiwa demokratis serta berakhlaqul karimah. Sedangkan pendidikan sendiri adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengemban potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Tujuan dalam penelitian Pertama, Untuk mengetahui penerapan pendidikan berkarakter di SMPN 13 Malang. Kedua, untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pendidikan karakter di SMPN 13 Malang. Ketiga, untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru Pendidikan Agama islam dalam melaksanakan Pendidikan Karakter di SMPN 13 Malang.
Berangkat dari pandangan tersebut, penulis terdorong untuk meneliti lebih lanjut tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 13 Malang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pendidikan karakter di SMP Negeri 13 Malang, (2) penerapan pendidikan karakter di SMP Negeri 13 Malang, (3) hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 13 Malang.
Penelitian ini dilakukan di SMPN 13 Malang. Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan pendidikan karakter di SMPN 13 Malang yang cukup baik. Dengan pendidikan karakter ini, siswa-siswi lebih bisa mengontrol diri mereka dan merubah sikap buruk mereka. Mengenai keadaan perilaku keseharian siswa-siswi SMP Negeri 13 Malang juga cukup bagus, tidak banyak tata tertib yang dilanggar, dan sikap mereka kepada sesama teman atupun terhadap Guru mereka saling menghargai dan menghormati satu dengan yang lainnya.
ABSRACT
The progress of a nation can be achieved through the improvement or good management of education. It is indeed that education plays a very important role to establish a bright and smart community with extensive knowledge, democratic spirit, and noble deed (akhlaqul karimah). The education itself represents a consciously planned effort to realize a teaching ad learning process that encourages the educated participants to develop their potential actively to build up their senses of religiousity, self-control, good personality, brightness, noble deed, and important skill for themselves, community and nation.
The objectives of research are: First, to understand the application of character education at SMP Negeri 13 Malang; Second, to acknowledge the role of Islam Education teachers in improving character education at SMP Negeri 13 Malang; and Third, to comprehend the constraint faced by Islam Education teachers in improving character education at SMP Negeri 13 Malang.
Taking this matter into account as the background of research, the author attempts to look closely at the role of Islam Education teachers in improving character education at SMP Negeri 13 Malang. Once again, research is aimed to describe (1) the role of Islam Education teachers in improving character education at SMP Negeri 13 Malang; (2) the application of character education at SMP Negeri 13 Malang; and (3) the constraint faced by teachers in improving character education at
SMP Negeri 13 Malang.
Research is located at SMP Negeri 13 Malang. Method of research is qualitative descriptive study. Data analysis methods include interview, observation and documentation. Data validity test involves observation, triangulation, and peer review.
Result of research indicates that the improvement of character education at SMP Negeri 13 Malang is quite good. Through character education, students are controlling their self and changing their bad behavior. The awareness toward daily behavior among students at SMP Negeri 13 Malang is quite good as shown by the less violated regulations and the presence of respecting and appreciating behaviors toward friend and teacher.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peranan Guru; Peningkatan Mutu; Pendidikan Karakter; Teacher Role; Quality Improvement; Character Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 10:43 | ||||||
Last Modified: | 14 Jun 2023 10:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39299 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |