Kirom, Abdul Aziz (2013) Peningkatan kemampuan baca Al-Quran melalui metode Role Learning di Pesantren Tashihul Falah Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110228.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Mempelajari Al-Qur’an merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan dan ditumbuhkembangkan bagi setiap individu muslim sejak dini. Untuk dapat mengkaji dan memahami isi dari kandungan Al-Qur’an, langkah pertama yang harus ditempuh seorang muslim adalah membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Namun kenyataannya, masih banyak anak-anak, orang dewasa, bahkan orang tua yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar karena kurang menguasai ilmu tajwid. Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk menerapakan metode Rote Learning sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an.
Rote Learning merupakan salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an. Penerapan metode Rote Laerning di Pesantren Tashilul Falah Tanggulangin Sidoarjo ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan metode Rote Learning dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an santri Tashilul Falah Tanggulangin Sidoarjo, (2) hasil belajar dari penerapan penerapan metode Rote Learning dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an santri Tashilul Falah Tanggulangin Sidoarjo.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) karena penelitian ini sengaja memunculkan metode Rote Learning dalam pembelajaran sebagai upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran yang akhirnya dapat meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an santri Pesantren Tashilul Falah Tanggulangin Sidoarjo. Data-data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan model analisis data Miles dan Hubberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran Rote Learning ini memberikan kontribusi cukup baik dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran guna meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an, (2) hasil belajar santri dari penerapan metode Rote Learning senantiasa mengalami peningkatan di setiap siklusnya.
ABSTRACT
Learning Al-Qur’an is one obligation shall be done and developed for each Moslem individuals since early. To be able reviewing and understanding content in Al-Qur’an, the first step shall be done by a Moslem is reading Al-Qur’an good and correct. However, there are still so many children,adults, even elder who aren’t able to read Al-Qur’an good and correct since they lack of tajwid knowledge. It is the backgrounds for researcher to apply Rote Learning method as effort to improve Al-Qur’an reading skill.
Rote Learning is one learning method alternative which is able to be used to improve Al-Qur’an reading skill. The application of Rote Laerning in Pesantren Tashilul Falah Islamic Boarding School of Tanggulangin Sub-District Sidoarjo City is aimed to: (1) apply Rote Learning method in improving Al-Qur’an reading skill for Tashilul Falah Islamic Boarding School of Tanggulangin SubDistrict Sidoarjo City Islamic Students (Santri), (2) Learning result from this Rote Learning method application to improve Al-Qur’an reading skill for Tashilul Falah Islamic Boarding School of Tanggulangin sub-district Sidoarjo city Islamic Students.
The research is done via qualitative approach. While the research type is class action research since this research intentionally use Rote Learning method in learning as an effort to correct the learning process which finally would be able to improve Al-Qur’an reading skill for Tashilul Falah Islamic Boarding School of Tanggulangin Sub-District Sidoarjo City Islamic Students (Santri). Data in this research is found via observation, test, interview, and documentation which then analyzed via Miles & Huberman data analysis model consisted of data reduction, data presentation, and conclusion.
Research shows that: (1) application of this Rote Learning needs good contribution in improving Al-Qur’an reading skill so it can be used as one learning alternative to improve Al-Qur’an reading skill, (2) Islamic students learning result from Rote Learning method application always have improvement in each cycle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Rote Learning; Kemampuan Baca Al-Qur’an; Rote Learning Method; Al-Qur’an Reading Skill | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 10:43 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 09:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39296 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |